Langsung ke konten utama

10 Bahaya Nikotin Rokok untuk Kesehatan Tubuh

Peringatan konsumsi rokok lebih ditekankan pada bahaya nikotin rokok yang akan menyerang tubuh Anda. Nikotin merupakan salah satu zat kimia yang terdapat pada rokok. Selain nikotin, rokok juga mengandung senyawa lainnya seperti karbon monoksida dan juga tar. Masih banyak senyawa berbahaya lainnya yang terdapat pada rokok jika benda yang satu ini dibakar dan mengeluarkan asapnya ke udara. Nikotin tidak hanya membahayakan perokok aktif, namun juga perokok pasif.

Nikotin yang ada dalam rokok jika terlalu lama masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit sampai dengan penurunan fungsi organ di dalam tubuh. Rokok dengan kandungan nikotinnya juga bekerja seperti alkohol, membuat penggunanya ingin terus menggunakan atau mengkonsumsinya. Nikotin juga berbahaya untuk anak-anak serta ibu hamil yang mengandung janin.

10 Bahaya Nikotin Rokok untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya nikotin rokok untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kecanduan


Kandungan nikotin pada rokok akan membuat penggunanya merasakan kecanduan. Seperti yang Anda lihat saat ini. Perokok aktif yang hampir setiap hari menggunakan rokok akan merasa tidak nyaman ketika tidak menggunakan rokok dalam sehari saja.

2. Kanker paru-paru


Penyakit kanker paru-paru akan lebih banyak menyerang perokok aktif yang sering menggunakan rokok. Kandungan nikotinnya merupakan penyebab munculnya kanker pada paru-paru di tubuh Anda.

3. Hipertensi


Nikotin juga dapat memicu penyakit darah tinggi atau sering disebut dengan hipertensi. Penyakit ini membuat tekanan darah seseorang cenderung naik. Hasilnya, mood dan emosional penderitanya akan cenderung tidak stabil.

4. Penyakit jantung


Penggunaan rokok yang terlalu sering dengan kandungan nikotinnya akan membuat Anda mengalami penyakit jantung. Jantung akan mengalami banyak penurunan fungsi dan mudah diserang penyakit.

5. Diabetes


Nikotin yang terdapat dalam rokok yang Anda gunakan setiap hari dapat menimbulkan penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh naiknya kadar gula dalam tubuh, terutama dalam darah.

6. Keguguran


Ibu hamil yang sedang mengandung tidak diperkenankan untuk menghirup asap rokok, apalagi untuk menggunakannya. Hal ini akan membuat ibu hamil mengalami keguguran. Bahaya ini sebaiknya lebih diperhatikan oleh para suami yang sedang menanti buah hati.

7. Bayi cacat lahir


Jika seorang ibu hamil sering menghirup asap rokok yang mengandung nikotin, maka besar kemungkinan bayi yang dilahirkan bisa mengalami cacat lahir. Kandungan nikotin rokok mampu merusak pertumbuhan janin ketika masih berada di dalam tubuh sang ibu.

8. Berat badan menurun


Banyak pengguna rokok yang mengalami penurunan berat badan dengan drastic karena menggunakan rokok hampir setiap hari. Nikotin sering membuat nafsu makan berkurang sehingga berat badan pun menurun.

9. Otot tubuh melemah


Gejala gangguan kesehatan tubuh yang juga akan menyerang Anda ketika menjadi perokok aktif dan pasif yaitu melemahnya otot tubuh. Otot Anda akan menjadi lebih kaku dan tidak bisa berfungsi dengan lebih baik.

10. Batuk


Pengguna rokok sering mengalami batuk yang cukup parah. Hal tersebut disebabkan oleh asap rokok yang sering masuk ke dalam saluran pernapasan dan paru-paru. Kandungan nikotin rokok dapat merusak tenggorokan dan juga salurannya ke paru-paru Anda.

Baca Juga: 5 Bahaya Konsumsi Nitrosamine untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya nikotin rokok untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.