6 Bahaya Bedak Bayi untuk Orang Dewasa

Bedak bayi memiliki karakter partikel yang menyerupai tepung berupa serbuk halus yang dapat diaplikasikan pada permukaan kulit. Reaksi kimia talk bayi atau bedak bayi untuk orang dewasa terjadi akibat pengaruh kondisi kulit. Biasanya bedak bayi digunakan supaya kulit tetap dalam kondisi kering, penyerapan keringat lebih maksimal, mengahaluskan kulit seperti bayi, dan aromanya yang lebih lembut.

Bedak bayi yang dirasa lembut juga memiliki kandungan kimia seperti senywa kimia dari magnesium, parfum, kalsium karbonat, zinc starate, dan pati beras. Kandungan-kandungan kimia tersebut memiliki fungsi tersendiri. Kandunga kimia yang ada pada talk bayi bisa mempengaruhi kondisi kulit dan kesehatan orang dewasa. Berikut ini resiko yang ditimbulkan orang dewasa apabila menggunakan talk bayi dalam keseharian.

6 Bahaya Bedak Bayi untuk Orang Dewasa

1. Kanker ovarium


Jika Anda sering menggunakan bedak bayi untuk area kewanitaan demi menjaga agar tetap kering, sebaiknya lebih hati-hati. Kondisi ini bisa memicu pertumbuhan sel abnormal dan bahkan mengakibatkan kanker ovarium. Efek samping ini dialami apabila penggunaan bedak bayi dalam jangka panjang.

2. Radang paru-paru


Penggunaan bedak bayi yang tanpa sengaja terhirup oleh mulut atau rongga hidung, dalam jangka panjang akan menyebabkan seseorang mengalami radang paru-paru. Hal ini disebabkan bedak bayi menyebabkan penumpukan partikel halus bedak pada jaringan paru-paru sehingga beresiko peradangan paru. Gejala ini sering terjadi pada orang dewasa yang menggunakan bedak bayi. Hal ini juga disebabkan kondisi kulit orang dewasa berbeda dengan kulit bayi.

3. Gatal dan iritasi


Kondisi kulit orang dewasa dan bayi sangat berbeda. Jika orang dewasa mengandung minyak alami yang dihasilkan kulit dan kondisi pori-pori yang sudah mengandung radikal bebas bisa menyebabkan seseorang mengalami iritasi dan gatal-gatal jika penggunaan talk bayi secara sembarangan. Keadaan ini disebabkan minyak alami yang dihasilkan kulit orang dewasa tidak mampu bereaksi positif terhadap talk bayi. Segera hentikan pemakaian jika mengalami gajala tersebut.

4. Gangguan pernafasan


Partikel halus bedak yang masuk melaui hidung dan rongga mulut bisa menimbulkan gangguan pernafasan. Kondisi ini menghambat saluran pernafasan akibat oksigen yang telah dihirup terkontaminasi dengan butiran bedak yang sedang terurai di udara. Gejala yang dialami diantaranya adalah sesak nafas, tersedak dan batuk. Sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk mengobati gejala-gejala penyakit ringan ini sebelum menjadi penyakit kronis.

5. Alergi kulit (Bengkak dan Kemerahan)


Resiko penggunaan bedak bayi juga bisa disebabkan karena tipikal kulit. Kondisi kulit yang berbeda-beda yang bisa menyebabkan alergi terhadap talk bayi. Biasanya ditandai dengan perubahan permukaan kulit, pembengkakan dan juga ruam-ruam kemerahan. Efeknya tidak terlalu nyeri untuk dirasakan, akan tetapi sangat mengganggu penampilan Anda.

6. Biang keringat


Kandungan kalsium karbonat yang ada dalam bedak bisa menyebabkan orang dewasa mengalami biang keringat. Kondisi ini disebabkan penggunaan yang berlebihan dan resiko ini dialami jika penggunaan talk bati dalam jangka panjang. Kalsium karbonat dapat memicu terjadinya penyumbatan pori-pori dan akan menggagalkan penyerapan keringat berlebih. Hal ini yang menyebabkan seseorang mengalami biang keringat.

Baca Juga: 39 Efek Samping Sering Konsumsi Obat bagi Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya bedak bayi untuk orang dewasa yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...