Langsung ke konten utama

30 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Alami

Banyak jenis makanan sehat untuk penderita diabetes yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darahnya. Menjadi seseorang dengan penyakit diabetes memang tidak mudah. Penyakit ini menjadikan seseorang tidak bisa mengonsumsi semua makanan secara sembarangan. Jika makanan yang dikonsumsi mengandung gula yang cukup banyak, maka sudah bisa dipastikan jika penyakitnya hanya akan bertambah parah di dalam tubuh.

Makanan sehat untuk penderita diabetes tidaklah sulit untuk ditemukan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan olahan yang akan Anda konsumsi. Beberapa campuran olahan bahan makanan terkadang menjadikan makanan tersebut mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan jauh dari gejala penyakit diabetes.

30 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Alami

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa makanan sehat
untuk penderita diabetes yang alami yang perlu Anda ketahui.

1. Buah berry


Konsumsi buah berry dengan teratur seperti buah acar berry akan membuat penderita diabetes lebih sehat. Kandungan gula dalam buah ini sangat aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai kadar gula dalam darah yang tinggi.

2. Bayam


Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran selain bayam. Selain sehat untuk penderita diabetes, bayam juga mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia dan melancarkan aliran darah di tubuh Anda.

3. Yoghurt


Pilihlah jenis yogurt yang mengandung lemak dengan kadar yang lebih rendah. Kandungan nutrisi yang ada dalam yogurt akan menyehatkan tubuh serta mencegah kolesterol jahat menyerang tubuh Anda.

4. Minyak zaitun


Minyak yang satu ini merupakan jenis minyak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Penderita diabetes dapat mengonsumsi minyak zaitun untuk mencegah kadar gula dalam darahnya naik.

5. Beras merah


Konsumsi beras merah tentunya lebih baik dari beras putih biasa. Beras merah tidak mengandung banyak karbohidrat sehingga tubuh Anda tidak akan menerima kandungan gula berlebih. Jenis beras ini juga aman untuk Anda yang berdiet.

6. Bawang putih


Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai salah satu sumber bahan makanan sehat bagi penderita diabetes. Kandungan alami dan senyawa unik dalam bawang ini akan mencegah naiknya kadar gula di dalam tubuh Anda.

7. Oatmeal


Konsumsi oatmeal setiap hari akan menyehatkan jantung dan juga melancarkan aliran darah. Makanan yang satu ini juga aman dan sehat untuk penderita diabetes karena tidak mengandung banyak gula.

8. Gandum


Selain beras merah, Anda sebaiknya juga memperhatikan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lainnya. Anda dapat mengkombinasikan gandum dengan makanan lainnya agar tubuh Anda tidak mengalami gejala diabetes yang parah.

9. Ikan tuna


Jangan ragu untuk mengonsumsi jenis ikan laut, contohnya ikan tuna. Selain mengandung protein serta omga 3 yang baik untuk tubuh, ikan ini juga mengandung banyak nutrisi yang mampu mencegah diabetes.

10. Kacang merah


Kandungan protein dan nutrisi yang ada dalam kacang merah sangat aman untuk penderita diabetes. Sebaiknya Anda mengonsumsi kacang ini dengan cara direbus agar nutrisi di dalamnya tidak hilang.

Baca Juga: 10 Makanan Rendah Kolesterol Jahat untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa makanan sehat untuk penderita diabetes yang alami lainnya. Berikut ini 20 jenis makanan lainnya:

20 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Alami Lainnya


11. Buah naga
12. Belimbing wuluh
13. Jambu air
14. Apel hijau
15. Buah pepaya
16. Taoge
17. Kangkung
18. Pare
19. Ubi jalar
20. Alpukat
21. Cuka apel
22. Lidah buaya
23. Ketela pohon
24. Ikan sarden
25. Apel
26. Sereal
27. Susu rendah lemak dan gula
28. Kentang
29. Ikan salmon
30. Ikan tuna

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang makanan sehat untuk penderita diabetes yang alami yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.