Langsung ke konten utama

8 Bahaya Senyawa Etanol untuk Kesehatan Tubuh

Saat ini waktunya Anda mengatahui adanya bahaya senyawa etanol untuk kesehatan tubuh jika senyawa ini digunakan dalam makanan. Etanol merupakan jenis senyawa yang tergolong dalam alcohol. Senyawa yang satu ini sering digunakan untuk melakukan proses pengolahan fermentasi makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti buah, gandum, dan juga beras. Etanol juga banyak kita temui dalam bentuk wine, bir, dan arak.

Beberapa hasil makanan dan minuman yang dibuat dari bahan etanol merupakan jenis makanan yang cukup banyak dikonsumsi. Selain membuat mabuk, senyawa ini juga dapat membuat tubuh Anda mengalami beberapa efek samping. Sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi makanan dan minuman dengan bahan etanol yang tinggi jika tidak ingin terjangkit banyak gangguan kesehatan yang membahayakan tubuh.

8 Bahaya Senyawa Etanol untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya senyawa etanol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Hilangnya kesadaran


Senyawa etanol jika dikonsumsi akan membuat Anda hilang kesadaran. Jenis senyawa yang satu ini efeknya hampir sama seperti alcohol yang membuat Anda mabuk dan membuat kesadaran diri Anda menurun.

2. Mual


Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak etanol juga akan membuat perut Anda terasa mual. Kandungan gas dalam senyawa ini akan membuat pencernaan Anda penuh dengan gas sehingga memicu rasa mual.

3. Sakit kepala


Beberapa gejala senyawa etanol yang akan menyerang tubuh juga akan mempengaruhi kesehatan bagian kepala. Kepala Anda akan terasa sakit dan terasa ditusuk jarum. Efek ini sama seperti efek yang ditimbulkan oleh tubuh.

4. Rusaknya jaringan tubuh


Konsumsi etanol terus menerus akan membuat senyawa di dalamnya masuk ke dalam jaringan tubuh Anda. Jika hal ini terus berlanjut, maka jaringan di tubuh Anda akan mengalami banyak kerusakan.

5. Gangguan ginjal


Jangan sepelekan rasa sakit pada bagian ginjal Anda. Ginjal yang terasa sakit dan tidak berfungsi dengan baik bisa jadi merupakan gejala efek samping dari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung etanol.

6. Gangguan hati


Tidak hanya bagian ginjal saja, organ hati Anda juga akan mengalami banyak gangguan kesehatan jika mengonsumsi senyawa etanol berlebihan. Fungsi organ hati akan mengalami banyak penurunan dan membuat racun di dalam tubuh Anda menjadi mengendap.

7. Keracunan


Kandungan etanol yang terlalu banyak pada makanan tentu saja akan membahayakan kesehatan tubuh Anda. Anda bisa mengalami keracunan dan mengalami gejala keracunan seperti pusing, mual, dan juga muntah.

8. Kanker


Bahaya jangka panjang yang akan ditimbulkan senyawa etanol pada tubuh yaitu kanker. Kanker merupakan penyakit yang muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya dengan mengonsumsi terlalu banyak makanan dengan kandungan senyawa tertentu.

Baca Juga: 62 Bahaya Penyedap Rasa Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya senyawa etanol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.