Langsung ke konten utama

31 Obat Alami Paling Ampuh untuk Asam Lambung Tinggi

Lambung merupakan organ pencernaan yang berfungsi menyimpan makanan. Lambung merupakan tempat berkumpulnya makanan dan cairan yang telah dikunyah. Lambung dapat memproduksi asam yang mengandung asam klorida dan pepsin. Asam itulah yang membantu mencerna makanan. Jika produksi asam berlebih, dapat menyebabkan lapisan mukosa iritasi. Saat kondisi inilah diperlukan obat asam lambung tinggi.

Penyakit asam lambung atau dikenal sebagai maag merupakan penyakit lambung yang terjadi akibat dari beberapa hal mulai dari kurang kontrolnya asupan makanan, obesitas, merokok, Helicobacter pylori, hernia hiatus dan hamil. Di Indonesia sendiri, penyakit asam lambung ini termasuk ke dalam gangguan pencernaan yang banyak diderita. Penderita asam lambung tentu memerlukan obat asam lambung tinggi, sebagai berikut:

Obat Asam Lambung Tinggi, Obat Herbal Asam Lambung Tinggi, Obat Alami Asam Lambung Tinggi

1. Lidah buaya


Obat asam lambung tinggi yang mudah didapat adalah lidah buaya. Tanaman yang sering kita jumpai sebagai penghias taman ini mengandung sifat anti-inflamasi. Kandungan ini baik untuk meredakan gejala asam lambung.

2. Mentimun


Mentimun, buah yang biasa digunakan lalap saat makan ini, baik untuk obat asam lambung tinggi. Hal ini dikarenakan mentimun merupakan golongan sayuran yang rendah lemak dan rendah gula. Sehingga efekttif untuk mengatasi masalah asam lambung.

3. Temulawak


Temulawak adalah bumbu dapur yang sudah lama digunakan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional. Ini membuktikan bahwa temulawak berkhasiat bagi kesehatan. Sifat anti-inflamasi pada temulawak baik untuk mengatasi masalah lambung. Selain itu, konsumsi temulawak juga dapat membatu mengatasi masalah pencernaan lainnya.

4. Gandum


Gandum bukan merupakan sumber karbohidrat yang mungkin sering  anda konsumsi. Faktanya, mengkonsumsi gandum baik untuk mengurangi asam lambung. Gandum yang masuk dalam sistem pencernaan dapat menyerap asam di lambung, sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit asam lambung tinggi.

5. Kayu manis


Kayu manis tidak hanya dikenal sebagai bumbu dapur, namun ternyata efektif mengobati asam lambung tinggi. Kayu manis bersifat anti-jamur, anti-bakteri dan anti radang. Sehingga mengkonsumsi kayu manis dapat juga mengatasi peradangan pada lambung. Keunggulannya, mengkonsumsi kayu manis untuk menurunkan asam lambung diperbolehkan bagi penderita maag, asal dalam taraf yang wajar.

6. Pisang


Pisang adalah buah yang mudah untuk kita dapatkan, untuk itu menggunakan pisang sebagai obat asam lambung tinggi merupakan pilihan yang baik. Pisang memiliki pH 5,6, jadi mengkonsumsi pisang efektif untuk meredakan gejala asam lambung.

7. Apel merah


Pada apel merah terdapat enzim yang dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, buah ini bisa membentuk lapisan basah pada perut dan mengurangi naiknya asam lambung ke kerongkongan. Untuk itu, apel merah dapat menjadi solusi bagi anda yang mengalami gangguan asam lambung tinggi.

8. Jus kentang


Sayur kentang memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah, sehingga dapat mengurangi gejala asam lambung. Lebih dari itu, kandungan alkalin pada kentang juga dapat meredakan kram, mual, kembung yang diakibatkan asam lambung tinggi.

9. Daun cincau


Mengkonsumsi air rebusan daun cincau bermanfaat menurunkan asam lambung. Hal ini terkait adanya sifat inflamasi yang ada pada daun cincau yang baik untuk mengatasi peradangan pada sistem pencernaan.

10. Yogurt


Pada umumnya makanan dengan rasa asam tidak baik untuk penderita asam lambung. Tapi nyatanya tidak dengan yogurt, karena asam pada yogurt bukanlah jenis asam cuka melainkan asam laktat. Dengan mengkonsumsi yogurt dapat mengurangi bakteri dan mengobati luka pada lambung.

Baca Juga 4 Gejala Penyakit Albuminuria yang Perlu Diwaspadai

Masalah asam lambung memang sering dialami, hingga terkadang disepelekan. Namun, apabila asam lambung tinggi menyerang tentu akan menggangu kenyamanan anda dalam beraktivitas. Untuk itu, dua puluh satu bahan dibawah ini juga dapat anda jadikan pilihan untuk mengatasi asam lambung tinggi.

21 Obat Asam Lambung Tinggi Lainnya:


11. Kencur
12. Bawang putih
13. Licorice
14. Madu
15. Meniran
16. Daun kemangi
17. Jahe
18. Peppermint
19. Stroberi
20. Kunyit
21. Baking soda
22. Teh kamomil
23. Biji adas
24. Cuka sari apel
25. Air hangat
26. Lemon dan baking soda
27. Algiant
28. Penghambat pompa proton
29. Penghambat pompa reseptor H2
30. Prokinetik
31. Antasida

Demikian tiga puluh satu obat asam lambung tinggi yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah asam lambung. Jangan membiarkan asam lambung tinggi dengan tidak memberi penanganan dan pengobatan yang benar, karena penyakit dan gangguan kesehatan yang lebih serius dapat mengancam kesehatan anda.