Langsung ke konten utama

13 Obat Herbal Demam Berdarah yang Sangat Ampuh

Demam berdarah merupakan sebuah penyakit yang paling umum terjadi terhadap masyarakat di Indonesia. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan benar oleh medis. Maka dari itu, diperlukan obat herbal demam berdarah untuk mengobati demam berdarah di rumah.

Ada banyak obat yang bisa digunakan untuk mengobati demam berdarah, seperti obat di apotek dengan resep dokter ataupun obat herbal. Salah satu gejala dari demam berdarah adalah demam yang sangat tinggi disertai dengan bercak berwarna merah pada kulit penderita. Apabila anda mengalami gejala tersebut segera bawa ke dokter untuk penanganan yang benar. Berikut beberapa obat herbal demam berdarah untuk membantu pengobatan.

Obat Herbal Demam Berdarah, Obat Herbal Penyakit Demam Berdarah, Obat Herbal Alami Demam Berdarah

1. Daun Kemangi


Obat herbal demam berdarah yang pertama adalah daun kemangi. Kemangi biasa digunakan untuk pewangi dalam makanan ataupun pelengkap dalam makanan lalapan. Memang rasa daun kemangi tidak terlalu sedap di lidah, tetapi penderita demam berdarah dapat memanfaatkan daun kemangi untuk membantu pengobatan demam berdarah.

2. Daun Pepaya


Siapa yang tidak tahu dengan pepaya. Semua orang di Indonesia pasti sudah mengetahui pepaya. Selain rasanya yang lezat, pepaya juga dapat membantu pencernaan menjadi lancar. Tetapi, khasiat dari daun pepaya dipercaya untuk membantu penyembuhan demam berdarah. Vitamin C dalam pepaya juga dapat membuat sistem imun tubuh jadi lebih kebal.

3. Air Kelapa


Air kelapa memang kaya akan elektrolit dan terbukti dapat membantu untuk memulihkan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa juga dipercaya mampu me detoksifikasi tubuh agar racun dalam tubuh dapat terbuang. Selain itu, air kelapa juga mampu membantu pengobatan demam berdarah.

4. Daun Nimba


Daun nimba merupakan salah satu tanaman yang belum populer di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi cukup diketahui oleh pecinta obat herbal. Karena manfaatnya yang begitu bagus untuk tubuh dan dipercaya mampu mengobati penyakit demam berdarah. Caranya cukup mudah, hanya dengan diseduh di air dan minumlah secara rutin untuk hasil maksimal.

5. Daun Meniran


Daun meniran mungkin jarang anda dengar di kehidupan sehari-hari. Daun meniran ini merupakan salah satu bahan herbal yang dapat anda gunakan untuk membantu menyembuhkan demam berdarah. Caranya cukup mudah, hanya dengan merebus nya dan minumlah sari dari daun meniran ini secara rutin agar penyembuhan bisa dilakukan dengan cepat.

6. Beras Angkak


Beras angkak mungkin terasa asing di telinga para pembaca artikel ini. Tetapi, tahukah anda daun angkak sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dengan khasiat untuk menyembuhkan demam berdarah. Beras angkak dapat membantu tubuh untuk menambah trombosit dalam darah dan itu dapat membantu pengobatan demam berdarah.

7. Daun Fenugreek


Fenugreek sangatlah asing di telinga orang Indonesia. Tetapi, daun ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan khasiatnya yang tak kalah dengan tanaman herbal lainnya. Fenugreek dapat membantu meredakan gejala demam berdarah, yaitu dengan menurunkan demam yang sangat tinggi pada penderita demam berdarah.

8. Jeruk


Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun agar terhindar dari penyakit. Jeruk mengandung antioksidan dan vitamin C yang bisa membantu pengobatan dari demam berdarah. Anda dapat menggunakan jeruk untuk dikonsumsi langsung, ataupun dijadikan jus agar rasanya lebih lezat.

9. Daun ketumbar


Ketumbar merupakan bahan rempah yang digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan di Indonesia. Tetapi, siapa yang tahu bahwa daun dari ketumbar ini memiliki manfaat untuk penyakit demam berdarah. Karena dengan daun ketumbar ini demam dari gejala yang disebabkan oleh demam berdarah dapat diturunkan.

10. Goldenseal


Banyak dari orang-orang mungkin belum familiar dengan bahan herbal yang satu ini. Ya, goldenseal memang belum populer di Indonesia, tetapi bahan herbal ini sangat dipercaya mampu untuk mengobati sakit demam berdarah. Tanaman ini dapat melawan virus yang ada dalam tubuh dan bisa membantu penyembuhan demam berdarah dengan cepat.

Baca Juga 9 Makanan Penyebab Eksim yang Sebaiknya Dihindari

3 Obat Herbal Demam Berdarah Lainnya:


11. Daun Patikan Kebo, obat herbal keluarga
12. Memanfaatkan Daun Pegagan untuk membantu penyembuhan demam berdarah.
13. Jus Delima, ramuan nenek moyang

Itulah beberapa obat herbal demam berdarah untuk membantu pengobatan demam berdarah yang bisa anda lakukan di rumah. Saat anda mengalami gejala dari penyakit demam berdarah, segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat. Apabila tidak nyawa akan menjadi taruhannya.