Langsung ke konten utama

15 Bahaya Memakai Lensa Kontak untuk Kesehatan Mata

Gaya hidup yang tidak sehat seperti memainkan hp terlalu dekat,  membaca sambil tiduran dan membaca di tempat gelap membuat mata kita menjadi rusak. Sehingga kita harus menggunakan kaca mata untuk membantu mata kita melihat dengan jelas. Tetapi tidak semua orang berkenan memakai kacamata. Seperti halnya para publik figur. Karena pekerjaan mereka tidak memungkinkan mereka memakai kacamata.

Mereka akhirnya beralih pada softlens atau lensa kontak untuk membantu mereka melihat.
Softlens memang sangat praktis,  karena kita tidak perlu berat-berat memakai kacamata untuk bisa melihat. Tentu saja dalam memakai soflens kita harus tau aturan pakainya. Dan kita juga harus memperhatikan kualitas lensa kontak itu. Ternyata jika tidak di gunakan dengan cara yang baik, lensa kontak akan menimbulkan bahaya. Bahaya memakai lensa kontak untuk kesehatan adalah sebagai berikut:



1. Merusak Kornea Mata


Tahukah kamu bahwa bahaya memakai lensa kontak ternyata bisa menyebabkan kita jadi mengalami kerusakan kornea mata. Jika kornea rusak, maka kita berpotensi mengalami kebutaan. Sebenarnya, kacamata lebih disarankan digunakan dibanding kornea. Sebab, kacamata tidak langsung kontak atau menyentuh mata. Sedangkan lensa kontak alias softlens ini kan langsung bersentuhan dengan kornea mata. Maka memang sangat bahaya dan beresiko!

2. Menyebabkan Iritasi Mata


Iritasi mata bisa terjadi sebagai akibat dari penggunaan lensa kontak. Iritasi ini bisa sangat menyiksa kita karena akan membuat mata jadi merah, berair, perih dan pegal. Rasanya ingin mengucek-ngucek, namun kalau dikucek, bisa membuat kita jadi makin parah iritasinya. Dalam kondisi begini, penggunaan obat tetes mata kadang tidak begitu membantu.

3. Mengalami Infeksi Mata


Infeksi mata bisa terjadi sebagai akibat dari penggunaan lensa kontak. Tahukah kamu bahwa infeksi bisa menjadi salah satu penyebab dari kebutaan total pada mata. Jika matamu sudah kemerahan dan perih karena softlens ini, maka kamu harus segera mengobatinya. Jangan dibiarkan saja karena kalau dibiarkan, maka matamu bakal mengalami kerusakan loh!

4. Memicu Kebutaan Permanen


Bahaya memakai lensa kontak dapat memicu kebutaan permanen pada mata. Jangan sampai lah mata kita buta, padahal tujuan penggunaan softlens ini kan supaya tidak buram lagi melihat. Tapi kalau ternyata soft lens alias lensa kontak ini membuat kita jadi buta, maka sebaiknya hentikan saja penggunaannya. Toh, masih ada kacamata yang akan membantu melihat.

5. Mata Mudah Berair


Memakai lensa kontak akan membuat mata kita mudah berair. Seperti selalu menangis. Reaksi keluarnya uluh atau air mata ini karena memang mata terasa perih. Tidak semua merk lensa kontak itu nyaman dipakai, makanya kita mesti jeli dalam memilih mana yang paling cocok. Kalau mata berair ini tak kunjung pulih, maka sebaiknya hentikan saja penggunaan softlens nya.

6. Mata Mudah Merah


Selain berair, mata kita juga bakalan mudah merah. Mata merah ini terjadi sebagai efek dari menempelnya lensa kontak langsung pada bola mata kita. Merah juga kadang mengindikasikan telah terjadi iritasi dan peradangan serius. Kalau merahnya sudah sangat parah, ini bisa juga menjadi pertanda telah terjadi pendarahan di balik kornea mata.

7. Rasa Pegal dan Mengganjal di Mata


Rasa pegal dan mengganjal juga akan kita rasakan. Pegal dan mengganjalnya ini bukan sesuatu yang mudah hilang begitu saja. Bisa berhari-hari bahkan bertahun-tahun, bilamana kerusakannya memang sudah sangat parah sekali.

8. Terkena Glukoma


Glukoma terjadi karena adanya peradangan dan penegangan otot mata. Sehingga bola mata tertohok keluar seperti akan copot saja. Pernah ada kasus di mana seorang model cantik yang selama ini menggunakan softlens, mendadak dirinya mengalami kebutaan karena kena glukoma akibat penggunaan softlens ini.

9. Rentan Mengalami Tumor dan Kanker Mata


Tumor dan kanker mata bisa saja terjadi sebagai akibat dari memakai softlens.

10. Mata Terasa Panas dan Terbakar


Bahaya memakai lensa kontak selanjutnya adalah mata terasa panas dan terbakar. Inginnya ditetesi terus dengan obat tetes mata, padahal penggunaan obat tetes mata secara terus-menerus sangatlah tidak baik.

Baca Juga: 15 Manfaat Chemical Peeling untuk Kulit Wajah

5 Bahaya Memakai Lensa Kontak yang Lainnya:


11. Mudah Mengantuk
12. Susah Fokus
13. Penglihatan Makin Kabur
14. Minus Mata Bertambah
15. Kebutaan Total

Menggunakan softlens memang simple dan membuat mata kita menjadi cantik karena bola mata kita menjadi berwarna biru,  hijau dan sebagainya.  Tetapi jika tidak di gunakan dengan baik maka akan membahayakan mata kita. Kita juga harus memperhatikan penyimpanan softlens.  Pastikan softlens kita simpan di tempat yang bersih, agar softlens tetap bersih dan mata kita aman saat memakainya.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …