Langsung ke konten utama

20 Obat Herbal Alami Batu Ginjal Paling Mujarab dan Ampih

Penyakit batu ginjal atau dalam istilah medisnya disebut renal lithiasis adalah suatu kondisi dimana terdapat massa keras seperti batu yang terdapat dalam organ ginjal. Batu ginjal tersebut terbentuk akibat berlebihnya asam dan garam mineral dalam tubuh. Seringkali penderita harus dioperasi untuk mengeluarkan batu ginjal. Untuk penderita yang takut melakukan operasi, bisa menggunakan obat herbal batu ginjal mujarab.

Seseorang bisa memiliki batu ginjal karena berbagai alasan, misalnya kurang air putih, yang menyebabkan urine terkonsentrasi. Mengobati batu ginjal tidak harus menggunakan obat medis karena ada beberapa obat herbal batu ginjal mujarab, sebagaimana di bawah ini.

Obat Herbal Batu Ginjal Mujarab, Obat Herbal Penyakit Batu Ginjal Mujarab, Obat Herbal Alami Batu Ginjal Mujarab

1. Kumis Kucing


Di Indonesia, daun kumis kucing dipercaya sebagai obat herbal batu ginjal mujarab, meskipun sampai saat ini masih belum ada uji klinis langsung terhadap manusia untuk membuktikan efektivitas tanaman ini sebagai obat batu ginjal.

2. Daun Sendok


Tanaman daun sendok, atau Plantago major, ini mengandung senyawa terpenoid yang diduga mampu menghambat pembentukan dan mempengaruhi ukuran kristal kalsium oksalat, bahan dasar batu ginjal.

3. Delima


Baik biji maupun sari delima, keduanya bersifat astringent sehingga dapat mengecilkan ukuran batu ginjal. Cukup dengan mengkonsumsi 1 buah delima utuh beserta bijinya, atau minum segelas jus delima segar. Delima juga dapat dijadikan bahan campuran salad.

4. Meniran Hijau


Tanaman meniran hijau (Phyllanthus niruri) dapat mengurangi ukuran partikel dan agregasi kristal batu ginjal. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak dari meniran hijau dapat mengurangi pembekuan batu ginjal hingga 50%.

5. Ajwain atau Ajowan (Trachyspermum ammi)


Tanaman ini biasanya digunakan untuk menghilangkan nyeri akibat batu ginjal dan batu di saluran kemih. Sejauh ini, sifat diuretik pada tanaman ini dipercaya dapat digunakan dalam berbagai formulasi obat untuk menangani batu ginjal.

6. Blueberry


Buah blueberry mengandung zat antioksidan antosianin yang bersifat anti peradangan sehingga dapat menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri pada pasien batu ginjal. Selain itu, antosianin mampu meningkatkan regenerasi setiap sel tubuh, sehingga dapat memperbaiki kerusakan dan mengembalikan fungsi ginjal.

7. Minyak Zaitun dan Jus Lemon


Untuk meningkatkan asupan air, lemon juga dapat digunakan sebagai campuran dalam membantu memecah batu ginjal. Jus lemon mengandung asam sitrat yang membantu memecah batu berbasis kalsium dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan bersama urine. Campurkan 4 sdm perasan lemon dengan 4 sdm minyak zaitun. Minum ramuan tersebut disertai banyak air putih.

8. Cuka Sari Apel


Seperti halnya lemon, cuka apel juga mampu menghancurkan batu ginjal dan memberikan sifat alkalin pada darah maupun urine. Cara mengkonsumsinya, cukup dengan mencampurkan 2 sdm cuka apel organik dan 1 sdt madu ke dalam 1 cangkir air hangat. Minumlah beberapa kali sehari.

9. Semangka


Batu ginjal yang tersusun dari fosfat, magnesium, karbonat dan kalsium juga bisa diatasi dengan buah semangka. Kandungan potasium dalam buah ini dapat meregulasi dan mempertahankan kadar asam dalam urine. Selain itu, semangka juga kaya air sehingga dapat membantu mengeluarkan batu ginjal dengan mudah. Makan semangka secara teratur setiap hari dapat mencegah batu ginjal.

10. Seledri


Selain dapat membantu meredakan rasa sakit akibat batu ginjal, satu gelas jus seledri mentah juga dapat mengeluarkan toksin yang menjadi salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal. Selain itu, jus seledri juga bersifat diuretik sehingga dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Baca Juga 19 Obat Herbal Alami Penyakit Sinusitis Paling Ampuh

Bila obat herbal batu ginjal mujarab di atas masih juga belum membawa perubahan, mungkin perlu dicoba alternatif obat herbal batu ginjal mujarab berikut sebelum berkonsultasi kepada dokter:

10 Obat Herbal Batu Ginjal Mujarab Lainnya:


11. Kacang Merah
12. Mentimun
13. Daun Alpukat
14. Daun Gempur Batu
15. Daun Dadap
16. Daun Kemangi
17. Saxifraga ligulata
18. Katumpangan Uler
19. Daun Kaji Beling
20. Tanjung

Ada begitu banyak tanaman yang dipercaya sebagai obat herbal batu ginjal mujarab. Namun, sebaiknya jangan asal minum, karena berbagai obat herbal di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Ada baiknya perlu diingat bahwa obat herbal tidak bisa menggantikan prosedur bedah atau terapi medis biasa. Sebelum bertambah serius, atasilah penyakit batu ginjal sedini mungkin.