15 Bahaya Mandi Air Hangat Untuk Tubuh

Kebanyakan orang yang sedang sakit atau orang yang merasa kedinginan memanjakan diri kita dengan mandi air hangat. Karena pasti menganggap mandi air hangat bisa menghangatkan tubuh kita yang sedang kedinginan. Apalagi sekarang banyak water heater yang dijual di toko elektronik.

Mungkinkah mandi menggunakan air hangat berefek buruk untuk tubuh kita ? Jika kita telusuri justru mandi air hangat justru berefek tidak baik atau membahayakan untuk tubuh kita. Apa saja bahaya mandi air hangat? Berikut ini adalah bahaya mandi air hangat untuk tubuh:

 

1. Melebarnya Pori-Pori Kulit


Air hangat mempunyai suhu lebih tinggi sehingga jika terkena kulit akan menyebabkan pori-pori kulit melebar. Walaupun sifatnya hanya sementara. Saat pori-pori melebar justru angin akan lebih mudah masuk kedalam tubuh kita. Bukan malah kita tambah merasa jangan tetapi justru kita akan merasa kedinginan seteleh mandi. Jadi mandi air hangat sebenarnya kurang baik untuk kesehatan.

2. Kulit Menjadi Keriput


Suhu tinggi pada air panas dapat membuat kulit kita dari melar, dan jika terkena dengan udara maka kulit akan jadi keriput. Jika kita tidak mau kulit kita keriput permanen, maka kita tidak boleh terlalu sering mandi air hangat. Atau bisa juga seusai mandi air hangat kita siram badan kita dengan air yang dingin.

3. Mudah Jatuh Sakit


Pori-pori yang melebar karena terkena suhu tinggi dari air hangat dapat menyebabkan angin masuk ke tubuh kita. Jadi kita akan lebih mudah  sakit jika terlalu sering mandi menggunakan air hangat.

4. Mengalami Penuaan Dini


Di usia muda kita tidak boleh sering mandi air hangat. Hal ini terjadi karena mandi air hangat dapat membuat kita mengalami penuaan dini. Penuaan dini ini terjadi karena keriput yang disebabkan air hangat ini dapat menimbulkan garis garis penuaan di tubuh kita.

5. Kulit Melepuh


Kulit di tubuh kita memiliki suhu maksimum. Jika kita mandi ait hangat dengan suhu lebih dari suhu maksimum kulit kita, maka kulit akan menjadi melepuh. Sangat sakit bukan? Maka sebaiknya jika memanaskan air jangan sampai terlalu panas atau melebihi suhu maksimum kulit. Kecuali kalau kita mau kulit kita melepuh.

6. Mudah Masuk Angin


Saat kita mandi air hangat, pori-pori kulit kita akan melebar. Hal ini menyebabkan angin di luar mudah masuk ke tubuh kita. Jika ini terjadi tubuh kita akan mengalami masuk angin. Jika kamu tidak ingin masuk angin sebaiknya mandi saja dengan air suhu normal.

7.  Badan Terasa Gerah


Bagi beberapa orang mandi air hangat membuat badan menjadi gerah. Apa lagi saat musim panas.  Suhu badan kita meningkat setelah mandi air hangat, dan ditambah dengan suhu lingkungan yang panas. Hal ini akan membuat kita merasa gerah dan juga tidak nyaman.

8. Nyeri Kepala


Menyiram kepala dengan air hangat saat mandi air hangat akan terjadi perubahan suhu yang drastis pada kepala kita. Pori-pori kulit kepala pun membesar. Dan kepala akan terasa nyeri karena perubahan suhu itu.

9. Badan Tidak Segar


Ketika musim panas, suhu udara pun ikut meningkat. Rasanya kita ingin mandi berkali-kali, dengan air hangat karena sudah menjadi kebiasaan. Mandi air hangat saat badan kita sedang gerah membuat tidak nyaman. Jika kita memaksakan diri untuk mandi air hangat justru akan membuat badan kita jadi tidak segar.

10. Kulit Terasa Kering


Mengapa bisa kulit terasa kering? Hal ini terjadi karena saat kita mandi air hangat, kulit kita akan mudah terkelupas. Karena kulit terkelupas saat badan kita sudah di handuk dan kering, kulit yang terkelupas itu menjadi kering. Biasakan diri kita mandi air dengan suhu normal agar kita tidak mengalami hal ini.

Baca Juga:  15 Bahaya Menaruh Tanaman di Dalam Rumah

5 Bahaya Mandi Air Hangat Untuk Tubuh yang Lainnya:


11. Mudah Bau Badan
12. Kejang otot
13. Kulit Terkelupas
14. Mengalami Alergi di Sekujur Tubuh
15. Peradangan Pada Kulit

Demikian macam-macam bahaya mandi air hangat. Ternyata ada banyak sekali kerugian yang akan kita alami jika kita terlalu sering mandi menggunakan air hangat. Jangan biasakan diri untuk mandi air hangat. Jika dalam keadaan yang sehat sebaiknya kita menghindari saja mandi dengan air hangat.

Loading...
Loading...