Langsung ke konten utama

15 Bahaya Menyentuh Layar HP Terlalu Lama

Handphone memiliki perkembangan yang sangat pesat.  Kini hampir semua orang memiliki handphone touchscreen atau layar sentuh. Karena zaman sekarang komunikasi sudah tidak perlu menggunakan surat lagi, tetapi cukup menggunakan handphone canggih. Tidak hanya itu semua informasi bisa kita dapatkan menggunakan handphone. Handphone ini juga bisa di gunakan untuk bermain game,  menonton film,  dan sebagainya.

Pecandu game dan pecandu sosial media mereka akan memainkan handphonenya dalam waktu yang lama. Bahkan saat sudah asik mereka bisa seharian penuh bermain handphone. Menyentuh layar HP terlalu lama sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.  Berikut ini adalah bahaya menyentuh layar HP terlalu lama:



1. Pergelangan Tangan Jadi Kaku


Tahukah kamu bahwa menyentuh layar HP terlalu
lama bisa menyebabkan pergelangan tangan jadi kaku. Orang yang terbiasa menyentuh layar HP dan memainkan ponsel dalam waktu lama ini akan memiliki pergelangan yang sering ngilu. Ini akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari! Maka sebaiknya hentikan segera kebiasaan ini!

2. Jari Tangan Jadi Pecah-Pecah


Menyentuh layar HP terlalu lama akan membuat jari jadi pecah-pecah. Maklum, sebenarnya ponsel itu mengeluarkan radiasi panas yang akan menyebabkan kulit jadi mengering. Ketika kulit kehilangan kelembabannya dan mengering inilah, yang akhirnya membuatnya jadi pecah-pecah. Kita akan mendapati kulit seringkali berganti alias mengelupas, sering sekali.

3. Kena Sindrom Carpal Tunnel


Sindrom carpal tunnel adalah gangguan yang menyebabkan tulang carpal atau sekitar jempol tangan jadi pegal dan membengkak. Sindrom ini seringkali dialami oleh perempuan. Karena kaum hawa memiliki frekuensi menggunakan tangan yang amat banyak dalam sehari. Gangguan saluran carpal ini harusnya dioperasi supaya sembuh.

4. Perkembangan Kuku Jadi Melambat


Perkembangan kuku kita juga bisa melambat sebagai efek dari menyentuh layar HP terlalu lama ini. Meskipun kuku tidak digunakan dalam menyentuh ponsel touchscreen, namun ternyata radiasi yang dipancarkan di layar sentuh ponsel pintar ini akan membuat pertumbuhan kuku jadi terhambat. Namun ada pula orang yang reaksinya berbeda, yaitu malah kukunya jadi gampang sekali memanjang.

5. Ujung Jari Lecet-Lecet


Bahaya menyentuh layar HP selanjutnya adalah bisa menyebabkan ujung jari kita jadi lecet-lecet. Ini karena memang yang dipakai untuk menyentuh layar adalah ujung-ujung jari. Tidak ada cara khusus untuk menangani lecet ini, karena percuma diobati jika masih saja sering menyentuh touchscreen, maka bakal lecet lagi. Untuk itu, kita perlu mengurangi pemakaian HP saja. Dan jika sudah lecet, maka kamu bisa oleskan obat merah atau minyak zaitun.

6. Jari Jemari Terasa Kaku


Terlalu lama menyentuh layar HP juga akan menyebabkan jari-jemari kita jadi kaku. Ini karena biasanya ketika kita memaikannya, maka kita perlu memegang atau mencengkram ponsel dalam waktu lama. Inilah yang bahaya dan bakal cepat membuat kita lelah dan kaku. Jari berasa pegal.

8. Pegal Pada Jari


Pegal pada jari disebabkan karena cengkraman pada HP yang terlalu lama itu. Untuk itu, kita jangan kelamaan deh megang HP. Apalagi menggeser-nggeser touchscreennya. Karena efeknya akan sangat mengerikan loh! Pegalnya susah sembuh dan menetap, kecuali kamu mau rehat dalam waktu lama untuk tidak pakai HP. Misalnya selama sebulan.

9. Area Jari, Punggung dan Telapak Tangan Jadi Menggelap


Punggung, jari dan telapak tangan kita juga akan menggelap bilamana terlalu lama menyentuh layar HP. Maklum saja, ini karena ponsel alias HP mengeluarkan radiasi yang memiliki efek membakar dan memanaskan kulit. Meski kita tidak menyadarinya, namun efek radiasi ini benar-benar terjadi.

10. Jari dan Telapak Tangan Mudah Berdarah


Wah, tenyata bila kita overdosis pemakaian HP dan menyentuh layar sentuhnya, maka efeknya adalah bisa menyebabkan jari dan telapak tangan mudah berdarah. Ini bermula dari kering dan terkelupasnya kulit akibat panas radiasi. Dan kemudian terjadi lecet yang sampai berdarah. Rasanya bakalan jadi perih deh.

5 Bahaya Menyentuh Layar HP Terlalu Lama:


11. Telapak Tangan Panas
12. Mudah Jatuh Sakit
13. Gangguan Syaraf Tubuh
14. Gangguan Persendian Tangan
15. Bakal Sering Sakit Kepala dan Mual

Itu dia bahaya yang akan terjadi jika kita menyentuh layar HP terlalu lama. Maka walaupun seasik apapun kita bermain jangan terus terusan bermain. Selingin mainmu dengan istirahat. Agar kita tidak menyesal kita akan sakit karena menyentuh layar HP terlalu lama.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …