Langsung ke konten utama

15 Bahaya Memakai Maskara untuk Kesehatan Mata

Brand kecantikan kini ada banyak sekali di Indonesia baik brand milik Indonesia sendiri maupun brand dari luar negeri.  Kosmetik ada beberapa macam,  salah satunya adalah kosmetik mata.  Kosmetik mata misalnya eyeshadow,  maskara, eyeliner dan sebagainya. Maskara sering digunakan oleh para wanita untuk membuat bulu matanya terlihat lebih tebal,  panjang dan lentik. Bulu mata kita memang menjadi lebih cantik setelah memakai maskara.

Hampir semua brand makeup memiliki produk maskara. Mereka berlomba-lomba untuk membuat produknya menjadi yang terbaik dan di beli banyak konsumen. Maskara memang bisa membuat kita menjadi cantik.  Tapi pemakaian maskara yang tidak wajar, seperti memakai saat mau tidur, itu malah berbahaya untuk kita.  Kira-kira apa saja bahaya yang akan timbul saat kita menggunakan maskara? Berikut adalah bahaya memakai maskara untuk kesehatan mata:



1. Mengalami Kerusakan Mata


Maskara memang menarik karena bisa memberikan efek lentik dan tebal pada bulu mata. Jika kita memiliki bulu mata yang tipis, maka maskara adalah solusi yang tepat untuk menambah volume bulu mata. Sayangnya, penggunaan maskara ternyata juga memberikan dampak negatif. Di mana penggunanya berpotensi mengalami kerusakan mata. Untuk itu, kita memang mesti berhati-hati. Jangan sembarangan pakai maskara. Sebaiknya kita tes dulu mengoleskannya ke kulit tangan atau kulit di balik telinga. Untik memastikan bahwa tubuh kita dapat menerimanya, tidak menimbulkan alergi.

2. Kelopak Mata Menghitam Permanen


Penggunaan maskara yang terlalu sering dan dalam waktu lama berpotensi membuat kelopak mata jadi menghitam permanen. Maksudnya, efeknya jadi membuat kulit di kelopak mata tampak kusam menghitam. Kekusaman ini bisa bertahan lama bilamana kita tidak menanganinya dengan krim mata khusus dari dokter.

3. Muncul Lingkaran Hitam Pada Mata Alias Mata Panda


Mata panda kerap dianggap menyebalkan bagi banyak orang. Karena memberikan efek lingkaran gelap di mata, sebagaimana seekor panda saja. Lingkaran hitam ini akan menimbulkan efek yang mengerikan bagi perempuan yang sehari-harinya selalu tampil stylist. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan mata panda ini, mulai dari menggunakan krim mata hingga dikompres dengan es batu. Jika seluruh cara sudah dilakukan namun hasilnya nihil, kemungkinan mata pandamu terjadi karena salah kosmetik, seperti penggunaan maskara ini.

4. Mengalami Iritasi Mata


Iritasi mata bisa terjadi sebagai efek dari penggunaan maskara. Tanda mata kita mengalami iritasi adalah akan berubah mata jadi merah dan rasanya perih. Iritasi mata bisa semakin parah jika kamu tidak menghentikan penggunaan maskara ini. Untuk itu, perhatikan baik-baik bola matamu, apakah terjadi reaksi alergi seperti iritasi atau tidak.

5. Mata Jadi Perih


Rasa perih pada mata juga akan terjadi sebagai dampak dari penggunaan maskara terlalu sering. Sensasi perih ini kadang disertai dengan sensasi seperti disilet-silet dan mengganjal pada mata. Kamu sampai sulit buat melek dan inginnya merem terus karena kalau membuka mata sungguh terasa perih sekali. Jika matamu mengalami sensasi seperti ini, segera hentikan penggunaan maskara dan segera berobat ke dokter spesialis mata.

6. Penglihatan Jadi Blur


Hati-hatilah bahwa bahaya memakai maskara terlalu sering dan lama juga berpotensi membuat penglihatan jadi blur. Kamu tak mau kan memiliki bola mata yang semakin blur dan tidak mampu melihat? Kerusakan bola mata jadi buram ini jika dibiarkan bisa membuat kita mengalami kebutaan total yang permanen.

7. Gangguan Otot Mata


Gangguan otot mata bisa terjadi sebagai reaksi dari memakai maskara. Otot mata akan terasa kaku dan susah digerakkan. Membuatmu akan susah berkedip atau malah susah buat melek. Jika sampai ini terjadi, segera konsultasi ke dokter ya!

8. Bulu Mata Rontok


Sudahlah pasti bahwa memakai maskara akan membuat bulu mata jadi rontok. Apalagi kalau kita tidak cocok dengan merk maskara tertentu. Padahal fungsi bulu mata sangat vital, sebagai filter dari debu supaya tidak masuk ke mata.

9. Kelopak Mata Menggelap


Kelopak mata akan menggelap seiring berjalannya hari semasa penggunaan maskara. Seperti kamu nampak pakai celak terus, padahal tidak.

10. Rasa Mengganjal di Mata Seperti Kelilipan


Kalau kamu merasa bola mata mengganjal seperti kelilipan padahal tidak ada debu atau benda asing yang masuk ke mata, bisa jadi ini merupakan reaksi buruk dari memakai maskara.

Baca Juga: 15 Manfaat Senam Pagi untuk Kesehatan

5 Bahaya Memakai Maskara yang Lainnya:


11. Alergi Kulit
12. Bulu Mata Gundul
13. Infeksi Mata
14. Mata Jadi Bintitan
15. Rentan Menyebabkan Tumor dan Kanker Mata

Itulah beberapa bahaya menggunakan maskara untuk kesehatan. Menggunakan maskara boleh saja tetapi harus dalam tingkatan yang wajar menggunakannya,  supaya kesehatan kita tidak terpengaruh atau terganggu karena penggunaan maskara.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …