Langsung ke konten utama

21 Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus yang Perlu Dihindari

Apakah Anda salah satu penderita sakit kepala terus-menerus sehingga aktivitas menjadi terganggu dan segala hal yang dilakukan menjadi terhambat? Sering sakit kepala yang bisa sampai 3 bulan atau lebih bisa jadi memang merupakan kondisi sakit kepala yang sudah kronis. Atau, tahap kronis juga bisa dialami 15 hari lebih setiap bulannya.

Pengobatan yang diberikan bakal tepat sasaran ketika penyebab telah terdeteksi. Oleh karena itu, kali ini Anda perlu menyimak segala kemungkinan kondisi yang bisa memicu kondisi sakit kepala berkelanjutan sehingga bisa diobati secepatnya. Berikut ini penyebab sakit kepala terus-menerus perlu untuk Anda ketahui supaya bisa mengatasi masalah tersebut:

Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus, Penyebab Penyakit Sakit Kepala Terus Menerus, Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

1. Kurang Istirahat


Penyebab sakit kepala terus-menerus yang pertama kurang istirahat. Keseringan begadang menjadi faktor penyebab dari sakit kepala Anda yang kerap kambuh atau terjadi secara terus-menerus. Saat kurang tidur, seseorang bisa mengalami ketidakseimbangan pada tubuhnya sehingga akan lebih mudah terserang sakit kepala. Jangan jadikan begadang sebagai kebiasaan karena bisa berefek buruk secara jangka panjang. Ambil waktu istirahat ketika tubuh sudah terasa begitu lelah.

2. Stres


Sakit kepala bisa juga disebabkan oleh masalah yang menumpuk, baik itu masalah keuangan, pekerjaan, atau keluarga. Saat seseorang stres, ada zat kimia dalam darah yang dilepas dan berakibat pada terganggunya pembuluh darah. Ketika stres tidaklah ditangani dengan baik, maka sakit kepala bisa terus muncul dan malah dapat berdampak pada kesehatan seluruh tubuh. Perhatikan tingkat stres Anda untuk bisa mengambil tindakan untuk mengatasinya.

3. Dehidrasi


Kebiasaan buruk yang banyak dimiliki oleh orang-orang adalah malas minum air putih 8-10 gelas per harinya.Bahaya dehidrasi akan mudah menyerang seseorang yang tak rajin memenuhi asupan cairan dalam tubuhnya. Salah satu akibat yang dirasakan adalah sakit kepala berkepanjangan karena cairan di dalam tubuh tidak dalam kondisi seimbang.

4. Olahraga Berlebihan


Olahraga yang berlebihan juga tak bagus untuk kesehatan. Bila Anda melakukan dengan memforsir tubuh, sakit kepala terus-menerus bisa menjadi akibatnya. Memforsir olahraga hanya akan membuat peredaran darah pada leher dan otak meningkat sehingga memicu pusing.

5. Kebiasaan Terlambat Makan


Ketika terlambat makan maka kadar gula di dalam darah akan menurun dengan sangat cepat. Kondisi seperti ini akan menyebabkan sakit kepala yang cukup sering dan terus-menerus.

6. Makan Terlalu Berlebihan


Makan berlebihan terlalu sering atau setiap saat bisa juga menyebabkan sakit kepala terus-terusan kambuh dan terjadi pada Anda. Ketika makan secara berlebihan, otomatis kadar gula darah pasti naik sehingga Anda memang perlu membatasi porsi makan dalam jumlah yang cukup. Tak hanya dari porsi makan, pastikan juga jumlah kalorinya juga pas untuk kebutuhan tubuh Anda. Makan terlalu banyak hanya akan membuat tubuh tidak nyaman.

7. Peradangan THT


Sakit kepala yang datang terus-menerus bisa juga disebabkan oleh adanya masalah yang berhubungan dengan THT. Radang sinus atau sinusitis adalah salah satu yang bisa membuat Anda sering merasakan pusing. Hidung bagian atas akan terasa begitu terganggu, begitu juga faringitis atau peradangan di bagian tenggorokan. Karena berkaitan dengan THT, maka peradangan pada telinga atau otitis juga termasuk di dalam penyebab dari sakit kepala yang terus-menerus.

8. Paparan Sinar Terlalu Terang


Paparan sinar lampu atau matahari yang begitu terang juga bisa membuat Anda sakit kepala. Sakit kepala tentu bisa berkelanjutan ketika paparan sinar tersebut juga mengenai Anda secara terus-menerus atau bahkan setiap hari. Pancaran cahaya yang terangnya terlalu berlebihan malah justru menambah ketidaknyamanan.

9. Aroma Menyengat


Rasa sakit kepala yang terus-menerus disebabkan oleh aroma-aroma yang menyengat tersebut. Entah itu dari parfum atau buah-buahan tertentu atau dari sumber yang lain, Anda perlu mengatasinya segera sebelum sakit kepala makin mengganggu.

10. Rendahnya Serotonin


Serotonin ini adalah sebuah neurotransmiter yang fungsi utamanya adalah sebagai pengendali nafsu makan, tidur, serta suasana hati. Saat kadarnya rendah tanpa ditangani segera, rasa sakit kepala bisa terjadi terus-menerus dan kambuh-kambuhan.

Baca Juga 21 Obat Herpes Kulit Alami dan Paling Ampuh

11 Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus Lainnya:


11. Peradangan di Saraf Rahang Atas
12. Neuropeptida
13. Kekurangan Magnesium
14. Suara Bising
15. Obat-obatan Tertentu
16. Kurang Olahraga
17. Postur Malas
18. Posisi Tubuh yang Sama
19. Konsumsi Makanan Perilis Neurotransmiter
20. Berhenti dari Kebiasaan Minum Kafein
21. Sakit kepala tegang (tension headache)

Itulah beberapa faktor penyebab sakit kepala terus-menerus paling umum yang mungkin juga adalah pengalaman nyata Anda. Ketika lebih dari 15 hari sakit kepala masih mengganggu dan terjadi secara intens, segeralah periksa ke dokter agar penanganan penyakit yang tepat bisa diperoleh.