Langsung ke konten utama

21 Obat Herpes Kulit Alami dan Paling Ampuh

Sebelum menggunakan obat herpes kulit, perlu diketahui dulu apa itu herpes kulit. Herpes kulit, atau disebut juga dengan herpes zoster, adalah herpes yang disebabkan oleh virus HHV3, atau dikenal sebagai virus Varicella zoster (VZV). Herpes ini ditandai dengan ruam kulit yang menyakitkan dengan lepuhan yang terbatas pada satu sisi tubuh tertentu.

Herpes kulit harus segera diobati agar kondisi kulit tidak dipenuhi dengan gelembung air yang dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri sendi. Agar sembuh, bisa dilakukan dengan obat herpes kulit tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Obat Herpes Kulit, Obat Alami Herpes Kulit, Obat Ampuh Herpes Kulit

1. Tepung jagung


Obat herpes kulit yang dapat anda gunakan adalah tepung jagung. Tepung jagung lazim digunakan sebagai salah satu bahan pangan, harganyapun terjangkau, sehingga dapat dijadikan solusi pengobatan herpes kulit. Caranya cukup dengan melarutkan tepung jagung dengan air, lalu gunakan pada bagian kulit yang terinfeksi herpes.

2. Teh hijau


Teh hijau sudah dikenal berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Antioksidan pada teh hijau secara efektif menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapat manfaat teh hijau sebagai media penyembuh herpes, anda cukup mencelupkan teh hijau pada air hangat. Lalu, gunakan sebagai kompres pada area kulit yang bermasalah.

3. Minyak zaitun


Minyak zaitun merupakan sari dari buah zaitun. Minyak zaitun dipercaya berkhasiat mengatasi berbagai masalah kulit. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat membantu meredakan masalah herpes kulit. Selain itu, minyak zaitun juga dapat menurunkan resiko kerusakan pada jaringan kulit yang disebabkan adanya bakteri penyebab herpes.

4. Daun pacar kuku


Daun pacar kuku banyak ditanam sebagai tanaman hias karena tipe bunga yang dapat berbunga sepanjang tahun. Ternyata, selain sebagai tanaman hias daun pacar kuku dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti herpes. Caranyapun cukup mudah. Lumat daun pacar kuku dan aplikasikan pada bagain kulit yang terinfeksi herpes.

5. Lidah buaya


Tnaman lidah buaya merupakan solusi praktis yang dapat anda andalkan untuk mengatasi herpes kulit. Kandungan anti-inflamasi pada lendir lidah buaya dapat meringankan herpes pada kulit anda. Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya langsung pada bagaian yang bermasalah.

6. Jintan hitam


Jintan hitam atau habbatussauda merupakan tanaman dengan banyak manfaat. Jintan hitam memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri yang mungkin menyerang. Selain itu, kandungan vitamin dan omega pada jintan hitam dipercaya dapat menjadikan kulit menjadi lebih halus.

7. Baking soda


Baking soda merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk pembuatakn kue ataupun roti. Dibalik itu semua, ternyata manfaat lain dari baking soda adalah untuk mengobati herpes kulit. Caranya, dengan melarutkan baking soda dengan air. Lalu, gunakan kapas untuk mengkompres larutan tersebut pada kulit yang terkena herpes.

8. Minyak pohon teh


Minyak pohon teh adalah produk yang didapat dari pengolahan pohon teh yang sudah tua. Produk ini dapat dijadikan pilihan untuk membantu meredakan sakit herpes kulit. Kandungan anti-inflamasi pada minyak pohon teh dapat meredakan sakit pada kulit yang ditimbulkan oleh virus penyebab herpes.

9. Kopi hitam


Kopi hitam mungkin merupakan salah satu menu minuman yang sering anda buat setiap hari. Faktanya, kopi hitam tidak hanya berfungsi sebagai  minuman. Kandungan pada kopi hitam nyatanya ampuh untuk mengobati herpes kulit.

10. Daun waru landak


Daun waru landak, mungkin sebagian dari anda tidak mengetahuinya. Tetapi bagi pecinta tanaman, daun waru landak tentu tidak asing karena daun waru landak selain digunakan sebagai tanaman obat, juga digunakan sebagai tanaman hias. Campuran daun waru landak dan tajin dapat anda gunakan untuk mengatasi herpes kulit.

Baca Juga 14 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

Untuk anda yang mungkin saat ini mengalami herpes kulit, dapat menggunakan kesepuluh bahan yang telah diuraikan diatas. Namun, apabila anda ingin jenis bahan yang lain yang dapat anda gunakan, 11 bahan berikut ini dapat anda jadikan solusi pengobatan untuk herpes kulit.

11 Obat Herpes Kulit Lainnya:


11. Kantong teh hitam
12. Es batu
13. Cuka sari apel
14. Minyak kelapa
15. Akar licorice
16. Bawang putih
17. Hidrogen perokrida
18. Daun dewa merah
19. Minyak oregano
20. Teh peppermint
21. Daun kacang gude


Adanya herpes kulit tentu sangat tidak diharapkan. Untuk itu, segera lakukan penanganan dengan memberi obat yang benar  agar herpes kulit segera teratasi. Beberapa  obat herpes kulit di atas dapat anda jadikan solusi pengobatan herbal untuk mengatasi penyakit ini.