Langsung ke konten utama

6 Bahaya Hidrogen Peroksida pada Tubuh

Hydrogen perioksida adalah senyawa kuat yang sering digunakan sebagai agen oksidasi yang bisa larut dalam air. Biasanya penggunan bahan kimia ini ada pada seperti pemutih, cairan anti infeksi dan bahan lain. Namun lebih sering ditemukan dalam pasta gigi. Selain itu, bahan ini bisa digunakan untuk salem obat luka dan jerawat. Manfaat dari hydrogen perioksida ini didapatkan disebabkan kandungan dari bahan ini yaitu oksigen dan hydrogen. Bahan kimia ini juga membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Manfaat dari penggunaan bahan kimia ini diantaranya adalah untuk membersihkan noda, menghapus jamur, dan juga menghilangkan kutu. Pengguaan bahan kimia ini memang beragam. Namun jika tidak ada kontrol dalam penggunaan bahan kimia ini bisa menimbulkan efek yang merugikan kesehatan. Oleh sebab itu, kenalilah dampak yang ditimbulkan dari bahan ini. Berikut ini adalah bahaya hydrogen perioksida pada tubuh.

6 Bahaya Hidrogen Peroksida pada Tubuh

1. Luka bakar


Jika Anda sedang mengalami kondisi kulit yang terluka dan kulit sensitive, sebaiknya berhati-hati jika menggunakan hydrogen perioksida. Hal ini bisa menyebabkan kondisi yang semakin parah. Dampak yang ditimbulkan adalah membuat jaringan kulit menjadi lemah. Selain itu juga bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan terkelupas. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan bahan ini jika sedang mengalami kondisi yang telah disebutkan.

2. Muntah


Bahan ini masuk kedalam tubuh melalui saluran pencernaan. Jika tanpa sengaja tertelan dan masuk kedalam tubuh, dampak yang ditimbulkan adalah meyebabkan muntah dan nyeri perut. Hal ini disebabkan hydrogen perioksida membentuk gelembung pada perut. Jika terjadi kondisi ini, sebaiknya banyak minum air agar menguras bahan ini yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

3. Luka lambung


Saat mengalami hydrogen perioksida tertelan oleh tubuh, bisa menyebabkan nyeri dan luka lambung. Hal ini terjadi dikarenakan bagian selaput tipis pada lambung tidak tahan terhadap luka bakar dari hydrogen perioksida. Dampak yang ditimbulkan adalah kemerahan. Jika terjadi demiia, segera periksakan ke dokter untuk mencegah terjadinya pendarahan yang buruk.

4. Kerusakan lensa mata


Hindari penggunaan bahan ini diarea mata. Jika bahan ini terkena mata bisa mengakibatkan kerusakan lensa mata. Apabila telah terjadi, segera bilas mata dengan air mengalir sehingga semua zat kimia hilang. Untuk menekan bahan kimia masuk ke lapisan mata sebaiknya jangan mengusap mata secara berlebihan.

5. Kerusakan gigi


Hydrogen perioksida sering digunakan pada pasta gigi. Hal ini disebabkan bahan ini dipercaya bisa memutihkan gigi secara alami. Namun, jika penggunaan terlalu sering bisa menyebabkan kerusakan lapisan gigi. Kondisi ini terjadi ketika ada bagian lapisan enamel dan dentin gigi yang dekat dengan syaraf gigi juga terkena bahan kimia. Dampak awal yang dialami biasanya gigi menjadi sangat sensitive.

6. Nyeri di bagian mulut


Telah dijelaskan sebelumnya, hydrogen perioksida bisa menyebabkan seseorang mengalami muntah. Jika terjadi demikian, akan menimbulkan efek nyeri dibagian mulut akibat dilewati bahan kimia saat muntah. Sebab itu, hindari dan kontrol diri supaya hydrogen perioksida tidak tertelan oleh penggunanya.

Baca Juga: 6 Bahaya Gas Helium bagi Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya hydrogen perioksida pada tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.