6 Efek Buruk Kapur Barus bagi Kesehatan Tubuh

Kapur barus atau naftalen biasanya digunakan untuk mengusir ngengat di lemari. Benda ini berwarna putih dengan warna kristal padat dan mudah terbakar. Kapur barus merupakan padatan dari lilin putih yang transparan dengan aroma menyengat yang masuk kedalam golongan terpenoid. Benda putih ini terbuat dari ekstrak pohon salam atau pohon kapur barus.

Manfaat kapur barus hanya untuk mengusir ngengat, semut rayap dan serangga lainnya. Benda putih ini telah dijual bebas di pasaran tentunya dengan beragam merk dan manfaatnya. Saat ini, olahan kapur barus telah memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat. Tujuannya adalah untuk memeberikan penenang bagi penggunanya. Namun demikian, penggunaan kapur barus tetap berbahaya apabila terlalu sering dihirup atau bahkan ditelah. Berikut ini adalah bahaya-bahaya kapur barus bagi kesehatan yang harus Anda ketahui.

6 Efek Buruk Kapur Barus bagi Kesehatan Tubuh

1.  Kejang-kejang


Kapur barus sangat berbahaya apabila sampai tertelan oleh manusia. Jika terjadi demikian, akan menimbulkan efek samping seperti kejang-kejang, kebingungan mental, neurompuskular hiperaktif dan iritasi pada tubuh. Selain bahaya-bahaya tersebut, kapur barus bisa beresiko mual, muntah dan diare. Sebaiknya, jauhkan kapur barus terhadap anak-anak. Hal ini disebabkan korban biasanya adalah anak-anak.

2. Kanker


Selain bahaya yang dijelaskan sebelumnya, jika anak-annak terlalu sering menghiruo udara yang mengandung naftalena akan beresiko terserang chromosomal aberrations (CA). Penyakit tersebut merupakan salah satu jenis penyakit kanker. Naftalena tidak hanya ditemukan dalam kandungan kapur barus, melainkan juga knalpot kendaraan dan uga asap rokok.

3. Obesitas


Dampak yang diderita anak-anak selain efek samping sebelumnya yang telah dijabarkan, juga bisa menimbulkan resiko mengalami obesitas. Selain itu juga mengakibatkan IQ menurun dan penyakit CA. Penyakit CA tidak boleh dibiarkan saja. Kondisi yang seperti itu bisa menyebabkan translokasi dimana adanya pergantian kromosom atau peristiwa tertukarnya kromosom satu dengan kromosom lainnya yang membuat kelainan genetik. Adanya kelainan ini resiko kanker untuk seseorang yang dekat dengan kapur barus lebih tinggi.

4. Radang Mata


Kapur barus apabila mengenai organ mata sangat bahaya. Maka dari itu jauhkan kapur barus pada jangkauan anak-anak dan orang dewasa tentunya harus lebih hati-hati. Kondisi ini apat menimbulakn resiko radang, iritasi dan mata menjadi kemerahan. Hal ini mengakibatkan kornea mata terkena dampaknya sehingga penglihatan akan terganggu. Kenalilah bahaya dan tanda-tanda penyakit ini.

5. Alergi


Serbuk kapur barus juga sangat berbahaya. Jika demikian akan menimbulkan seseorang mengalami iritasi, reaksi alergi, rasa pana dan juga gatal. Oleh sebab itu berhati-hatilah jika akan menggunakan kapur barus. Hal ini tentunya untuk menghindari bahaya-bahaya yang tidak diinginkan. Jangan terlalu sering menghirup kapur barus untuk menjauhkan tubuh dari penyaki-penyakit kronis

6. Gangguan pencernaan


Telah dijelaskan sebelumnya, jika penggunaan kapur barus  baik tertelan maupun terhirup bisa mengakibatkan seseorang mengalami gangguan pencernaan. Jika dibiarkan terus-menerus bisa menyebabkan tubuh seseorang mejadi lemas dan akan memicu timbulnya resiko dehidrasi. Sebab itu, tetap kontrol perlindungan tubuh dari bahaya kapur barus.

Baca Juga: 6 Bahaya Hidrogen Peroksida pada Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya kapur barus bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Loading...