Langsung ke konten utama

16 Gejala Darah Tinggi di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Darah tinggi tidak hanya dialami oleh orangtua, bahkan penyakit ini bisa terjadi pada orang yang usianya lebih muda. Banyak gejala darah tinggi di usia muda yang sering diabaikan seperti mimisan, sering haus, wajah merah, dan lain sebagainya.

Selain beberapa gejala yang sudah disebutkan, terdapat gejala lainnya yang dapat menyebabkan darah tinggi di usia muda. Berikut inilah gejala darah tinggi di usia muda yang penting anda ketahui.

Gejala Darah Tinggi di Usia Muda, Gejala Penyakit Darah Tinggi di Usia Muda, Gejala Dampak Darah Tinggi di Usia Muda

1. Wajah memerah


Gejala pertama darah tinggi di usia muda yaitu wajah yang memerah. Hal ini disebabkan ketika seseorang masih dalam usia yang muda dan terkena gejala darah tinggi, biasanya wajah akan cenderung berubah menjadi kemerahan. Kondisi ini akan biasa terjadi jika darah tinggi sedang kambuh.

2. Mimisan


Mimisan juga menjadi gejala darah tinggi di usia muda. Ketika anda merasa kelelahan maka mimisan akan terjadi sehingga akan terjadi pendarahan yang keluar dari hidung. Namun, anda harus tetap waspada karena mimisan tanpa diduga akan rentan dengan gejala darah tinggi yang sering terjadi pada usia muda. Untuk itu, sebaiknya anda tidak terlalu memforsir diri untuk melakukan banyak kegiatan.

3. Sering haus


Sering haus atau dehidrasi akan menyebabkan seseorang bisa beresiko dengan gejala darah tinggi. Sering haus diketahui sebagai bahaya dehidrasi di mana tubuh kekurangan asupan cairan. Jika kondisi ini terjadi disertai dengan rasa pusing dan gangguan tidur maka anda bisa memeriksakan diri untuk melihat tekanan darah anda.

4. Sering mengantuk


Sebagian orang akan mengaggap jika sering mengantuk karena kurang tidur. Padahal anggapan tersebut belum tentu benar adanya. Sering mengantuk juga bisa menjadi ancaman gejala darah tinggi di usia muda. Hal ini dikarenakan pada saat kekurangan darah anda akan merasa lemas dan sering mengantuk sehingga membuat anda ingin selalu tidur.

5. Mudah lelah


Mudah lelah dapat disebabkan karena terlalu banyak beraktivitas. Namun, tahukah anda jika tubuh yang mudah lelah juga dapat menjadi gejala darah tinggi di usia muda. Maka dari itu untuk mencegahnya sebaiknya anda tidak terlalu memaksakan diri untuk melakukan benyak aktivitas yang akan membuat tekanan darah anda naik sehingga rentan dengan resiko darah tinggi.

6. Tubuh lemas


Selain mudah lelah, gejala darah tinggi di usia muda juga menjadikan tubuh terasa lemas. Jika anda sering mengalami tubuh lemas disertai dengan beberapa gejala seperti sering mengantuk dan sakit kepala maka kemungkinan anda mengalami ggejala darah tinggi di usia muda.

7. Lebih sensitif


Lebih sensitif dalam artian anda akan sering mengalami perubahan emosi. Kondisi ini akan terjadi ketika darah tinggi sedang kambuh. Biasanya anda akan kesulitan mengontrol emosi sehingga emosi anda menjadi tidak stabil dan meletup-letup. Ini menjadi gejala yang sangat umum dirasakan bagi penderita darah tinggi.

8. Sering sakit kepala


Gejala darah tinggi di usia muda juga ditandai dengan sering sakit kepala. Jika anda merasa sakit kepala bisa saja dianggap sebagai efek dari stres dan tekanan dari kegiatan sehari-hari. Namun, sakit kepala yang terlalu sering muncul menandakan ada yang tak beres pada tubuh anda. Selain itu, asupan makanan yang berlemak dan asin bisa membuat tekanan darah anda naik sehingga anda akan mudah pusing.

9. Tidak bisa tidur dimalam hari


Jika anda merasa tidak bisa tidur dimalam hari bisa saja anda mempunyai gejala darah tinggi di usia muda. Kurang tidur bisa menyebabkan kualitas kesehatan anda menurun, dan membuat tekanan darah anda menjadi tidak stabil. Untuk itu, tidak bisa tidur dimalam hari sangat rentan dengan gejala darah tinggi.

10. Vertigo


Seringkali vertigo dan sakit kelapa memiliki gejala yang sama. Padahal hal ini sangatlah berbeda. Vertigo menjadi salah satu gejala tekanan darah tinggi sehingga kalau anda merasakan pusing yang berputar-puta maka segera cek tekanan darah anda.

Baca Juga 15 Gejala Usus Turun yang Perlu Diwaspadai

Selain terdapat 10 gejala darah tinggi di usia muda, ada 6 gejala lainnya yang bisa menyebabkan darah tinggi di usia muda, Seperti:

6 Gejala Darah Tinggi di Usia Muda Lainnya:


11. Pingsan
12. Telinga berdengung
13. Gangguan penglihatan
14. Sulit berkonsentrasi
15. Malas berolahraga
16. Pola makan tidak sehat

Itulah gejala darah tinggi di usia muda. Untuk mencegah agar darah tinggi tidak sampai terjadi di usia muda maka anda tidak boleh stres dan melakukan banyak kegiatan agar tekanan darah anda tidak mudah naik dan tidak menyebabkan penyakit. Selain itu, anda juga dapat melakukan tes darah untuk mengatahui tekanan darah anda.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …