16 Dampak Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Tubuh

Sakit tentu tidak diinginkan oleh siapapun. Selain menghambat aktivitas, kondisi ini mengakibatkan Anda harus merasakan sensasi yang tidak menyenangkan. Contohnya sakit pinggang sebelah kanan, dapat menjadikan Anda terhalang untuk melakukan aktivitas yang memerlukan gerakan ginggang yang fleksibel. Untuk menghindarinya Anda perlu mencari tahu penyebab sakit pinggang sebelah kanan.

Sakit pinggang sering kali diindikasikan sebagai penyakit yang ringan dan bahkan bayak orang yang berpikir sakit akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan yang serius. Faktanya, penyebab sakit pinggang sebelah kanan bisa jadi suatu indikasi dari penyakit yang lebih serius. Berikut adalah penyebab sakit pingggang sebelah kanan.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Tanda Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Dampak Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

1. Penyakit ginjal


Penyebab sakit pinggang sebelah kanan bisa jadi adalah penyakit ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ penting yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama urine. Sepasang ginjal pada manusia berada di belakang perut, tepat di kanan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa.

Adanya sakit pinggang di sebelah kanan bisa jadi suatu indikasi bahwa kondisi ginjal kanan Anda sedang bermasalah. Biasanya pinggang akan terasa sakit bila kondisi penyakit ginjal sudah kronis. Sakit pada ginjal biasanya disebabkan oleh adanya infeksi ataupun pengendapan cairan atau yang disebut dengan batu ginjal.

2. Radang usus buntu


Usus buntu adalah kantong kecil dan tipis berukuran 5cm sampai 10cm yang terhubung pada usus besar. Radang usus buntu dapat terjadi karena adanya kotoran yang mengeras. Kelompok usia 10 sampai 30 tahun adalah kelompok yang rentan terhadap penyakit ini.

Sakit perut merupakan gejala awal adanya peradangan pada usus buntu. Apabila tidak segera ditangani akan terus menjalar ke bagian kanan perut hingga terasa pada bagian pinggang. Rasa sakit akan lebih terasa apabila ada aktivitas penekanan pada perut.

3. Penyempitan tulang belakang


Penyempitan tulang belakang juga dapat menyebabkan sakit pada pinggang sebelah kanan.
Penyakit ini sering terjadi pada orang dengan usia lanjut. Semakin tua usia seseorang semakin rentan terjadi pergeseran tulang belakang, yang disebabkan oleh rusaknya bantalan tulang.

Sakit pada pinggang biasanya akan semakin terasa apabila sudah melakukan pekerjaan fisik yang cukup melelahkan.  Hal ini disertai dengan adanya rasa nyeri yang menjalar hingga  betis.

4. Turun berok


Turun berok atau hernia terjadi karena adanya tonjolan keluar dari organ atau jaringan. Tonjolon ini dapat mengakibatkan rasa sakit pada area perut dan menjalar terus hingga area pinggang.

Gejala awal turun berok adalah kesulitan buang air kecil. Kesulitan buang air kecil yang kronis dapat menyebabkan hernia. Selain itu jangan lupa untuk menurunkan berat badan sebagai langkah pencegahan terhindar dari hernia.

5. Gangguan empedu


Empedu berfungsi untuk mencerna lemak dalam tubuh. Letak empedu berada di perut atas bagian kanan. Apabila Anda mengalami gangguan empedu, Anda tidak hanya merasakan sakit pada perut, tetapi juga sakit pada pinggang bagian kanan.

Gangguan empedu bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kolesterol dan senyawa kimia yang terdapat pada cairan empedu.  Perempuan lebih rentan terhadap penyakit ini, terlebih pada wanita yang pernah hamil dan mengkonsumsi pil KB.

6. Ketegangan otot


Otot yang terlalu tegang dapat menjadi faktor penyebab sakit pada pinggang sebelah kanan.  Sering tidak disadari bahwa ketegangan otot ini dapat terjadi karena aktifitas harian, seperti: duduk dan berdiri dengan posisi yang tidak pas, posisi tidur yang tidak nyaman ataupun kesalahan gerak saat Anda berolahraga.

7. Cidera


Cidera adalah sebab umum terjadinya sakit pinggang. Persendian tulang belakang rentan terkena cidera, terutama saat usia semakin bertambah. Adanya cidera pada tulang dapat menekan syaraf di sekitarnya dan menyebabkan rasa sakit pada pinggang. Selain faktor usia, sering mengangkat beban berat juga menyebabkan cidera pada tulang belakang.

8. Kekenduran pada rahim


Sakit pinggang bagian kanan pada perempuan dapat disebabkan oleh rahim yang kendur. Rahim yang turun dari posisinya semula dapat menyebabkan nyeri pada pinggang. Sakit pinggang dapat dijadikan indikasi awal untuk perempuan lebih waspada pada kondisi ini, karena apabila tidak segera ditangani kekenduran pada rahim dapat membahayakan kesehatan.

9. Radang panggul kronis


Radang panggul sering ditemukan pada perempuan yang aktif secara seksual pada kelompok umur 15 sampai 24 tahun. Bakteri klamidia dan gonore adalah bakteri yang dapat menginfeksi leher rahim yang mengakibatkan radang panggul kronis. Selain itu, aborsi dan persalinan dapat juga memicu adanya radang panggul dan menjadi penyebab sakit pinggang.

10. Sakit punggung bawah


Sakit pada punggung bawah juga dapat memicu sakit pinggang. Sakit pungggung bawah biasanya terjadi karena aktivitas fisik yang berat, misalnya mengangkat beban dan juga olahraga yang berlebihan. Untuk itu, aktivitas yang terukur juga dapat menghindarkan Anda dari sakit pinggang.

Baca Juga 22 Penyebab Tubuh Mengalami Demam Menggigil

Pinggang memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Merunduk untuk mengambil benda yang berada di bawah ataupun memutar posisi badan untuk menjangkau sesuatu di belakang Anda, tentu akan terhalang apabila Anda memiliki keluhan sakit pinggang. Enam hal dibawah ini juga merupakan penyebab sakit pingggang sebelah kanan.

6 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Lainnya:


11. Penyakit degeneratif tulang belakang
12. Lumbar disc syndrome
13. IBS atau irritable bowel syndrome
14. Linu panggul
15. Kerusakan syaraf pada pelvis
16. Kram usus

Demikian ulasan mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Patut Anda waspadai bila sakit pingggang terjadi merupakan sebuah sinyal untuk kondisi organ lain yang mungkin mengalami gangguan. Untuk itu  segeralah berkonsultasi pada ahli kesehatan agar penyakit anda tidak bertambah parah. 

Loading...
Loading...