6 Efek Samping Biji Mahoni untuk Kesehatan

Biji mahoni terkenal sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh pada orang dewasa dan usia produktif. Biji mahoni mengandung bahan kimia seperti zat flavonoid aktif dan zat saponin aktif. Kedua bahan kimia tersebut memiliki fungsi tersendiri untuk kesehatan. Diantaranya adalah menjaga kelancaran peredaran darah dalam tubuh dan mencegah kenaikan kadar gula untuk mempertahankan fungsi hati.

Biji mahoni dapat dimanfaatkan secara langsung atau diolah menjadi ramuan. Manfaatnya akan diperoleh jika penggunaan biji mahoni dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tentunya penggunaan ini haruslan dengan saran dokter supaya tidak ada gangguan atau timbul penyakit baru yang tidak diharapkan. Berikut ini efek samping biji mahoni untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui jika penggunaanya terlalu berlebihan.

6 Efek Samping Biji Mahoni untuk Kesehatan

1. Kolesterol


Kandungan zat flavonoid dalam biji mahoni dapat memicu peningkatan jumlah endapan koleserol dalam kantong empedu. Hal ini bisa mempermudah terjadi pembentuka batu empedu jika Anda membiarkan begitu saja. Sebaiknya hindari penggunaan biji mahoni secara berlebihan untuk mengurangi resiko penyakit ini.

2. Tekanan darah menurun


Jika Anda mengkonsumsi biji mahoni lebih dari satu biji perhari, sebaiknya diimbangi dengan kontrol tekanan darah. Jika Anda membiarkan saja akan menimbulkan penurunan tekanan darah. Hal ini dapat menyebabkan menjadi tubuh lemas karena kekurangan darah dan juga akan mengalami sakit kepala. Biji mahoni cocok untuk Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi.

3. Ginjal bermasalah


Kandungan kimia yang ada pada biji mahoni jika berlebihan dalam penggunaanya bisa mengganggu fungsi ginjal. Ginjal akan kehilangan kemampuan dalam mengendalikan cairan tubuh secara normal. Efek samping biji mahoni mudah menyerang bagi seseorang yang asupan air putinya kurang dan seseorang yang sering konsumsi minuman mengandung kafein. Untuk itu, cukupkan kebutuhan air putih agar ginjal tidak kehilangan fungsinya.

4. Ulu hati nyeri


Kandungan zat saponin dan flavonoid bisa menyebabkan penekanan saraf-saraf yang ada di sekitar ulu hati. Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah nyeri dan tidak nyaman pada tubuh. Kondisi ini bisa terjadi akibat konsumsi biji mahoni yang berlebih atau biasa disebut overdosis.

5. Kerusakan pembuluh darah


Dinding pembuluh darah akan rusak jika zat saponin dan flavonoid tidak tersebar secara menyeluruh. Akibatnya, tubuh akan kekurangan cairan dan tubuh dapat kehilangan keseimbangan yang beresiko aliran darah menjadi terhambat. Sebaiknya manfaatkan biji mahoni dengan kebutuhan tubuh saja dan tidak berlebihan. Baca aturan pakai penggunaan untuk mengurangi dan menghindari penyakit lain.

6. Alergi


Tidak semua organ tubuh manusia mampu bereaksi positif terhadap senyawa baru yang masuk ke dalam tubuh. Jika Anda memanfaatkan biji mahoni untuk pengobatan tanpa menggunakan resep dokter, sebaiknya Anda perlu berjaga-jaga mencari obat lainnya. Hal ini dikarenakan biji mahoni dapat menyebabkan seseorang mengalami alergi. Sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memutuskan memanfaatkan obat ini dan jangan gunakan biji mahoni secara berlebihan. Hal ini bisa berakibat fatal untuk tubuh Anda.

Baca Juga: 6 Bahaya Bedak Bayi untuk Orang Dewasa

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping biji mahoni untuk kesehatan bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...