Langsung ke konten utama

17 Penyebab dan Gejala Jantung Tidak Sehat

Jantung adalah organ berotot yang berfungsi untuk memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh dengan melewati pembuluh darah. Sebagai organ yang penting, fungsi jantung sangat vital untuk manusia. Untuk mempertahankan kerja jantung wajib untuk tahu kesehatan  jantung dan waspada terhadap kondisi dan perlu mengetahui penyebab dan gejala jantung tidak sehat.

Jantung yang bermasalah akan menjadi kondisi yang serius. Berbagai penyakit dapat menyerang karena buruknya kesehatan jantung, seperti serangan jantung, angina, jantung koroner, dan lain-lain. Untuk terhindar dari gangguan ini, perlu untuk mengetahui adanya gejala jantung tidak sehat. Berikut adalah penyebab dan gejala jantung tidak sehat.

Penyebab dan Gejala Jantung Tidak Sehat, Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Tidak Sehat, Penyebab dan Gejala Masalah Jantung Tidak Sehat

Penyebab Jantung Tidak Sehat


1. Kebiasaan merokok
2. Pola hidup tidak sehat
3. Kadar kolesterol tinggi
4. Hipertensi
5. Kelebihan berat badan

Selain penyebab diatas, anda juga perlu mengetahui gejala dari penyakit tersebut. Lalu apa saja gejala jantung tidak sehat, Berikut inilah beberapa gejalanya.

1. Sering berkeringat


Gejala jantung tidak sehat yang pertama adalah sering berkeringat. Berkeringat adalah hal wajar pada tubuh. Ketika beraktivitas, kalori akan terbakar dan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat. Tapi, anda perlu waspada bila tubuh sering berkeringat padahal tidak sedang melakukan aktivitas fisik. Bisa jadi seringnya anda berkeringat adalah salah satu pertanda kondisi jantung yang tidak baik.

2. Sesak nafas


Sesak nafas memang erat kaitannya dengan asma. Seorang penderita  akan kesulitan bernafas karena infeksi saluran pernafasan yang menyebabkan kekakuan otot dan berujung pada penyempitan di area tersebut. Faktanya, sesak nafas tidak hanya berlaku untuk penderita asma. Sesak nafas dapat berarti gejala jantung yang tidak sehat, dimana sesak nafas terjadi karena adanya udara diantara paru-paru dan dinding dada.

3. Frekuensi buang air air meningkat pada malam hari


Frekuensi buang air kencing yang meningkat biasanya terjadi karena tubuh menerima banyak cairan yang masuk, bukan hanya berupa air, tetapi juga termasuk buah yang mengandung air. Normalnya, seseorang buang air kecil 8 kali dalam satu hari. Namun apabila anda merasa lebih dari itu, dan frekuensi justru tambah meningkat di malam hari, anda patut waspada sebagai salah satu gejala jantung yang tidak sehat.

4. Nyeri dada


Nyeri pada bagian dada merupakan sebab yang sangat umum terjadi pada orang yang memiliki jantung tidak sehat. Penyebab nyeri dada diakibatkan oleh dua hal. Pertama, aliran darah ke otot jantung  yang terhambat, ini biasanya terjadi karena adanya serangan jantung. Kedua, karena adanya penyempitan arteri, ini terjadi pada penderita angin duduk.

5. Tubuh membengkak


Tubuh yang membengkak menjadi salah satu gejala adanya masalah pada jantung. Jantung yang tidak sehat akan menurun kinerjanya. Pembengkakan pada tubuh ini terjadi karena jantung yang tidak mampu memompa darah sampai ke bagian tersebut. Sehingga, aliran darah pun menjadi terhambat dan terjadi penumpukan cairan.

6. Jantung berdebar-debar tidak teratur


Salah satu fungsi jantung adalah bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Saat jantung bekerja, maka akan terasa dentak jantung.  Pada kasus ini kerja jantung tidak normal sehingga bedegup sangat cepat dan tidak teratur. Jantung berdebar-debar memang bisa jadi karena sebab lain, seperti gugup dan cemas. Namun pada gejala jantung tidak sehat, jantung berdebar-debar juga disertai dengan kekuhan lain, seperti sesak nafas dan nyeri dada.

7. Sakit pada bagian tubuh tertentu


Adanya sakit pada bagain tubuh tertentu ini terjadi karena adanya organ yang bermasalah. Sebagai organ vital, kerja jantung tentu sangat mempengarui kinerja organ lain. Ketika jantung tidak sehat maka besar kemungkinan terjadi masalah pada organ lain. Hasilnya, tidak hanya menyebabkan sakit di bagian dada, tetapi juga pada bagain tubuh dimana organ itu berada.

8. Pingsan mendadak


Pada penderita penyakit jantung, pingsan mendadak sering kali terjadi. Pingsan terjadi karena jantung tidak bisa mempertahankan aliran darah pada pembuluh arteri. Sehingga, terjadi detak jantung yang tidak beraturan dan membuat aliran darah ke otak tidak stabil. Aliran darah ke otak yang terganggu inilah yang menyebabkan penderita jantung tidak sehat bisa pingsan mendadak.

9. Sakit kepala


Sakit kepala bisa jadi adalah penyakit yang sering dirasakan. Namun, bila berlangsung dalam waktu yang lama, anda perlu memeriksakan kondisi tersebut, karena sakit kepala bisa jadi pertanda adanya penyakit kronis, salah satunya kondisi jantung yang tidak sehat.

10. Cemas


Cemas merupakan reaksi wajar seseorang yang timbul karena respon pada sesuatu, baik faktor eksternal maupun internal. Namun, rasa khawitir yang berlebihan tidaklah baik karena dapat memicu adanya gangguan jantung,

Baca Juga 20 Obat Herbal Alami Batu Ginjal Paling Mujarab dan Ampih

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit kronis yang dapat mengancam jiwa. Untuk terhindar dari penyakit ini, anda perlu lebih waspada pada terhadap segala macam gejala yang mungkin anda rasakan. Untuk gejala jantung yang tidak sehat, dua poin di bawah ini juga perlu untuk anda ketahui.

2 Gejala Jantung Tidak Sehat Lainnya:


11. Mual
12. Cepat lelah

Sebagai salah satu penyebab dan gejalapembunuh  paling tinggi, adanya penyakit yang berhubungan dengan jantung perlu untuk diwaspadai. 17 poin diatas merupakan penyebab dan gejala jantung tidak sehat. Apabila anda mengalami keluhan serupa, ada baiknya anda segera datang ke dokter, guna mendapat penanganan yang tepat.