19 Efek Samping Amoxicillin bagi Kesehatan Tubuh

Obat jenis antibiotic sangatlah banyak dan mudah dijumpai di apotek. Salah satu obat jenis antibiotic adalah amoxicillin atau biasa dikenal dengan amoxcillin. Obat ini biasa digunakan berbagai macam penyakit, misalnya infeksi saluran pernafasan, saluran kemih dan juga telinga. Fungsi obat ini adalah untuk mengobati infeksi bakteri saja artinya tidak bisa mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat pembentukan dinding sel bakteri.

Telah diketahui banyak sekali manfaat penggunaan amoxicillin bagi tubuh. Banyaknya manfaat yang dihasilkan, sering kali efek samping yang ditimbulkan penggunaan ini dikesampingkan. Jika dicermati, efek samping amoxicillin tidak sering dikeluhkan oleh penggunanya. Akan tetapi sebaiknya kenalilah efek samping yang ditimbulkan oleh amoxicillin bagi tubuh. Berikut ini efek samping yang ditimbulkan amoxicillin bagi tubuh dari yang ringan hingga berat.

19 Efek Samping Amoxicillin bagi Kesehatan Tubuh

1. Insomnia


Keluhan yang dialami pengguna amoxicillin adalah mengalami insomnia atau susah tidur. Biasanya yang sudah bisa tidur akan cepat bangun juga. Kondisi ini merupakan efek samping apabila konsumsi amoxicillin.

2. Badan cepat lelah


Efek samping ini jarang sekali dialami oleh pengguna amoxicillin. Akan tetapi jika merasa badan cepat lelah namun tidak beraktifitas, bisa jadi kondisi seperti ini efek samping dari obat amoxicillin. Jika badan terasa sangat lelah, sebaiknya segera periksa ke dokter dikhawatirkan saraf anda yang terkena efek samping amoxicillin.

3. Perdarahan


Resiko perdarahan akibat mengkonsumsi amoxicillin adalah mengalami perdarahan. Perdarahan yang dialami bukan hanya berupa luka, bisa jadi dialami dibagian otak, saluran pencernaan atau bagian tubuh lainnya. Jika terjadi demikian, segera periksa ke dokter dan beritahukan bahwa andatelah mengkonsumi amoxiciliin.

4. Sariawan


Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi amoxicillin, hal ini berakibat anda akan mengalami sariawan. Penyakit ini tidak hanya dirasakan pengguna amoxicillin, akan tetapi semua obat mempunyai efek samping sariawan. Kondisi ii juga dipicu karena kekebalan tubuh menurun.

5. Mual


Untuk wanita yang mengkonsumsi amoxicillin biasanya akan merasa mual. Hal ini dipicu karena dosis yang digunakan tidak tepat. Sebaiknya jangan mengkonsumsi amoxicillin secara kira-kira, konsultasikan dahulu ke dokter itu lebih baik.

6. Diare


Akibat efek samping yang ditimbulkan amoxicillin adalah mual, kondisi ini biasanya diiringi dengan penyakit pencernaan yaitu diare. Efek sampan ini tidaklah membahayakan nyawa seseorang atau termasuk efek samping ringan. Akan tetapi, sebaiknya segera perikasakan ke dokter untuk penangaan lebih lanjut.

7. Kerusakan hati


Jika anda ingin mengkonsumsi amoxicillin, sebaiknya jangan mencampur dengan obat yang lain. Apabila anda mencampurkan amoxicillin dengan obat lain, dikhawatirkan  menimbulkan kondisi hepatotoksisitas. Kondisi ini terjadi akibat penggunaan bersamaan amoxicillin dengan asam klavunalat. Hal ini tentu mengakibatkan kerusakan organ hati. Selain kondisi tersebut, kerusakan hati dipicu oleh adanya cedera hepatoseluler dan tidak mampunyai empedu mengalir dari organ hati. Efek samping ini merupakan efek yang beresiko berat, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.

8. Anafilaksis


Selain kerusakan hati, yang berbahaya apabila mengkonsumsi amoxicillin berlebihan dan juga mencampur dengan obat lainnya adalah terjadi reaksi anafilaksis. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa mengancam seseorang. Biasanya seseorang yang mengalami anafilaksis mengalami gejala awal yaitu diare, sesak nafas, alergi dan yang berbahaya mengalami kejang-kejang. Kondisi seperti ini juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami tekanan darah yang turun drastis sehingga bisa meyebabakan seseorang kehilangan kesadaran.

9. Nyeri kepala


Nyeri kepala tidak sama dengan sakit kepala atau pusing. Kondisi seperti ini biasanya dikarenakan konsumsi obat sebelum makan. Apabila terjadi kondisi demikian, solusinya cukup konsumsi air putih dengan kapasitas banyak dan minum amoxicillin setelah makan.

10. Nyeri perut


Selain mengalami kondisi mual dan nyeri kepala, seseorang yang mengkonsumsi amoxicillin biasanya diiringi dengan timbul rasa nyeri dibagian perut. Jika mengalami kondis seperti ini, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan dengan tesktur yang lunak supaya meredakan nyeri perut. Supaya tidak beresiko kondisi bab yang berdarah dan nyeri perut yang parah sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

Baca Juga: 13 Efek Samping Ibuprofen bagi Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping amoxicillin bagi kesehatan tubuh lainnya. Berikut beberapa efek samping lainnya.

9 efek samping amoxicillin bagi kesehatan tubuh lainnya.


11. Gangguan berkemih
12. Sakit kepala
13. Alergi
14. Sesak nafas
15. Muntah
16. Pembengkakan pada wajah
17. Ruam terasa gatal
18. Kejang-kejang
19. Terjadi pembentukan Kristal pada urin

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping amoxicillin bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...