Langsung ke konten utama

20 Efek Buruk Sabu-Sabu untuk Kesehatan Tubuh

Pengaruh serta efek buruk sabu-sabu untuk kesehatan tubuh tidaklah sedikit karena kandungan senyawanya dapat merusak tubuh Anda. Sabu-sabu merupakan jenis narkoba yang bentuknya serbuk berwarna putih. Banyak pengguna narkoba yang memiliki lebih banyak sabu-sabu dibandingkan dengan jenis narkoba lainnya. Sabu-sabu digunakan dengan cara dihisap seperti menghisap sebatang rokok yang kegiatannya disebut dengan nyabu.

Sama seperti jenis narkoba lainnya, sabu-sabu akan memberikan dampak negative bagi penggunanya. Hampir semua jenis narkoba akan menyebabkan kecanduan yang berlebihan dengan energi yang berlebihan pula. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh Anda mengalami banyak gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan ini bisa berupa gangguan psikologis maupun ganggun fisik yang terjadi pada organ di tubuh.

20 Efek Buruk Sabu-Sabu untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan efek buruk sabu-sabu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Gelisah


Efek buruk dari konsumsi sabu-sabu yang pertama yaitu merasa gelisah yang berlebihan. Rasa gelisah akan membuat pikiran menjadi tidak tenang. Efek jangka panjanganya yaitu muncul kecemasan yang juga berlebihan.

2. Cemas


Pengguna sabu-sabu akan sering merasakan kecemasan yang tidak mempunyai dasar. Pikiran meraka akan dipenuhi dengan semua hal yang dikhawatirkan dengan belebihan. Akibatnya, akan muncul banyak gangguan psikis.

3. Depresi


Konsumsi sabu-sabu sangat ampuh untuk membuat penggunanya jadi depresi berat. Hal ini akan memicu gangguan jiwa yang menyebabkan penggunanya menjadi gila dan sering melakukan hal-hal diluar normal.

4. Kecanduan


Sama seperti konsumsi narkoba yang lainnya, sabu-sabu juga akan membuat Anda kecanduan. Sekali Anda mengonsumsi barang terlarang ini, maka Anda akan merasa ingin mengonsumsi terus menerus setiap hari.

5. Paranoid


Pengguna sabu-sabu juga akan mengalami rasa ketakutan yang tinggi atau sering disebut dengan paranoid. Seseorang yang mengonsumsi sabu-sabu biasanya tidak memiliki banyak keberanian dalam hidup sehingga mereka memutuskan untuk mengonsumsi barang haram ini.

6. Menurunnya kesadaran


Kesadaran pengguna sabu-sabu akan cenderung menurun dan tidak bisa beraktivitas dengan benar. Tubuhnya pun akan sering merasa lemas jika telah mengonsumsi narkoba ini dalam jangka waktu yang cukup lama.

7. Mood tidak stabil


Tekanan psikis yang dialami oleh pengguna sabu-sabu membuat moodnya cenderung tidak stabil. Hasilnya, pengguna narkoba ini akan mudah marah karena hal-hal yang sepele dan tidak bisa berpikir dengan lebih jernih.

8. Mudah tersinggung


Pengguna sabu-sabu juga akan lebih mudah tersinggung dari biasanya karena moodnya yang tidak stabil. Efek ini tentunya tidak baik untuk psikis otak dan pikirannya karena penggunanya akan lebih mudah marah dan emosi.

9. Halusinasi


Banyak pengguna sabu-sabu yang mengalami halusinasi ketika sudah sering mengonsumsi narkoba ini. Mereka akan sering membayangkan banyak hal yang tidak masuk diakal sehingga rasa ketakutan dan cemas pun selalu muncul dalam pikiran.

10. Naiknya tekanan darah


Mood yang tidak stabil pada pengguna sabu-sabu juga diakibatkan oleh naiknya tekanan darah yang cukup tinggi. Kenaikan tekanan darah tidak hanya akan membuat penderitanya mengalami darah tinggi, namun juga mood yang tidak stabil.

Baca Juga: 22 Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk sabu-sabu untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 10 efek buruk lainnya:

10 Efek Buruk Sabu-Sabu untuk Kesehatan Tubuh Lainnya


11. Detak jantung tinggi
12. Sesak nafas
13. Batuk
14. Infeksi paru-paru
15. Kanker paru-paru
16. Rusaknya konsentrasi
17. Mual dan muntah
18. Kekurangan nutrisi
19. Imunitas tubuh menurun
20. Stroke

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk sabu-sabu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.