25 Jenis Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

Jenis makanan rendah kalori yang mengenyangkan tubuh sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin gemuk namun tetap merasakan kenyang. Kalori merupakan salah satu jenis nutrisi yang berguna dalam memberikan tubuh Anda sumber tenaga sehingga tubuh Anda tidak kekurangan energi untuk beraktivitas. Kalori yang masuk ke dalam tubuh jika tidak dibakar dengan baik akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan kelebihan berat badan.

Anda pasti sering kebingungan ketika mengonsumsi makanan berkalori agar tetap bertenaga namun tidak ingin mempunyai berat badan berlebih. Jangan khawatir karena masih banyak jenis makanan yang kandungan kalorinya rendah yang tetap dapat membuat Anda kenyang tidak merasa lapar sama sekali. Makanan rendah kalori ini bisa tetap membuat Anda kenyang tanpa harus mengonsumsi makanan yang lebih banyak lainnya.

25 Jenis Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan rendah kalori yang mengenyangkan yang perlu Anda ketahui.

1. Telur


Jenis makanan pertama yang rendah kalori dan dapat mengenyangkan tubuh Anda yaitu telur. Telur mengandung protein yang cukup untuk kesehatan tubuh Anda dan juga dapat mengenyangkan perut tanpa memicu nafsu makan berlebih.

2. Kentang


Gantilah konsumsi nasi biasa dengan kentang. Kentang mengandung kalori yang tidak banyak namun cukup membuat Anda merasa kenyang. Kandungan nutrisi lainnya dalam kentang juga dapat menyehatkan tubuh Anda.

3. Yogurt


Mulailah konsumsi yogurt setiap hari. Yogurt tidak mengandung banyak kalori dan lemak berlebih sehingga tidak akan membuat Anda gemuk. Makanan ini juga dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih cepat.

4. Kacang merah


Jenis kacang yang rendah kalori namun tetap membuat Anda kenyang yaitu kacang merah. Kacang ini mengandung banyak mineral dan juga protein tumbuhan alami yang akan memberikan kesehatan pada tubuh.

5. Apel


Buah apel ternyata juga mengandung kalori yang rendah. Konsumsi satu buah apel ukuran sedang saja sudah banyak membuat Anda merasa kenyang. Anda bisa mengganti konsumsi nasi di pagi hari dengan buah apel.

6. Oatmeal


Oatmeal sudah sering menjadi makanan yang disarankan bagi Anda yang mempunyai gejala resiko penyakit jantung. Makanan ini juga tidak mengandung banyak kalori namun membuat Anda tidak merasa lapar berlebihan.

7. Semangka


Konsumsilah buah semangka jika Anda ingin tetap ngemil yang sehat dan mengenyangkan. Buah ini mengandung kalori yang rendah, vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, dan juga air yang dapat mengatasi kekurangan cairan di dalam tubuh.

8. Sup


Olahan makanan yang tidak mengandung banyak kalori yaitu sup. Anda dapat membuat berbagai jenis olahan sup dengan menggunakan bahan-bahan menyehatkan seperti sayur. Sup tetap membuat Anda kenyang tanpa memicu kegemukan.

9. Salad


Jangan lupakan konsumsi salad. Jika Anda tidak ingin mengonsumsi makanan dengan berlebihan, Anda dapat mengonsumsi salad karena salad tidak memiliki kandungan kalori yang banyak. Anda pun akan merasa kenyang dengan nyaman.

10. Seafood


Berbagai macam makanan seafood dibuat dengan bahan hewan laut yang lebih banyak mengandung protein. Walaupun seafood mengenyangkan dan rendah kalori, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi makanan ini dengan berlebihan.

Baca Juga: 12 Bahaya Konsumsi Jengkol Mentah untuk Tubuh

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan rendah kalori yang mengenyangkan lainnya. Berikut ini 15 jenis makanan lainnya:


15 Jenis Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan Lainnya


11. Alpukat
12. Brokoli
13. Kacang kedelai
14. Kacang tanah
15. Kacang edamame
16. Kacang polong
17. Jagung
18. Gandum utuh
19. Jelly
20. Ubi jalar
21. Stroberi
22. Pisang
23. Pepaya
24. Blueberi
25. Kacang almond

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan rendah kalori yang mengenyangkan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Loading...