Langsung ke konten utama

20 Obat Herbal Alami Untuk Mengatasi Diabetes

Diabetes adalahpenyakit yang ditandai oleh kadar gula yang tinggi melebihi kadar gula normal. Orang yang mengalami diabetes awalnya akan mengalami gejal haus sehungga banyak minum, sering kencing, badan terasa lemah, mudah dan mengantuk. Diabetes dapat menyerang segala usia terutama saat riwayat keluarga mereka memiliki riwayat diabetes. Diabetes dapat di obati menggunakan obat herbal untuk diabetes.

Selain riwayat keluarga, orang yang telah mencapai usia 40 thn atau lebih di sertai dengan badan yang kegemukan juga sangat beresiko terkena penyakit diabetes. Orang yang mengalami diabetes di haruskan rajin berolahraga, pola makan yang sehat dan juga mengonsumsi obat herbal untuk diabetes.

Obat Herbal untuk Diabetes, Obat Herbal Alami untuk Diabetes, Obat Herbal untuk Penyakit Diabetes

1. Kunyit


Kunyit kerap kali di jadikan obat sehingga jika anda menginginkan kunyit untuk di jadikan obat herbal penyembuh diabetes sebaiknya tidak perlu berfikir panjang lagi. Kebanyakan orang-orang wanita memanfaatkan kunyit sebagai pereda nyeri haid, ternyata bukan hanya bermanfaat untuk mengatasi haid.

Melainkan juga dapat mengatasi diabetes, adapun cara aman dan efektif yang di gunakan untuk meramunya dengan merebus 1 rimpang kunyit sebesar 2 jari orang dewasa menggunakan air dengan takaran 4 gelas. Saat proses perebusan garam setengah sendok teh, biarkan air mendidih hingga tinggal setengahnya kemudian saring air untuk di konsumsi 2x sehari. Anda tidak perlu mengonsumsi sebanyak 3x cukup 3x dalam seminggu.

2. Pace atau Mengkudu


Tidak sedikit orang yang menghindari buah pace karena aroma yang di timbulkan tidak sedap tetapi bukan berarti semua orang mengghindari buah ini. Kebanyakan orang memanfaatkan buah mengkudu untuk melemaskan perut. Bukan hanya itu sebenarnya khasiat mengkudu, walaupun baunya terkenal tidak enak namun buah ini besar manfaatnya untuk mengatasi diabetes. Anda dapat memanfaatkan 1 buah mengkudu matang untuk di olah jadikan jus, meminum jus buah mengkudu sebanyak 3x sehari dapat mengatasi kolesterol, anda juga bisa menambahi dengan madu untuk menetralisir bau.

3. Brokoli


Bagi anda yang saat ini mengalami diabetes, sayuran brokoli merupakan solusi yang sagat baik untuk mengatasinya. Brokoli mengandung kromium, dimana senyawa dapat mendorong peningkatan sensivitas insulin dalam tubuh sehingga bermanfaat untk mengendalikan glukosa. Juga factor lain penyebab diabetes.

4. Sawi Hijau


Sayuran ini memiliki kandungan vitamin K yang dapt mengatur protein dan kalsium di dalam tulang. Selain itu sawi hijau juga memiliki kandungan vitamin C yang membant menurunkan kadar kortisol dalam tubh dan mengurangi kadar gula yang tinggi. Diabetes dapat menjadikan saraf lemah, tetapi kandungan alfa lipoic acid dapat menguatakan saraf kembali. Cara pengonsumsiannya, rebus sayur sawi sebentar agar nutrisi dan vitamin tidak tidak hilang, konsumsilah sayur ketika hangat.

5. Kubis


Segala macam kubis dapat di gunakan untuk mengatasi diabetes baik itu kubis merah maupun hijau. Kubis memiliki kandungan vitamin K yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu peroses pembekuan darah dalam tubuh. Cara mengonsumsi kubis untuk di jadikan obat herbal mengatasi diabetes sama seperti cara pengonsumsian di sawi hijau.

6. Wortel


Wortel sangat di percaya untuk mengatasi kesehatan mata, selain dapat menyehatkan mata wortel juga di jadikan sayur pilihan terbaik untuk mengatasi diabetes. Sebenarnya wortel memiliki nilai glikemik indeks yang tinggi di banding sayuran lainnya tetapi serat yang terkandung di dalam wortel mamapu menuerunkan jumlah gula darah dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi wortel secara mentahan setelah di cuci atau dapat juga anda kukus setengah matang, agar baunya tidak terlalu menyengat.

7. Kayu Manis


Sama hal nya dengan kunyit yang telah kita bahas tadi, kayu manis juga dapat di jadikan sebagai obat herbal penyembuh diabetes. Memang kayu manis sangat di percaya oleh orang-orang untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Cara pengonsumsian menggunakan kayu manis ini, masukan 1 sendok kayu manis bubuk ke dalam air panas lalu aduk hingga merata. Kemuudian saring air agar ampas bubuk kayu manis tidak ikut diminum, mengonsumsi saat hangat lebih nikmat.

8. Pare


Pare memang selalu hadir untuk mengatasi berbagai macam penyakit, walaupun rasa yang di berikan pahit. Namun demi kesembuhan penyakit banyak orang-orang yang rela menahan rasa pahit pare agar tubuhnya dapat sehat kembali. Cara mengobati diabetes menggunakan sayur pare tidaklah pahit, kupas kulit dan ambil biji pare kemudian cuci pare sebelum di jus,  setelah di jus pare siap di konsumsi, mengonsumsi pare sebanyak 2x sehari secara rutin  dapat menormalkan gula darah kembali.

9. Jeruk


Walaupun diabetes, tetapi saat mengobati menggunakan buah jeruk pilihlah yang sedikit manis agar anda dapat mengonsumsi dalam jumlah cukup banyak. Jeruk memang terkenal akan kandungan yang kaya dengan vitamin C jadi sangat baik jika di gunakan untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Apabila buah ini di konsumsi secara rutin akan dapat menyembuhkan diabetes mellitus semakin nyata.

10. Ginseng


Ginseng juga merupakan tanaman yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit, tanaman ini asalnya dari Negara Tirai Bambu. Tidak sedikit para ahli herbal yang mengatakan jika ginseng dapat mengatasi penyakit diabetes, tetapi sebaiknya untuk pengosnumsiannya jangan samapi berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Cara penyajiannya, keringkan ginseng sebanyak 10 gram kemudian tumbuk sampai halus, setelah menjadi bubuk seduh menggunakan air panas, aduk hingga rata dan biarkan mengendap, kemudian saring agar bubuk ginseng tidak ikut masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga 21 Obat Penyakit Disentri Paling Ampuh dan Mujarab

10 Obat Herbal untuk Disetri Lainnya:


11. Daun Sirsak
12. Ketan Hitam
13. Daun Mangga
14. Fenugreek
15. Bawang Putih
16. Lidah Buaya
17. Biji Jamblang
18. Daun Sirsak
19. Buah Nanas
20. Buah Cherry

Jadi, apakah anda telah tertarik untu mencoba menjadikan salah satu dari beberapa obat herbal diabetes sebagai penurun gula darah anda. Namun, perlu anda ketahui walaupun mengobati dengan menggunakan obat herbal tetapi juga harus memperhatikan jumlah pengonsumsiannya. Karena apabila jumlah pengonsumsian terlalu banyak juga akan beresiko menjadikan penyakit lain.