Langsung ke konten utama

15 Terapi Tradisional Sinusitis Akut

Sinusitis merupakan sebuah kondisi peradangan atau inflamasi yang menyerang pada bagian dinding sinus atau rongga kecil yang isinya udara. Letak sinus berada pada belakang tulang dahi dan pipi. Penyakit sejenis ini merupakan suatu jenis penyakit umum yang biasa diderita oleh semua orang dalam usia berapapun. Namun, tentunya sinusitis yang terjadi pada anak atau remaja dengan oprang dewasa memiliki penyebab munculnya sinusitis yang berbeda. Perlu diatasi dengan melakukan terapi sinusitis.

Penyebab sinusitis ini salah satunya dapat disebabkan oleh adanya alergi atau bisa juga tertular dari orang-orang disekitar kita. Selain itu, bengkaknya dinding sinus di dalam hidung sebagai efek dari kondisi penyakit flu atau infeksi virus, serta infeksi pada gigi, infeksi jamur, dan juga kebiasaan merokok juga mampu menjadi penyebab munculnya sinusitis.

Terapi Sinusitis, Terapi Penyakit Sinusitis,Terapi Tradisional Sinusitis

Tentu sinusitis ini dapat berbahaya bagi anda di kemudian hari, dan harus segera dilakukan beberapa terapi sinusitis agar tidak semakin memperparah penyakit tersebut. Lantas apa sajakah terapi sinusitis yang dapat dilakukan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit


Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk terapi sinusitis adalah dengan mgnkonsumsi obat pereda rasa sakit. Hal ini dikarenakan sinusitis akan dapat menimbulkan gejala nyeri dibagian wajah dan apabila di tekan akan terasa sakit. Maka dari itu, obat pereda rasa sakit ini diperlukan untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi di bagian wajah.

2. Mengkonsumsi obat Kostikosteroid


Selain mengkonsumsi obat pereda rasa sakit, hal kedua yang dapat anda lakukan sebagai upaya terapi sinusitis adalah dengan mengkonsumsi obat kostikosteroid. Jangan khawatir berbahaya, karena pada dasarnya obat ini memang memiliki fungsi khusus untuk hidung dan sebagai pencegah sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya.

3. Mengkonsumsi obat Dekongestan


Selanjutnya, anda juga dapat mengkonsumsi obat dekongestas sebagai alternatif cara untuk terapi sinusitis. Namun, jika anda hendak mengkonsumsi obat ini, pastikan anda berkonsultasi dahulu kepada dokter tentang berapa lama anda untuk memakai obat tersebut. Karena obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan oleh penderita sinusitis, dan biasanya obat ini direkomendasikan agar tidak dikonsumsi lebih dari satu minggu.

4. Memakai semprotan hidung saline


Selain mengkonsumsi obat dekongestan, anda juga dapat memakai semprotan hidung saline ini untuk mengatasi gejala sinusitis. Penderita sinusitis memang sangat dianjurkan untuk memakai semprotan ini dengan cara menyemprotkannya beberapa kali ke hidung dalam sehari. Semprotan ini berfungsi untuk membersihkan saluran hidung,

5. Konsumsi makanan higienis


Bagi anda penderita sinusitis, anda harus benar-benar memilih untuk mengkonsumsi makanan yang higienis. Anda dapat melakukannya dengan mencuci tangan dengan sabun antiseptik hingga bersih saat sebelum makan ataupun memasak. Hal ini akan berfungsi untuk menjauhkan anda darin kuman-kuman yang dapat menginfeksi virus.

6. Menjaga kebersihan lingkungan


Selain mengkonsumsi makanan higienis, anda juga dapat menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya untuk terapi sinusitis. Karena pada dasarnya debu yang kotor dapat menjadi penyebab utama munculnya sinusitis.

7. Hindari banyak asap


Ada beberapa orang yang bisa alergi dengan asap, sehingga dapat saja menyebabkan orang tersebut mengalami sinusitis. Asap tersebut diantara lain asap dari rokok, asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, dan asap pabrik. Anda harus menghindari asap tersebut sebagai upaya untuk terapi sinusitis.

8. Menyikat gigi dengan teratur


Selain dapat berfungsi untuk menjaga gigi agar lebih kuat dan mencegah resiko sakit gigi, menyikat gigi dengan teratur ini juga dapat berfungsi untuk mencegah timbulnya sinusitis pada wajah. Karena gigi yang sehat maka tidak dapat menularkan bakteri ke bagian wajah yang lain.

9. Kurangi konsumsi produk olahan susu


Jika anda ingin mengatasi sinusitis, maka anda harus mengurangi konsumsi produk olahan susu. Karena pada dasarnya produk olahan susu ini akan mampu memproduksi lendir yang banyak di dalam tubuh sehingga akan menyebabkan buruknya saluran pernapasan.

10. Kurangi mengkonsumsi makanan pedas


Sama halnya dngan produk olahan susu, anda juga harus mengurangi konsumsi makanan pedas. Karena makanan pedas ini juga dapat membantu produksi lendir pada tubuh yang nantinya dapat mengakibatkan gangguan pada saluran pernafasan.

Baca Juga 15 Hal Penyebab Penyakit Xerostomia yang Perlu Dihindari

Selain 10 terapi sinusitis di atas, ada lagi 5 Cara mencegah sinusitis yang dapat anda lakukan sebagai upaya untuk menanggulangi sinusitis, antara lain.

5 Terapi Sinusitis Lainnya:


11. Terapi air garam
12. Terapi uap air
13. Terapi pot neti
14. Kurangi mengkosumsi gorengan
15. Imunoterapi

Diatas itulah 15 terapi sinusitis yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sinusitis pada wajah anda. Untuk penanganan yang lebih maksimal, anda dapat melakukan pengobatan ke dokter yang ahli dalam penangann penyakit sinusitis.