11 Efek Samping Captopril bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu jenis obat golongan ACEI adalah captopril. Captopril bisa digunakan penderita hipertensi tanpa komplikasi. Cara kerja obat ini adalah memperbaiki sistem dan kinerja hormon angiotensin yang tujuannya supaya dinding pembuluh darah pasien menjdi tenang dan tekanan darah menjadi stabil.

Captopril bisa dikonsumsi siapapun yang telah disarankan dokter. Tidak sedikt yang membeli obat ini di apotek secara sembarangan. Jika demikian, sebaiknya Anda perlu mengetahui efek samping yang ditimbukan obat ini. Berikut ini efek samping captopril bagi tubuh.

11 Efek Samping Captopril bagi Kesehatan Tubuh

1. Dada sakit dan sesak


Konsumsi captopril harus dengan resep dokter. Jika dikonsumsi sembarangan tanpa menggunakan resep  dokter akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kesehatan tubuh yaitu menyumbatnya aliran darah di seputar dada yang mengakibatkan dada terasa sakit dan sesak.


2. Batuk kering


Zat kimia yang ada pada captopril dapat menimbulkan iritasi di dinding saluran tenggorokkan. Hal ini isa menyebabkan batu kering yang memicu tenggorokkan terserang iritasi dan peradangan. Lebih baik konsumsi captopril dengan saran dokter.

3. Alergi


Captopril termasuk obat jenis golongan ACEI. Tidak semua tubuh bisa bereaksi positif terhadap zat kimia dari golongan jenis obat ini. Jika sebaliknya, akan menimbulkan gata-gatal pada permukaan kulit atau biasa dikenal dengan alergi.

4. Anemia


Konsumsi captopril dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan seseorang mengalami anemia. Jika terjadi demikian, bisa merusak jumlah sel darah merah dalam tubuh. Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya efek samping ini, Anda hanya perlu mengkonsumsi captopril sesuai dengan anjuran dokter.

5. Penyakit jantung


Captopril bisa memicu jantung seseorang menjadi cepat dan bisa menyebabkan gagal jantung. Kondisi ini dialami seseorang yang mengkonsumsi captopril dalam jangka panjang tanpa resep dokter. Hindari penggunaan obat ini tanpa anjuran yang pasti sesuai kebutuhan tubuh.

6. Insomnia


Penggunaan captopril secara berlebihan bisa menimbulkan seseorang mengalami insomnia atau kesulitan tidur dan juga dapat meningkatkan stress. Jika sudah timbul gejala ini, segera hentikan penggunaan captopril. Supaya tidak mengalami gangguan sulit tidur.

7. Ranbut rontok


Captopril juga bisa menjadi penyebab akar rambut menjadi rontok. Kerontokan tidak dialami dengan jumlah banyak, melainkan sedikit kerontokan kemudian kerontokan semakin banyak dalam jangka panjang. Gunakan obat ini dengan anjuran dokter saja.

8. Diare


Selain efek samping yang telah dijelaskan, captopril juga bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan percernaan seperti perut melilit dan diare. Hal ini disebabkan konsumsi captopril dalam jangka panjang sehingga lambung teriritasi.

9. Tubuh mudah lelah


Penggunan obat yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Kondisi ini disebabkan zat kimia yang ada pada captopril menyerap air sehingga tubuh terserang kekurangan cairan. Biasanya penderita merasa mulut terasa kering dan pahit.


10. Gangguan pencernaan


selain diare, captopril bisa menyebabkan penyakit gangguan pencernaan lainnya seperti sembelit. Hal ini disebabkan seseorang mengkonsumsi captopril berlebihan. Sebaiknya konsultasikan dahulu kondisi tubuh sehingga penggunaan captopril lebih bermanfaat untuk tubuh.

Baca Juga: 11 Efek Samping Angkak Merah untuk Kesehatan

Selain 10 efek sampin diatas, ada beberapa efek samping captopril bagi tubuh lainnya. berikut efek samping captopril bagi tubuh lainnya.

Efek samping captopril bagi tubuh lainnya.


11.    Dehidrasi

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping captopril bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...