16 Cara Mudah Mencegah Penyakit Toxoplasma

Dalam dunia medis, toxoplasma sering disebut sebagai virus kucing. Sebenarnya, istilah yang tepat adalah parasit darah. Penelitian di dalam maupun di luar negeri, 70% penyebab penyakit ini dalah kotoran kucing. Kemudian melalui hewan lain yang menempel dalam makanan, lalu masuklah ke dalam tubuh manusi dan menyatu dalam darah. Untuk itu, perlu diketahui cara mencegah toxoplasma.

Cara mencegah toxoplasma bisa melalui hewan penyebab penyakit itu sendiri, yaitu kucing, melalui pola hidup manusia, atau melalui tindakan medis. Berikut adalah beberapa cara mencegah toxoplasma yang perlu diketahui.

Cara Mencegah Toxoplasma, Cara Mencegah Penyakit Toxoplasma, Tips Cara Mencegah Toxoplasma

1. Vaksin TORCH


TORCH adalah singkatan dari Toxoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Ibu hamil dianjurkan untuk mengambil vaksin ini guna memastikan keamanan kehamilan dan janin yanh dikandungnya.

2. Memberi Makan Kucing Makanan Kering


Jika Anda memiliki kucing di rumah, cara mencegah toxoplasma yang perlu Anda lakukan adalah dengan membiasakan memberi makan makanan kering untuk kucing Anda. Makanan kering seperti Whiskas yang banyak dijumpai akan membuat kotoran kucing tidak terlalu basah sehingga mengurangi terjangkitnya parasit toxoplasma.

3. Menjaga Kesehatan Peliharaan


Secara periodik, periksakan kucing Anda ke dokter hewan terpercaya.  Tes laboratorium untuk toxoplasma biasanya menggunakan antibody dari darah kucing. Kucing yang terinfeksi toxoplasma harus diberi obat, biasanya berupa antibiotic clyndmicin.

4. Hindari Memelihara Kucing Liar


Secara ilmiah memang telah dibuktikan bahwa memiliki dan memelihara kucing baik untuk kesehatan pemilik dan mengurangi penyakit darah tinggi. Namun, sekalipun Anda seorang ailurofilia, atau pecinta kucing, sebaiknya Anda tidak sembarangan memungut kucing liar, karena Anda tidak benar-benar tahu bagaimana kondisi kesehatan kucing tersebut.

5. Cegah Kucing untuk Memburu Mangsanya Sendiri


Masyarakat Mesir Kuno adalah orang-orang yang pertama menyadari potensi kucing sebagai pemburu tikus.  Namun, agar kucing peliharaan Anda tidak terkena infeksi dan parasit penyebab toxoplasma, cegah kucing Anda untuk berburu mangsanya sendiri, apalagi jika sampai ke luar rumah.

6. Mengenakan Masker Penutup Hidung dan Sarung Tangan


Anda dianjurkan untuk tidak mengadakan kontak langsung dengan kandang maupun kotoran binatang peliharaan. Mintalah orang lain untuk membersihkannya. Jika Anda ingin membersihkannya sendiri, pakailah masker penutup hidung dan sarung tangan. Setelah selesai, cucilah tangan Anda sampai bersih. Jangan lupa untuk membersihkan kandang kucing setiap hari.

7. Menutup Bak Pasir yang Biasa Dimainkan Anak-Anak


Jika Anda memiliki bak pasir tempat bermain anak-anak Anda di rumah, jangan pernah lupa untuk menutup bak tersebut selepas anak-anak bermain, apalagi jika Anda juga mempunyai kucing peliharaan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kucing membuang kotoran di bak pasir yang akhirnya rentan menyebarkan parasit toxoplasma.

8. Mengenakan Sarung Tangan ketika Berkebun


Jika Anda hobi berkebun, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan khusus berkebun agar dapat melindungi tangan dari parasit toxoplasma. Tanah yang terkontaminasi toxoplasma melalui kotoran kucing adalah sumber infeksi yang potensial. Selesai berkebun, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda.

9. Cuci Peralatan Dapur sesudah Mengolah Daging Mentah


Semua peralatan masak harus dicuci sampai bersih saat Anda selesai mengoah daging mentah. Daging yang mentah berpotensi menjadi tempat hidup dan berkembangbiak parasit serta jenis kuman lainnya yang membahayakan tubuh. Peralatan yang digunakan untuk mengolahnya pun kemungkinan tidak terbebas kuman.

Oleh karenanya, cucilah peralatan masak sebersih mungkin dengan sabun khusus cuci piring terbaik. Anda juga sebaiknya mencuci kembali semua peralatan sebelum digunakan untuk memasak lagi agar lebih menghindarkan Anda dari segala bentuk penyebaran infeksi dan penyakit.

10. Makan Makanan Bergizi


Cara mencegah toxoplasma yang paling mudah adalah hanya dengan makan makanan bergizi. Hal yang baik jika Anda mulai berdiet dan memperhatikan asupan makanan agar apa yang Anda konsumsi tiap hari adalah makanan bergizi dan bernutrisi tinggi. Dengan melakukan hal tersebut, dengan sendirinya imunitas tubuh akan terjaga dengan baik sehingga Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

Tubuh yang sehat tenru merupakan dambaan setiap orang. Hadirnya toxoplasma tentu akan mempengarui aktifivitas Anda. Untuk menghindarinya, selain kesepuluh hal di atas, cara mencegah toxoplasma lain yang dapat Anda lakukan adalah:

6 Cara Mencegah Toxoplasma Lainnya:


11. Cuci Tangan sebelum dan sehabis Makan
12. Cuci Bahan Makanan sebelum Diolah
13. Hindari Konsumsi Daging Mentah
14. Hindari Konsumsi Daging Setengah Matang
15. Hindari Konsumsi Susu Kambing Non-Pasteurisasi
16. Masak Daging secara Sempurna

Baca Juga 16 Dampak Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Tubuh

Dengan menjaga kebersihan kucing dan kandangnya, serta menjaga kesehatan Anda sendiri, toxoplasma akan menjauhi Anda. Segeralah konsultasikan ke dokter bila Anda kemungkinan terinfeksi parasit toxoplasma akibat binatang peliharaan di rumah. Namun, cara mencegah penyakit toxoplasma di atas perlu juga Anda lakukan untuk semakin meminimalisasi penyebaran parasit toxoplasma.

Loading...
Loading...