Langsung ke konten utama

21 Obat Herbal Sakit Kepala Paling Ampuh

Sakit kepala merupakan gangguan ringan pada kepala dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun meskipun ringan, sakit kepala dapat mengganggu kamu dalam melakukan berbagai aktivitas sehari hari. Salah satu penanganan yang terbilang aman yakni dengan menggunakan obat herbal sakit kepala.

Dengan menggunakan bahan alami yang mudah diambil dari alam tidak akan memakan biaya yang banyak dan sangat efektif untuk mengatasi masalah sakit kepala. Namun sebelum menggunakan, kamu harus tahu bahan apa saja yang dapat digunakan sebagai obat herbal sakit kepala yang sangat ampuh.

Obat Herbal Sakit Kepala, Obat Herbal Alami Sakit Kepala, Obat Herbal Penyakit Sakit Kepala

1. Kunyit


Tanaman ini merupakan salah satu rempah yang sangat populer digunakan sebagai rempah – rempah berbagai masakan. Memanfaatkannya dengan cara yang tepat dapat membantu kamu dalam mengatasi rasa sakit pada bagian kepala. Obat herbal sakit kepala tersebut sejak jaman dahulu telah dipercaya sebagai obat untuk mengatasi pusing secara alami.

2. Madu


Madu merupakan makanan yang diperoleh dari hewan lebah, selain rasanya yang manis dan enak, madu juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari mengonsumsi madu yakni dapat menghilangkan sakit kepala. Namun karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh, banyak produsen madu yang menggunakan madu palsu untuk memperoleh banyak keuntungan. Oleh sebab itu kamu harus bisa membedakan antara madu yang asli dan palsu.

3. Daun encok


Daun encok memang rasanya kurang familiar di telinga masyarakat perkotaan. Biasanya tanaman ini tumbuh di daerah persawahan. Daun encok yang direbus kemudian diminum airnya akan membantu dalam menghilangkan rasa pusing dan sakit kepala. Sesuai dengan namannya, tanaman tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit pinggang tanpa efek samping yang berbahaya.

4. Daun teh


Salah satu obat yang sangat ampuh berikutnya untuk mengobati masalah sakit kepala yaitu daun teh. Cara menggunakannya yaitu dengan menyeduh daun teh yang telah di bersihkan, kemudian minum airnya. Tanpa menggunakan tambahan gula kamu akan merasakan manfaat yang sangat besar dari daun teh.

5. Daun mint


Jika sakit kepala menyerang secara mendadak, langkah yang dapat kamu ambil berikutnya yaitu dengan menggunakan daun mint. Daun ini tentu memang dipercaya dapat mengatasi masalah kesehatan terutama sakit kepala. Kamu dapat meminum ramuan dengan bahan dasar daun mint setiap hari karena tidak akan menimbulkan efek samping yang merugikan.

6. Daun kayu putih


Tidak hanya dapat dibuat minyak oles untuk menghangatkan tubuh. Ternyata daun kayu putih dapat digunakan dengan cara di minum. Cara ini digunakan bermaksud untuk menyembuhkan masalah sakit kepala. Untuk menggunakan kayu putih sebagai obat sakit kepala yaitu dengan merebus beberapa daun kayu putih pada segelas air, kemudian minum airnya selagi masih hangat.

7. Jahe


Jahe memang merupakan bumbu dapur dan sekaligus obat herbal yang serba bisa untuk mengatasi masalah kesehatan. Jahe banyak digunakan orang untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Tumbuhan yang cocok dicampur dengan berbagai jenis minuman ini juga sangat cocok untuk mengobati masalah sakit kepala yang tidak tertahankan.

8. Lemon


Lemon merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C dan serat. Vitamin C tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah. Selain itu buah ini juga dipercaya dapat mengobati migrain dengan cepat.

9. Daun dewa


Daun dewa yang kaya akan manfaat juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan obat untuk menghilangkan rasa pusing yang terjadi secara terus menerus. Kandungan yang melimpah dari tanaman ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif sebagai penyembuh penyakit herpes, kutil, jerawat, kolesterol tinggi, dan lain sebagainya.

10. Kentang


Kentang yang kaya akan karbohidrat ini biasanya banyak dijual dengan cara digoreng atau dijadikan keripik. Selain itu kentang juga memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala alami.

Baca Juga 13 Obat Kram Kaki Tradisional yang Paling Ampuh

11 Obat Herbal Sakit Kepala Lainnya:


11. Pisang
12. Kopi
13. Biji wijen
14. Semangka
15. Jeruk
16. Kacang almond
17. Kangkung
18. Daun jeruk nipis
19. Kacang hijau
20. Cuka sari apel
21. Kulit anyang – anyang

Itulah 21 obat herbal sakit kepala yang dapat kamu coba membuatnya di rumah. Dengan menggunakan obat – obatan herbal tersebut sebagai penyembuh penyakit kepala tidak akan menimbulkan efek samping yang berlebihan pada tubuh.