11 Bahaya Obat Penambah Tinggi Badan untuk Tubuh

Banyak orang yang masih belum mengetahui bahaya obat penambah tinggi badan untuk tubuh yang mereka konsumsi. Saat ini banyak muncul berbagai jenis obat yang menjanjikan efek cepat, tidak hanya obat pelangsing tubuh namun juga penambah tinggi badan. Obat penambah tinggi badan yang dijual di pasaran pasalnya mampu membuat tubuh Anda mengalami penambahan tinggi badan hingga beberapa senti.

Padahal kita masih belum mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam obat penambah tinggi badan. Tinggi badan kita dapat bertambah jika kita masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini pun juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Sebaiknya Anda pun juga hanya mengonsumsi jenis makanan yang mampu mendukung pertumbuhan tulang, bukan mengonsumsi obat penambah tinggi badan yang mempunyai banyak efek samping.

11 Bahaya Obat Penambah Tinggi Badan untuk Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya obat penambah tinggi badan untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan kesehatan pernafasan


Beberapa senyawa zat atau kimia yang ada dalam obat penambah tinggi badan bisa membuat kesehatan pernafasan Anda terganggu. Hal ini akan membuat Anda mengalami sesak nafas dan juga gangguan kesehatan pada paru-paru.

2. Demam


Konsumsi obat penambah tinggi badan yang berlebihan juga akan memicu beberapa gejala penyakit salah satunya demam. Demam merupakan reaksi tubuh Anda yang menolak masuknya senyawaobat yang ada dalam obat.

3. Alergi


Orang dengan kecenderungan alergi juga sebaiknya tidak mengonsumsi obat penambah tinggi badan terlalu banyak. Obat ini dapat memicu banyak alergi pada tubuh, mulai dari ruam pada kulit sampai dengan gejala bengkak pada bagian tubuh.

4. Gangguan kesehatan pencernaan


Kandungan senyawa yang ada di dalam obat penambah tinggi badan jika dikonsumsi terlalu banyak akan memberikan dampak yang buruk ke pencernaan Anda. Anda akan mengalami gangguan pencernaan seperti pencernaan yang tidak lancar dan juga sembelit.

5. Sakit sendi


Persendian di dalam tubuh juga akan ikut terpengaruh dari konsumsi obat penambah tinggi badan tanpa dosis yang jelas. Sendi akan terasa ngilu serta terasa lebih sakit ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

6. Kesehatan tulang terganggu


Selain sendi, kesehatan tulang Anda juga akan mengalami banyak gangguan penyakit. Salah satu jenis penyakitnya yaitu osteoporosis. Penyakit ini akan membuat tulang Anda mudah mengalami pengeroposan dan membuat kekuatan tulang Anda berkurang.

7. Gangguan ginjal


Kesehatan ginjal Anda juga penting, maka Anda tidak bisa mengonsumsi obat penambah tinggi badan secara sembarangan. Obat ini dapat membuat beberapa penyakit muncul pada ginjal, salah satunya yaitu batu ginjal.

8. Depresi


Siapa sangka jika konsumsi obat penambah tinggi badan juga bisa membuat Anda mengalami depresi atau stress. Hal ini diakibatkan oleh kandungan senyawa dalam obat yang mengganggu kesehatan syaraf di otak.

9. Metabolisme tubuh terganggu


Metabolisme tubuh yang terganggu tidak akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Gejala ini bisa Anda alami jika Anda terlalu banyak mengonsumsi obat murah yang menjanjikan penambahan tinggi badan secara cepat.

10. Stroke


Konsumsi obat penambah tinggi badan ternyata juga bisa membuat Anda mengalami stroke. Saat ini stroke tidak hanya dialami oleh orang yang sudah berumur, namun juga Anda yang masih muda dengan pola hidup yang tidak sehat.

11. Jantung


Satu lagi efek buruk yang akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi obat penambah tinggi badan dengan sembarangan, yaitu penyakit jantung. Konsumsi berlebih akan membuat kinerja organ jantung Anda menjadi menurun.

Baca Juga: 11 Bahaya Natrium Benzoat bagi Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya obat penambah tinggi badan untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...