10 Gejala Positif dan Negatif Penyakit Skizofrenia bagi Kesehatan

Gejala skizofrenia merupakan suatu gejala gangguan mental yang tergolong kronis dan menyebabkan penderitanya mengalami berbagai macam tingkah laku yang tidak wajar. Gejala skizofrenia dibagi menjadi dua kategori, yaitu positif dan negatif. Seseorang yang mengalami gejala skizofrenia positif akan mengalami seperti delusi, halusinasi, dan gangguan pada pola pikir.

Namun jika seseorang menderita gejala skizofrenia negatif mereka akan merasakan kurangnya motivasi, emosi cenderung datar, dan pola tidur yang berubah. Gejala skizofrenia positif dan negatif merupakan masing-masing gejala yang berbeda. Untuk itu, disini akan dijelaskan gejala skizofrenia, baik itu gejala skizofrenia positif ataupun skizofrenia negatif.

Gejala Skizofrenia, Gejala Penyakit Skizofrenia, Gejala Positif dan Negatif Skizofrenia

Gejala positif


Gejala positif skizofrenia atau sering disebut gejala akut. Seseorang yang menderita gejala skizofrenia positif akan memiliki pikiran dan juga indera penderita yang tidak biasa. Berikut inilah gejala skizofrenia positif.

1. Halusinasi


Gejala positif penyakit skizofrenia yang pertama adalah halusinasi. Gejala halusinasi akan membuat seseorang merasakan beberapa hal yang terasa sangat nyata padahal hal tersebut sebenarnya tidak ada sama sekali. Gejala ini terjadi pada saat panca indera seseorang terangsang oleh sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Contoh dari gejala halusinasi ini seperti mendengarkan suara atau merasakan sentuhan yang sebenarnya tidak ada.


2. Delusi


Delusi menjadi gejala lainnya dari penyakit skizofrenia. Gejala ini akan membuat seseorang merasa memiliki keyakinan yang sangat kuat terhadap sesuatu hal tanpa adanya dasar yang jelas. Hal inilah yang membuat seseorang tetap teguh pada pendiriannya meskipun bukti-bukti menyatakan hal yang sebaliknya. Contoh dari gejala delusi ini adalah seseorang yang sedang berpikir bahwa ada orang yang mengendalikan perilaku dan juga pikirannya.

3. Perilaku terlihat aneh


Perilaku terlihat aneh juga menjadi salah satu gejala skizofrenia positif. Perilaku aneh terlihat seperti berpakaian dengan cara yang tidak wajar dan cenderung aneh serta sering menangis atau tertawa secara tiba-tiba tanpa adanya sebab yang jelas.

4. Gangguan pada pola pikir


Selain perilaku yang terlihat aneh, gejala positif penyakit skizofrenia akan mengalami gangguan pada pola pikirnya. Gangguan pola pikir atau gangguan pikiran mencakup beberapa gejala seperti cara bicara yang cenderung tidak teratur, sering berbicara pada diri sendiri, dan selalu berhenti berbicara secara tiba-tiba.

5. Pikiran kacau dan perubahan perilaku


Seseorang yang mengalami gejala skizofrenia positif akan merasa pikirannya kacau dan mengalami perubahan perilaku. Pada gejala ini seseorang akan sulit berkonsentrasi dan pikirannya seperti melayang-layang tidak tentu arah sehingga kata-kata mereka menjadi membingungkan. Misalnya, mereka menjadi sangat gelisah atau mulai berteriak-teriak dan memaki tanpa alasan.

Gejala negatif


Gejala negatif skizofrenia menggambarkan hilangnya sifat dan kemampuan dalam diri orang yang normal. Seperti:

1. Emosi cenderung datar


Gejala negatif skizofrenia yang pertama adalah emosi seseorang yang cenderung terlihat datar. Pada gejala ini seseorang biasanya tidak bisa mengalami kesenangan tidak memiliki emosi terhadap berbagai macam kondisi yang ada di sekitarnya.

2. Kurangnya motivasi


Gejala negatif lainnya dari skizofrenia adalah kurangnya motivasi. Seseorang akan Kehilangan minat dan motivasi dalam segala aspek hidup, termasuk minat dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

3. Berpikir dan bergerak dengan lamban


Berpikir dan bergerak dengan lamban juga menjadi gejala yang sangat umum dialami oleh penderita skizofrenia. Seseorang yang mengalami gejala ini mereka akan merasa sangat sulit berkonsentrasi sehingga berpikir mereka sangat lamban.

4. Penarikan sosial


Gejala skizofrenia juga dapat menyebabkan penarikan sosial atau perilaku seseorang yang menjadi sangat tertutup. Pada kondisi ini penderita biasanya akan sangat dingin, egois, terasing dari orang lain, dan merasa tidak nyaman ketika berada di dekat orang lain.

5. Pola tidur yang berubah


Pola tidur yang berubah dan terlihat aneh menjadi salah satu gejala negatif skizofrenia. Terkadang gejala ini sulit dikenali orang lain karena biasanya berkembang di masa remaja sehingga orang lain hanya menganggapnya sebagai fase remaja.

Baca Juga 8 Efek Samping Melakukan Operasi Amandel bagi Kesehatan

Itulah gejala skizefronia. Sangat penting untuk mengenali gejala-gejala skizofrenia seperti di atas. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri anda ke dokter untuk mencegah terjadinya penyakit skizofrenia yang semakin berdampak buruk bagi kesehatan. 

Loading...
Loading...