15 Manfaat Mengunyah Permen Karet

Saat sedang merasa bosan, ada beberapa orang yang menghilangkan rasa bosan itu dengan mengunyah permen karet.Permen karet adalah permen yang saat dikunyah memiliki tekstur kenyal dan juga bisa dijadikan gelembung. Permen karet menjadi salah satu makanan yang digemari semua kalangan, baik pria maupun wanita, orang dewasa maupun anak kecil.

Kita selama ini tidak tahu apakah fungsi permen karet. Yang kita tahu hanyalah permen untuk di kunyah-kunyah dan di rasakan manisnya saja setelah itu dibuang. Selain untuk dikunyah dan dirasakan manisnya ternyata permen karet mempunyai manfaat loh. Kira-kira apa saja ya manfaat mengunyah permen karet? Mari kita simak macam-macam manfaat mengunyah permen karet:


1. Dapat Menjadi Olahraga Mulut


Apa iya mengunyah permen karet dapat dijadikan olahraga mulut? Jawabannya adalah ya. Saat kita mengunyah permen karet mulut dan lidah kita terus bergerak. Kita tidak akan berhenti mengunyah sampai rasa manis pada permen karet hilang. Bahkan setelah manisnya hilang kita biasanya masih memainkannya dimulut untuk dijadikan gelembung. Maka dari itu permen karet bisa dijadikan sebagai olahraga mulut.

2. Menetralkan Asam Lambung


Ketika kita mengunyah permen karet, kelenjar ludah kita akan aktif mengeluarkan ludah. Ludah merupakan salah satu basa yang bisa menetralkan asam di lambung. Salah satu solusi yang baik bukan jika kita mengunyah permen karet sekaligus menetralkan asam lambung kita.

3. Melancarkan Aliran Darah


Mengunyah permen karet selama lebih dari tiga puluh menit bisa melancarkan peredaran darah kita, karena mulut kita terus bergerak aliran darah dari mulut kita bisa lancar. Jadi tidak ada salahnya jika kita mengunyah permen karet untuk melancarkan aliran darah kita.

4. Menyegarkan Bau Mulut


Ada berbagai macam varian rasa permen karet yang kita temukan di pasaran. Salah satunya adalah rasa buah. Aroma buah itu bisa menyegarkan bau mulut kita. Jika kita mengunyah permen karet maka bau mulut kita akan segar dan wangi.

5. Mencegah Adanya Karang Gigi


Sisa makanan yang tertinggal didalam mulut setelah makan dan bercampur dengan ludah bisa menyebabkan karang gigi. Mengunyah permen karet setelah makan bisa dijadikan cara untuk mencegah terbentuknya karang gigi. Sisa makanan yang ada di dalam mulut akan terbawa dengan permen karet.

6. Melegakan Hidung Tersumbat Saat Flu


Apakah ada hubungan permen karet dengan hidung? Memang tidak ada hubungannya. Jika lkita mengunyah permen karet rasa mint saat kita sedang terkena flu, hidung kita merasa bolong tidak tersumbat lagi.

7. Meningkatkan Konsentrasi


Konsentrasi kita dapat meningkat saat kita mengunyah permen karet. Hal ini terjadi karena pada saat kita mengunyah permen karet, aliran sel darah merah kita ke otak lebih lancar. Sehingga kita lebih mudah untuk berkonsentrasi. Jika kalian penasaran silahkan mencobanya.

8. Menghilangkan Rasa Mengantuk


Saat sedang mengunyah permen karet jantung kita akan berdetak lebih kencang sehingga mata kita akan lebih terjaga. Ini bisa dilakukan oleh para penjaga malam, agar mereka tidak mengantuk konsumsilah permen karet selama berjaga. Ini juga bisa dilakukan para siswa yang sedang mengerjakan tugas dan diharuskan bergadang untuk menyelesaikan tugasnya.

9. Melegakan Tenggorokan


Ketika kita sedang batuk, tenggorokan kita terasa sedikit tidak nyaman karena banyak dahaknya. Ada berbagai macam varian rasa dalam permen karet, salah satunya rasa herbal. Mengunyah permen karet herbal rasa jahe bisa melegakan tenggorokan kita saat sedang batuk. Tetapi kita tidak boleh terlalu banyak memakannya karena bisa membuat batuk kita semakin parah dan menjadi-jadi.

10. Mencegah Gigi Keropos


Para ahli percaya bahwa mengunyah permen karet dapat membersihkan enamel gigi kita. Dengan begitu mengunyah permen karet dapat membantu mencegah gigi kita keropos.

Baca Juga: 15 Bahaya Mandi Air Hangat Untuk Tubuh

5 Manfaat Mengunyah Permen Karet yang Lainnya:


11. Mencegah Gigi Berlubang
12. Mengurangi Resiko Radang Gusi
13. Mencegah Kanker Pada Mulut
14. Mengurangi Resiko Mulut Kering
15. Membuat Pikiran Senang

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat mengunyah permen karet. Selama ini kita berpikir permen karet hanyalah permen biasa. Bahkan kita malas makan permen karet karena takut akan tertelan. Tetapi ingat semua yang berlebihan itu tidak akan membawa kita pada kebaikan. Jika terlalu banyak konsumsi permen karet justru tidak baik untuk gigi kita, gigi kita akan keropos karena gula dalam permen karet tersebut.

Loading...
Loading...