5 Efek Samping Bunga Rosella bagi Tubuh

Vitamin C selain dimiliki buah-buahan seperti jeruk, lemon juga terkandung dalam bunga rosella. Kadar vitamin C yang dimiliki pun lebih banyak 20 kali dari buah-buahan tersebut. Bunga rosella memiliki rasa yang sangat asam melebihi buah-buahan asam lainnya. bunga rosella sangat bermanfaatnkarena memiliki kandungan vitamin(A, B1, B2, B3 dan C), natrium, fosfor, kalium, asam amino, beta karoten, omega-3 dan zat lain.

Bunga rosella yang miliki banyak kandungan tersebut, biasa digunakan kaum hawa untuk menjalani proses diet. Selain itu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan migraine, menurunkan kadar kolesterol tinggi, asam urat, dan lain-lain. Tentunya akan diperoleh manfaatnya apabila dikonsumsi dengan kadar yang sesuai kebutuhan tubuh. Akan tetapi, lebih baik jika Anda mengkonsumsi tanaman ini harus mengetahui efek samping yang akan ditimbulkan tanaman ini. Untuk itu, berikut ini adalam efek samping bunga rosella bagi tubuh.

5 Efek Samping Bunga Rosella bagi Tubuh

1. Gangguan Pencernaan


Efek samping ini termasuk efek yang sering dialami pengguna teh rosella. Hal ini dikarenakan senyawa teh rosella menyebabkan detoksifikasi atau pembersihan. Setiap orang yang baru mengkonsumsi teh rosella akan mengalami efek samping ini. Namun efek yang ditimbulkan setiap orang berbeda, ada yang mengalami diare dan ada juga yang disertai dengan keringat dingin dan pusing. Segera kenali gejala ini supaya Anda bisa lebih cepat menangani gejala tersebut.

2. Gangguan ginjal


Teh rosella mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga apabila seseorang terlalu sering mengkonsumsi teh rosella dalam jangka panjang akan mengalami gangguan ginjal. Hal ini dikarenakan vitamin C dalam teh rosella dapat memicu batu ginjal dan merangsang ginjal melakukan filterisasi seni. Sebab itu, jangan konsumsi tanaman ini secara berlebihan.

3. Menimbulkan efek samping emmenagogue


Emmenagogue merupakan pemicu menstruasi atau zat yang dapat merangsang aliran darah saat menstruasi. Oleh karena itu, teh rosella tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki efek emmenagogue yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Hal ini terjadi jika dikonsumsi dalam kadar yang tidak normal. Apabila Anda ibu hamil dan ingin mengkonsumsi teh rosella sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu supaya Anda mengetahuo kebutuhan nutrisi tubuh dan menjaga kesehatan janin.

4. Tekanan darah menurun


Teh rosella selain tidak baik untuk ibu hamil, juga tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki riwayat darah rendah. Hal ini dikarenan kegunaan dari teh rosella dapat  berfungsi menurunkan tekanan darah. Jika kondisi sebaliknya, akan membuat penderita tenanan darah rendah megalami kondisi tubuh yang tidak sehat bahkan bisa mengakibatkan pingsan. Hal ini tentu juga dikarenakan kerungan mineral dalam tubuh.

5. Penyakit jantung


Telah dijelaskan sebelumnya, efek samping dari penggunaan teh rosella adalah gangguan pencernaan. Apabila Anda tetap mengkosumsi dan mengalami diare yang menimbulkan rasa pusing, jika dibiarkan pengguna akan mengalami penyakit jantung berdebar-debar. Oleh sebab itu, jangan konsumsi teh rosella tanpa saran dokter. Efek samping ini merupakan efek samping yang paling parah. Hal ini dikarenakan jantung adalah organ yang penting bagi manusia. Sebab itu, hindari penggunaan teh rosella tanpa anjuran dokter.

Baca Juga: 5 Bahaya Keracunan Aflaktoksin bagi Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping bunga rosella bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...