Langsung ke konten utama

12 Cara Penularan Hepatitis yang Perlu Diwaspadai

Hepatitis adalah cikal bakal dari kanker hati. Dengan berbagai cara penularan hepatitis, penyakit ini dapat merusak organ hati yang berfungsi sebagai penetral racun dan sistem pencernaan makanan dalam tubuh yang mengurai sari-sari makanan untuk kemudian diedarkan ke seluruh organ tubuh yang sangat penting bagi manusia.

Penyakit hepatitis dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Hepatitis dapat terjadi pada bayi, anak-anak, orang dewasa dan orang tua. Jenis hepatitis yang banyak terjadi dan dialami oleh penduduk Indonesia adalah hepatits B. Cara penularan hepatitis umumnya adalah sebagai berikut:

Cara Penularan Hepatitis, Cara Penularan Penyakit Hepatitis, Penularan Hepatitis

1. Darah yang sudah terkontaminasi


Cara penularan hepatitis yang pertama adalah melalui darah yang sudah terkontaminasi. Hepatitis B dapat ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui darah. Darah yang telah terkontaminasi oleh penyakit ini bisa masuk melalui tubuh seseorang melalui transfusi darah. Ketika darah yang tidak sehat masuk, secara otomatis dapat langsung menginfeksi orang tersebut.

2. Dari ibu ke anaknya


Penularan hepatitis yang rentan terjadi lainnya adalah dari ibu ke anaknya. Kasus yang tersering terjadi adalah, seorang ibu yang diketahui positif mengidap penyakit hepatitis akan menularkan penyakit tersebut pada janin yang di kandungnya. Penularan jenis ini disebut penularan jenis vertikal.

3. Peralatan salon


Peralatan salon juga dapat menjadi penyebab anda tertular hepatitis. Peralatan salon tentu digunakan oleh setiap orang yang datang untuk menggunakan jasa tempat tersebut. Apabila salah satu alatnya tidak steril, contohnya jarum yang tidak dalam kondisi baru, terkena darah seseorang yang positif hepatits, maka apabila peralatan tersebut digunakan pada tubuh anda, anda akan rentan terjangkit penyakit ini pula.

4. Mengkonsumsi sayur dan buah yang dicuci menggunakan air terkontaminasi


Anjuran untuk mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi memang ramai digalakkan. Hal ini untuk mencegah adanya virus ataupun zat kimia lain yang menempel pada lapisan kulit buah. Namun, berhati-hatilah dengan air yang anda gunakan, karena air yang terkontaminasi hepatitis dapat menjadi penyebab anda juga mengidap hepatitis. Ini banyak terjadi pada lingkungan yang kumuh, kotor dan memiliki sanitasi air yang buruk.

5. Berhubungan intim


Berhubungan intim tanpa menggunakan pengaman dapat menjadi pemicu terkena hepatitis. Untuk seseorang yang berganti-ganti pasangan penyakit ini rentan tertular melalui cairan yang masuk ke dalam tubuh saat berhubungan intim. Baik melalui air liur ataupun cairan sperma.

6. Mengkonsumsi kerang mentah


Mengkonsumsi makanan mentah lazim dilakukan orang di berbagai negara. Sebenarnya,  mengkonsumsi kerang mentah tidaklah baik untuk kesehatan. Ini dikarenakan kerang mentah sering kali menjadi inang dalam penyebaran penyakit hepatitis tipe A.

7. Peralatan untuk menindik dan tato


Peralatan tindik dan tato diharuskan dalam keadaan steril, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa peralatan tersebut telah digunakan oleh orang lain, tanpa diganti yang baru. Peralatan yang langsung dikenakan pada jaringan kulit ini tentu beresiko tinggi untuk menularkan hepatitis dari satu orang yang orang yang lain.

8. Peralatan dokter/rumah sakit


Peralatan dokter atau rumah sakit dapat menjadi penyebab seseorang untuk tertular penyakit tertentu. Untuk itu, berbagai peralatan yang digunakan untuk menangani pasien harus dalam keadaaan steril, guna menghindari penularan pada orang lain, termasuk untuk penyakit hepatitis.


9. Penggunaan barang yang sama


Untuk anda yang sering mengundang teman datang ke tempat anda dan menggunakan peralatan pribadi anda seperti bantal, handuk atau bahkan alat cukur, berhati-hatilah terhadap penularan hepatitis B. Pada alat cukur misalnya, yang rentan adanya darah menempel karena tidak sengaja pisau cukur melukai kulit, dapat menularkan penyakit tersebut apabila peralatan tersebut langsung anda gunakan.

10. Tidak menjaga kebersihan diri


Tidak hanya berhati-hati pada seseorang yang terjangkit penyakit hepatitis, anda juga harus memperhatikan kebersihan diri anda juga. Mencuci peralatan dapur ataupun kamar mandi dapat anda lakukan untuk mencegah anda tertular hepatitis.

Baca Juga 5 Cara Penularan Rabies yang Perlu Diwaspadai

Hepatitis memiliki beberapa tipe seperti A,B,C dan D. Keempat jenis tipe hepatitis tersebut sangat berbahaya bila masuk dan menginfeksi ke dalam tubuh. Untuk itu, anda perlu waspada pada berbagai hal yang menyebabkan anda dapat mengidap penyakit ini. Dua hal berikut ini juga dapat menjadi pemicu anda terserang hepatitis

2 Cara Penularan Hepatitis Lainnya


11. Makanan serta minuman
12. Mengkonsumsi makanan laut yang terkonsumsi limbah

Sebagai salah satu penyakit kronis yang dapat membahayakan jiwa, tampaknya anda harus ekstra hati-hati untuk tidak terjadi penularan hepatitis pada diri anda. Berbagai cara penularan hepatitis perlu anda waspadai dan kalau perlu untuk dijahui sebagai bentuk pecegahan untuk tidak tertular penyakit ini.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …