Langsung ke konten utama

15 Manfaat Senam Pagi untuk Kesehatan

Senam adalah suatu olahraga dan juga suatu hiburan. Senam bisa dilakukan di rumah,  di sekolah,  maupun di tempat fitnes. Dari kecil kita pasti sudah diajarkan senam,  baik oleh orang tua maupun oleh guru saat kita di taman kanak-kanak. Senam ada bermacam-macam jenis. Seperti senam lantai,  senam aerobik,  senam kesegaran jasmani dan lain-lain.  Semua orang bisa melakukan senam.

Senam biasanya dilakukan di pagi hari.  Hal ini karena badan kita masih segar dan  fresh saat masih pagi. Senam Pagi dilakukan karena pasti ada manfaatnya.  Berikut ini adalah manfaat senam pagi untuk kesehatan:


1. Melenturkan Otot


Manfaat senam pagi bisa melenturkan otot kita. Dengan senam pagi, otot-otot seluruh badan akan diregangkan dan otomatis jadi lentur. Segala gangguan persendian dan nyeri otot akan sembuh bilamana kita rutin senam. Untuk jenis senamnya bisa macam-macam kamu pilih, dari aerobik sampai poco-poco juga boleh.

2. Menyehatkan Jantung


Senam pagi bisa menyehatkan jantung kita. Dengan senam, maka kita akan memiliki jantung yang kuat dan sehat. Jantung yang demikian akan menjadi modal bagi kita menjalani kehidupan berkualitas yang jauh dari unsur sakit. Apalagi jantung kan merupakan organ vital yang fungsinya sungguh sangat banyak sekali guna menunjang kehidupan.

3. Mencegah Gangguan Paru-Paru


Manfaat senam pagi akan membuat kita bebas dari gangguan paru-paru. Pernafasan kita akan diperbaiki dan segala keluhan yang berhubungan dengan sesak nafas dan paru-paru bisa sembuh. Ini tentu sangat menguntungkan untuk kita. Dan memberikan kita vitalitas yang luar biasa. Sebab, pernafasan ibarat pintu kehidupan.

4. Melancarkan Peredaran Darah


Dengan melakukan senam pagi, kita juga akan memiliki darah yang lancar peredarannya. Ini akan sangat baik sekali untuk tubuh. Darah yang lancar alirannya memberikan efek kesehatan yang melimpah untuk kita. Selain itu, kita juga akan terbebas dari segala macam penyakit metabolisme darah dan energi.

5. Membuat Otak Fresh


Otak juga menjadi fresh. Dalam berpikir kita akan menjadi lebih jernih dan mudah. Banyak ide brillian akan muncul. Dan hidup kita benar-benar akan berubah rasanya. Otak fresh ini akan meningkatkan prestasi kita. Dan takkan membuat kita jadi orang yang bodoh dan susah mikir.

6. Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk


Suasana hati yang baik adalah dambaan banyak orang. Banyak orang rela membayar mahal demi suasana hati yang baik. Tahukah kamu bahwa untuk menciptakan suasana hati yang baik ternyata cukup dengan melakukan senam pagi. Kamu bisa melakukannya sendiri atau mengikuti kelompok pelatihan senam rutin yang biasanya menjamur di kota-kota pada hari minggu.

7. Mencegah Gangguan Ginjal


Ternyata manfaat senam pagi juga akan mencegah kita dari gangguan ginjal. Memang gangguan ginjal itu sangat fatal dampaknya. Gagal ginjal akan sangat menyiksa karena akan buat kita diharuskan cuci darah rutin. Padahal cuci darah biayanya mahal.

8. Membantu Hati dalam Mendetoksifikasi Racun


Khasiat senam pagi akan membantu hati kita dalam mendetoks racun. Orang yang senang melakukan senam, maka tubuhnya bisa bebas dari racun dan radikal bebas penyebab penyakit. Ini tentu saja sangat baik sekali buat kesehatan tubuh.

9. Membuat Awet Muda


Senam pagi akan membuat kita jadi awet muda. Tahukah kamu bahwa jika kita awet muda, maka kita akan memiliki daya tarik tersendiri. Kita akan mudah dalam segala urusan. Terutama soal jodoh dan karir. Ini tentunya sangat menggembirakan bagi kita.

10. Mencegah Kanker


Mencegah kanker juga menjadi salah satu keutamaaan dan manfaat dari senam pagi. Orang yang rutin menjalani senam pagi, maka dirinya akan bebas dari kanker. Segala macam jenis kanker bisa terhalau dari tubuh kita. Silahkan buktikan sendiri manfaat ini!

Baca Juga: 15 Bahaya Duduk Terlalu Lama

5 Manfaat Senam Pagi untuk Kesehatan yang Lainnya:


11. Membuat Nafas Jadi Lega
12. Memperpanjang Angka Harapan Hidup
13. Mencegah Jatuh Sakit
14. Meregangkan Otot dan Tulang yang Kaku
15. Membuat Kulit Jadi Halus dan Cantik

Senam pagi ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Jadi luangkan waktumu di pagi hari untuk melakukan senam pagi. Ini akan membuat tubuhmu lebih bugar dan semangat.  Jika begitu kamu akan semangat juga dalam memulai aktivitas rutin sehari-hari.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …