6 Bahaya Gas Helium bagi Kesehatan Tubuh

Didunia ini banyak mengandung beberapa gas mulia dan sangat mempengaruhi teknologi dan juga mempengaruhi hidup orang banyak. Helium merupakan gas mulia yang relative aman setelah hydrogen.  Gas helium memiliki sifat tidak berbau, tidak berwarna, nerasa dan tidak beracun. Oleh karena itu, gas mulia ini dikatergorikan gas dengan unsur paling ringan.

Meskipun dikategorikan dalam unsur aman,  karena bisa menjadi bahan bakar balon udara dan tidak mudah terbakar gas ini juga berbahaya bagi tubuh. Efek samping yang ditimbulkan dikarenakan gas helium terhirup oleh tubuh. Dampak ini tidak hanya dirasakan manusia, tetapi juga hewan. Oleh karena itu, untuk membuat perlindungan diri terhadap gas ini, sebaiknya kenali dahulu efek samping yang ditimbulkan. Berikut ini bahaya gas helium bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

6 Bahaya Gas Helium bagi Kesehatan Tubuh

1. Kulit akan mengalami mati rasa


Jika penggunaan gas helium secara sembarangan dan mengenai kulit, akan menimbulkan kulit mati rasa. Hal ini disebabkan tidak ada kontrol penggunaan gas helium. Apabila gas helium mengenai kulit terlalu berlebihan bisa mengakibatkan seseorang mengalami kondisi terparah yaitu amputasi. Proteksi kulit Anda sebelum berinteraksi dengan gas ini.

2. Penyakit jantung


Gas helium jika tanpa sengaja dihirup tubuh seseorang, bisa berdampak menimbulkan shock jantung. Jika dibiarkan begitu saja, akan berdampak menimbulkan kematian mendadak. Sebab itu, hindari helium disekitar Anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Dampak ini juga tidak hanya terjadi manusai tetapi untuk hewan juga. Lebih baik gunakan perlindungan diri seperti mengenakan masker agar resiko tubuh menghirup helium tidak terlalu banyak.

3. Sakit kepala


Selain dampak yang telah dijelaskan, jika seseorang telah menghirup gas helium bisa mengalami sakit kepala, tenggorokkan mengalami iritasi, nyeri dan otot yang tegang, dan juga bisa mengubah pita suara tidak baik. Ketika terlanjur tehirup segera minum air untuk menetralkan kondisi tubuh.

4. Gangguan otak


Gas helium juga bisa menghambat jalannya aliran oksigen ke dalam otak. Sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan otak atau otak kehabisan oksigen. Sebab itu, gunakan gas helium dengan perlindungan diri yang aman. Jauhkan diri dengan helium jika Anda telah memiliki riwayat kesehatan yang tidak baik.

5. Gangguan paru-paru


Gelembung-gelembung gas helium yang masuk ke dalam tubuh seseorang jika dibiarkan saja bisa memicu timbulnya gangguan paru-paru. Gejala yang ditimbulkan adalah iritasi, infeksi dan keracunan. Kondisi ini jika dibiarkan akan mengganggu saraf paru-paru dan berakibat mengalami kerusakan yang parah. Karenanya jangan sembarangan dalam menggunakan gas helium.

6. Kematian


Telah dijelaskan sebelumnya dampak akibat gas helium jika terhirup oleh tubuh manusia maupun hewan. Karena dampak yang ditimbulkan kebanyakan adalah penyakit-penyakit kronis seperti hati, jantung dan paru-paru. Jika Anda tidak membuat perlindungan diri dan kontrol diri terhadap gas ini, bisa mengakibatkan dampak paling fatal yaitu kematian. Sebab itu, gunakan gas ini dengan baik dan juga perlindungan diri yang baik. Selain itu, juga hindari penggunaan ini dekat dengan anak-anak.

Baca Juga: 5 Efek Samping Semut Jepang bagi Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya gas helium bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Loading...