12 Bahaya Makanan Instan untuk Kesehatan Tubuh

Timbulnya beberapa bahaya makanan instan untuk kesehatan tubuh menandakan bahwa jenis makanan ini bukanlah makanan yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Makanan instan merupakan jenis makanan yang dapat dengan mudah Anda olah dalam waktu yang singkat. Contohnya mie instan, sosis kemasan, nugget, sarden kaleng, kue kering, keripik snack, biscuit, abon sapi, dan masih banyak lagi.

Mengapa makanan instan jauh lebih berbahaya dari makanan lainnya? Jenis makanan yang satu ini tidak mengandung cukup banyak nutrisi sehat. Proses produksinya yang dikemas ke dalam plastik maupun kaleng memerlukan zat pengawet yang tidak sedikit. Selain bahan pengawet, makanan instan juga mempunyai banyak zat kimia lainnya seperti MSG, pewarna makanan buatan, asam benzoate, lemak, gluten, dan masih banyak lagi.


12 Bahaya Makanan Instan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya makanan instan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Gejala kanker


Munculnya kanker di dalam tubuh Anda paling banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, terutama dalam mengonsumsi makanan yang tidak sehat pula. Makanan instan merupakan salah jenis makanan yang dapat memicu gejala kanker pada tubuh.

2. Keracunan


Konsumsi makanan instan setiap hari dengan porsi yang banyak hanya akan membuat tubuh Anda mengalami gejala keracunan. Seperti mual, sakit perut, dan kejang adalah gejala keracunan paling awal yang akan Anda alami.

3. Kerusakan otak


Otak juga akan mengalami banyak kerusakan jika Anda sering mengonsumsi makanan instan. Bahan pengawet ditambah dengan campuran bahan kimia lainnya akan mengganggu kesehatan otak dan menurunkan fungsinya.

4. Stroke


Penyakit lainnya yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi makanan instan berlebihan yaitu stroke. Penyakit ini berasal dari tersumbatnya aliran darah yang disebabkan oleh penumpukan zat nitrat yang berasal dari makanan instan.

5. Diabetes


Makanan instan juga menjadi faktor utama Anda untuk mendapatkan resiko penyakit diabetes yang lebih besar. Jenis makanan ini biasanya mengandung gula dan pemanis buatan yang jumlahnya tidak sedikit sehingga dapat menaikkan kadar gula dalam darah Anda.

6. Obesitas


Banyak orang yang mengalami kegemukan atau gejala obesitas karena kebiasaannya mengonsumsi makanan instan. Kandungan makanan instan lebih banyak terbuat dari bahan yang mengandung banyak kalori serta garam. Bahan tersebut dapat menjadikan Anda jauh lebih gemuk.

7. Hipertensi


Makanan instan sering menimbulkan gejala penyakit darah tinggi atau juga sering disebut dengan hipertensi. Penyakit ini dapat muncul di tubuh Anda akibat kandungan MSG serta sodium dalam makanan instan yang cukup banyak.

8. Asam urat


Penyakit asam urat di tubuh Anda lebih banyak diakibatkan oleh konsumsi garam yang berlebihan. Nah, makanan instan lebih banyak diolah dengan menggunakan garam berlebih. Hal ini tentunya akan memic penyakit asam urat di tubuh Anda.

9. Gangguan metabolisme tubuh


Metabolisme tubuh Anda harus seimbang. Jika tidak, maka tubuh Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan. Kandungan beberapa zat buatan yang ada dalam makanan instan akan membuat tubuh Anda mengalami gangguan metabolisme.

10. Gangguan pencernaan


Makanan instan akan paling banyak memberikan dampak langsung ke sistem pencernaan tubuh Anda. Hal ini dapat membuat pencernaan Anda tidak bisa berfungsi dengan baik dan terjangkit beberapa penyakit.

11. Sakit perut


Tidak semua makanan instan dapat mengenyangkan perut Anda. Kebanyakan justru membuat Anda semakin lapar dan memicu rasa sakit pada perut. Sakit perut juga dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan seperti mencret.

12. Diare


Ganggaun pencernaan lainnya yang dapat menyerang tubuh Anda yaitu diare. Konsumsi makanan instan akan menyebakan usus Anda mengalami gejala diare yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat memicu kematian.

Baca Juga: 20 Bahaya Konsumsi Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya makanan instan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Loading...