11 Efek Samping Angkak Merah untuk Kesehatan

Penggunaan angkak melebihi yang disarankan sebanyak 1.200 mg perhari bisa mengakibatkan seseorang mengalami gangguan penyakit-penyakit yang tidak diinginkan bahkan penyakit kronis. Angkak merupakan salah satu jenis beras merah yang berasal dari Tiongkok yang kemudian dijadikan fermentasi ragi.

Angkak juga bermanfaat bagi kesehatan apabila angkak merah digunakan sesuai takaran yang dianjurkan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan angkak pada tubuh Anda. Jika Anda mengkonsumsi angkak tanpa menggunkan dosis yang tepat dapat menimbulkan beberapa penyakit.

11 Efek Samping Angkak Merah untuk Kesehatan

Berikut ini adalah efek samping angkak merah bagi tubuh.

1.  Gangguan Perut


Jika Anda ingin mengkonsumsi angkak merah lebih dari 1.200 mg perharinya sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan tekanan pada otot dan saraf-saraf diseputar jaringan perut. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala perut menjadi sebah dan gangguan perut lainnya.

2. Masalah ginjal


Apabila angkak telah dihinggapi zat citrinin yang terdiri dari nephotroxin mycotoxin yang merupakan hasil dari radikal bebas, hal ini bisa menyebabkan gangguan ginjal. Biasanya diimbangi dengan timbulnya iritasi yang kemudian memicu penyakit ginjal.

3. Gangguan pencernaan


Angkak bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan sistem pencernaan seperti dinding usus. Gejala yang dialami adalah dinding usus mengalami luka sehingga menghampbat penyerapan nutrisi tubuh. Kondisi ini terjadi apabila mengkonsumsi angkak yang telah dimasak tidak matang atau setengah matang.

4. Sakit Kepala


Konsumsi angkak yang berlebihan bisa menyebabkan peredaran darah menuju kepala menjadi tidak lancar. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Sebaiknya jangan gunakan angkak yang berelebihan.

5. Radang Lambung


Jika Anda memiliki riwayat asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi angkak. Hal ini karena  bisa menyebabkan peningkatan asam lambung, iritasi dinding lambung dan juga mengakibatkan peradangan.

6. Mencret


Jika Anda seorang remaja yang memiliki usia belum genap 20 tahun, apabila ingin mengkonsumsi angkak jangan dalam kadar seperti orang dewasa kebanyakan. Karena hal ini bisa menyeabkan seseorang mengalami gangguan buang air besar. Gejala ini ditandai dengan feses yang tidak mampu menggumpal sehingga seseorang mengalami mencret dan perut mulas.

7. Sensasi panas pada perut


Angkak tidak baik dikonsumsi oleh bayi. Hal ini karena bisa mengakibatkan iritasi lambung karena jaringan yang belum terbentuk sempurna. Gejala ini bisa menimbulkan sensai panas pada perut. Sebaiknya, hindari penggunaan angkak pada bayi.

8. Kerusakan Organ Hati


Sebaiknya hindari penggunaan angkak bersamaan dengan obat penurun kolesterol. Kondisi ini bisa menimbulkan gangguan fungsi hati. Hal ini dikarenakan penggunaan angkak yang tidak sesuai dengan anjuran dokter.

9. Resiko kanker


Jika angkak merah diolah dengan pemberian warna buatan jenis sintetis, ini membahayakan kesehatan tubuh. Kondisi ini bisa mempermudah tumbuhnya sel abnormal didalam tubuh. Jika kondisi ini dibiarkan, maka bisa mengakibatkan seseorang mengalami resiko kanker.

10. Penyebaran bakteri dan virus


Kapang yang ada pada angkak bisa menghasilkan zat racun bernama ctrinin yang dapat mempercepat pertumbuhan bakteri hasil radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan cara menyimpan kapang dalam kondisi tidak bersih atau menyimpan pada ruangan yang telah terkontaminasi denga kotoran hewan.

Baca Juga: 8 Efek Samping Melatonin bagi Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping angkak merah lainnya. Berikut ini beberapa efek samping lainnya.

Efek samping angkak merah lainnya.


11. Alergi dan Keracunan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping angkak merah bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Loading...