Langsung ke konten utama

19 Penyebab dan Gejala Rematik Kaki

Rematik adalah penyakit yang dapat membuat rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Sendi-sendi pada rematik membengkak karena di sebabkan oleh cairan yang menumpuk, terasa kaku, terasa panas, sakit karena peradangan yang aktiv. Sering kali rematik terjadi pada kaki yang awalnya peradangan di mulai dari pergelangan hingga turun ke tumit, ketahui penyebab dan gejala rematik kaki.

Rematik dahulu di kenal dengan penyakit orang tua yang beusia lanjut. Namun sekarang rematik dapat timbul pada saat usia muda jika anda yang masih mudah atau dewasa telah mengalami gejala rematik kaki sebaiknya segera di atasi dan mengurangi penggunaan alasa kaki ber hak tinggi. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja penyebab dan gejala rematik kaki, dibawah inilah penyebabnya.

Gejala Rematik Kaki, Gejala Penyakit Rematik Kaki, Gejala Penyakit Rematik

Penyebab Rematik Kaki


1. Mandi malam-malam
2. Faktor usia
3. Sering terpapar AC
4. Menggunakan baju basah
5. Mengkonsumsi minuman keras

Selain penyebab diatas, anda juga perlu mengetahui gejala dari penyakit tersebut. Lalu apa saja gejala rematik kaki, Berikut inilah beberapa gejalanya.

1. Cidera


Sering kali orang-orang mengalami cidera terutama saat melakukan olahraga tetapi saat gerakan pemanasan di lakukan kurang benar dan sempurna sehingga kaki mudah seterkilir. Cidera dapat menyerang semua orang baik itu tua maupun mudah dan dapat terjadi kapanpun. Kerap kali orang-orang mengira bahwa cidera adalah penyakit yang remeh tanpa disadari jika cidera merupakan salah satu gejala rematik pada kaki.

2. Sendi Bengkak


Sendi menjadi bengkak biasanya di karenakan terjadi inflamasi akut dan karena infeksi, pada umumnya memang infeksi menyerang organ seperti paru-paru, saluran pernafasan dll. Hal itu bukan hanya dapat membengkakan sendi tetapi juga akan menimbulkan rasa kaku dan nyeri. Sehingga dapat menghambat aktivitas sehari-hari, ketika anda telah merasa sendi anda bengkak segeralah obati menggunakan obat yang telah tersedia di apotik. Karean pembengkakan sendi merupakan tanda-tanda rematik.

3. Sendi Terkunci


Banyak orang yang bertanya, mengapa sendi dapat terkunci ? bagi orang awam memang hal ini di rasa kurang masuk akal. Menurut medis senditerkunci dikarenakan banyaknya tendon di sekitar sendi yang membengkak yang mengakibatkan orang yang menderita kesulitan untuk menekuknya.

Pada kasus tertentu, ada orang yang mengira saat terjadi pembengkakan di belakang di sebabkan karena sendi terkunci bukan bisa jadi bukan karena sendi terkunci melainkan karena kista. Jadi saat anda mengalami pembengkakn pada sendi belakang lutut sebaiknya di bawah ke dokter untuk di diagnosa.

4. Kelalahan


Umumnya orang yang merasa lelah ketika setelah melakukan aktifitas fisik terutama. Jika kita tidak melakukan aktivitas terutama pada kaki tetapi tetap mejadikan kaki dan seluruh anggota badan lelah maka patut anda waspadai. Karena lelah tanpa adanya sebab bisa menandakan anda akan terkena penyakit rematik.

5. Sakit Pada Tumit


Banyak sekali wanita yang menggunakan alas kaki ber jal tinggi dengan alasa n kurang Percaya Diri jika terlihat pendek.  Biasanya orang yang sering menggunakan alasan kaki ber hak tinggi mengalami sakit pada tumit dan kera kali para wanita mengabaikan hal ini karena mereka menganggap hal itu sudah umum dapat terjadi pada semua orang. Padahal sakit pada tumit salah satu gejala rematik kaki, hal ini di sebabkan karena jaringan bagian bawah kaki yang tak jauh dari tumit mengalami pembengkakan.

6. Demam


Demam memang dapat menimpa semua orang khususnya pada anak kecil karena terlalu aktiv untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Pada orang dewasa atau tua yang mengalami demam dengan suhu 200 C ke atas kiranya dapat menjadikan petunjuk bagi anda bahwa tubuh anda sedang terkena penyakit infeksi sendi atau terkena infeksi lainnya. Untuk lebih baiknya segeralah berobat sebelum hal ni naik pada tingkat selanjutnya.

7. Kekakuan


Sering kali orang yang terkena rematik mengalami kekauan sehingga sulit untuk menggerakan bagian badan khususnya pada area sendi. Kekauan ini biasanya muncul pada pagi hari setelah bangun tidur sehingga dapat menyebabkan aktivitas terhambat tetapi semakin hari semakin siang kekakuan yang ada di sendi akan hilang sendirinya.

8. Sendi pegal-pegal


Pada orang rematik gejala sendi pegal-pegal memang kerap di alami, biasanya orang yang mengalami hal ini mengira jika itu di sebabkan karena kelelahan. Tak sedikit juga orang yang mengira jika sendi mengalami pegal-pegal adalah pengeroposan pada tulang padahal sendi pegal-pegal dengan pengeroposan pada tulang berbeda seperti yang kita tahu pada umumnya pengeroposan tulang terjai pada orang yang sudaah lanjut usia. Jika anda mengalami sendi pegal-pegal setiap hari dan sudah satu minggu sebaiknya periksakan pada pihak kesehatan.

9. Kesemutan


Sering kali orang-orang mengalami kesemutan umumnya kesemutan terjadi karena kita terlalu lama menekuk anggota badan atau posisi duduk yang salah. Rematik pada kaki biasanya di awali dari pergelangan kaki ketika telah terjadi pembengkakan akan mengalami kesemutan. Kesemutan memang hal lumrah namun jika kesemutan terjadi secar berulang-ulang, harusnya anda sudah mulai curiga dan mulai memriksakan ke dokter.

10. Fraktur


Jika orang telah mengalami patah tulang pada kaki maupun hal lainnya yang berhubungan dengan tulang kaki dan sangat parah penyababnya. Bisa jadi anda akan terkena fraktur . bahaya yang sanga mengancam yakni osteoporosis dan hal ini sering kali menyerang pada wanita. Jika anda telah mengalami pengeroposan tulang sebiknya anda mulai mengobati sejak dini agar tidak terkena fraktur.

Baca Juga 16 Obat Herbal Stroke Ringan Paling Ampuh

Di atas itu merupakan 10 gejala rematik kaki,  bagi anda yang mengalami gejala-gejala yang masih ringan hendaknya segera di obati, adapun untuk gejala lainnya:

4 Gejala Rematik Kaki Lainnya:


11. Tekanan Pada Kaki Bagian Depan
12. Nyeri Kaki di Malam Hari
13. Gangguan Lambung
14. Kaki dan Tangan Sulit Digerakan

Demikian info mengenai penyebab dan gejala rematik kaki yang perlu anda ketahui sebelum kaki anda bertambah parah sehingga harus menggunakan pengobatan  yang lebih serius lagi. Jika anda mengalami gejala penyakit rematik seperti di atas sebaiknya anda mulai mengobati dan mulai rajin meakukan olahraga.