Langsung ke konten utama

9 Makanan Penyebab Eksim yang Sebaiknya Dihindari

Eksem merupakan sebuah penyakit pada kulit yang ditandai dengan rasa gatal yang mengganggu pada permukaan kulit penderita eksem. Gejala tersebut tidak berlangsung lama, tetapi biasanya hilang tiba-tiba dan akan muncul secara tiba-tiba. Anda harus menghindari beberapa makanan penyebab eksim agar dapat terhindar dari penyakit eksim.

Penyakit eksim bersifat penyakit yang disebabkan oleh alergi dan biasanya berjangka waktu sangat lama. Seseorang apabila memiliki alergi terhadap beberapa hal, maka sebaiknya menghindari untuk makan makanan penyebab eksim. Pada umumnya seorang pengidap alergi akan mudah terkena eksim. Berikut akan kami rangkum beberapa makanan penyebab eksim yang harus anda hindari ataupun dijaga asupannya dalam batas wajar agar tidak mengakibatkan penyakit.

Makanan Penyebab Eksim, Makanan Penyebab Penyakit Eksim, Makanan Penyebab Penyakit Kulit Eksim

1. Kacang


Makanan penyebab eksim yang pertama adalah kacang. Kacang mengandung protein nabati yang tinggi dan berguna untuk kebutuhan nutrisi harian tubuh. Tetapi dibalik semua itu, kacang mampu memicu terjadinya eksim pada kulit. Kacang dapat mengakibatkan ruam dan gatal pada kulit yang berujung eksim, selain itu kacang juga akan membuat masalah pada kulit.

2. Susu


Susu sudah dikenal akan manfaatnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan kalsium dalam susu dapat membantu kepadatan tulang. Selain itu, sus juga bisa memicu alergi pada tubuh dan menyebabkan ruam dan gatal yang berujung eksim. Susu juga dapat membuat gangguan pada pencernaan yang menyebabkan mual, kembung dan muntah. Selain itu, susu juga memiliki kolesterol yang tinggi dan perlu dijaga asupannya sesuai batas wajar.

3. Kerang


Makanan lain yang dapat menyebabkan eksim adalah kerang. Karena memang tidak sedikit orang yang menggemari makanan laut yang satu ini. Maka dari itu, perlu dijaga asupannya agar terhindar dari alergi yang disebabkan. Alergi moluska disebabkan oleh kerang dan jenisnya seperti tiram dan remis.

4. Telur


Telur mengandung protein yang sangat tinggi dan berguna bagi tubuh untuk membangun otot-otot dalam tubuh. Tetapi, telur harus dijaga asupannya agar tidak membuat penyakit kulit eksim dan berakhir tuam serta gatal pada kulit. Sebaiknya jaga asupan telur agar kesehatan kulit terjaga dari eksim. Telur juga bisa menyebabkan alergi dan berakhir eksim pada penderita.

5. Kepiting


Makanan laut yang satu ini memang digemari karena rasanya yang sangat lezat. Tetapi, kepiting apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan alergi yang menyebabkan ruam dan gatal sehingga berujung eksim. Alergi yang disebabkan adalah alergi Crustacea, dan seseorang yang mengalami alergi crustacean juga akan mengalami alergi pada udang dan lobster.

6. Ikan


Kandungan protein dalam ikan akan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, ikan akan memicu alergi untuk tubuh yang berakibat gatal dan ruam pada kulit dan berujung eksim. Maka tetap jaga asupan ikan anda untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan terhindar dari alergi.

7. Kedelai


Kedelai memiliki segudang manfaat untuk tubuh dan bisa menjadi pengganti susu sapi. Selain itu, kedelai juga akan berakibat buruk untuk menyebabkan alergi pada tubuh. Dalam kedelai terkandung phytoestrogen yang sangat tinggi yang dapat mengganggu kesehatan perut, usus dan lambung. Kedelai juga mengandung vitamin E yang sangat tinggi, tetapi ada beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kedelai berlebih.

8. Tepung Terigu


Makanan dengan bahan dasar tepung terigu juga perlu dijaga asupannya agar tidak memicu terjadinya eksim pada kulit. Kandungan utama pada tepung terigu bisa menjadi alergen pada tubuh. Tak hanya berakibat pada penyakit eksim, tepung terigu juga tidak baik untuk kesehatan pencernaan terutama usus karena kandungan zat tepung yang tinggi.

9. Daging


Daging merupakan makanan yang sangat mainstream di kalangan masyarakat saat ini. Dengan kandungan gizi dalam daging yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mencukupi nutrisi harian maka daging akan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dengan batas wajar. Apabila dikonsumsi berlebihan, maka daging akan menyebabkan alergi dan mengakibatkan kulit mengalami ruam dan gatal yang berujung eksim.

Baca Juga 14 Obat Tradisional Epilepsi yang Paling Direkomendasikan

Itulah beberapa makanan penyebab eksim yang harus anda hindari untuk kesehatan kulit anda dan terhindar dari penyakit eksim pada kulit anda. Sebaiknya anda segera periksakan pada dokter spesialis kulit saat anda mengalami gejala eksim yaitu gatal pada kulit. Sehingga tidak beresiko menjadi lebih parah.