Langsung ke konten utama

5 Bahaya Konsumsi Nitrosamine untuk Kesehatan Tubuh

Anda perlu mengenal bahaya konsumsi nitrosamine untuk kesehatan tubuh sebelum mengonsumsi banyak makanan yang mengandung senyawa ini. Nitrosamine sendiri merupakan salah satu jenis zat yang tergolong sebagai salah satu zat pengawet makanan. Zat ini sering digunakan untuk mengawetkan makanan yang dikemas, salah satunya daging. Selain itu, penggunaannya juga sering digunakan untuk mengawetkan minuman keras, serta buah dan sayuran yang menggunakan pestisida.

Saat ini cukup banyak makanan yang dikonsumsi dengan kandungan nitrosamine yang levelnya tinggi. Konsumsi makanan yang mengandung senyawa pengawet ini tidaklah disarankan, apalagi jika dikonsumsi setiap hari. Nitrosamine termasuk jenis pengawet yang dapat memberikan efek buruk ke tubuh jika kadarnya banyak masuk ke tubuh Anda. Tidak hanya gangguan kesehatan ringan, namun juga berypa gangguan kesehatan jangka panjang yang membahayakan tubuh Anda.

5 Bahaya Konsumsi Nitrosamine untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi nitrosamine untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Penyakit Alzheimer


Jenis penyakit pertama yang dapat muncul jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan nitrosamine yaitu penyakit Alzheimer. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menyerang bagian otak, terutama ingatan dan mental Anda. Seseorang dengan penyakit ini akan mengalami kesulitan dalam mengingat banyak hal serta tidak bisa menyerap kondisi sosial di sekitarnya.

Penelitian tentang keterkaitan antara penyakit Alzheimer dengan makanan yang mengandung nitrosamine memang masih belum terbukti dengan benar karena penelitiannya sendiri masih terus berlanjut. Namun tidak ada salahnya jika Anda mulai berhati-hati dalam mencegah penyakit ini masuk ke dalam tubuh.

2. Kanker kandung kemih


Bahaya kedua dari makanan dnegan kandungan nitrosamine hampir sama dengan bahaya yang ditimbulkan oleh zat pemanis seperti sakarin. Senyawa ini dapat memicu adanya kanker di tubuh, terutama jenis kanker yang menyerang kandung kemih. Sel kanker akan muncul dan menyebar dengan mudah ke bagian kemih Anda.

Senyawa yang ada dalam nitrosamine merupakan jenis senyawa yang mempunyai potensi besar untuk memicu timbulnya sel kanker dalam tubuh. Kanker sering menyerang tubuh banyak orang dikarenakan banyak dari mereka yang mengonsumsi jenis makanan instan dengan kandungan zat aditif yang tidak sedikit, salah satunya zat nitrosamine ini.

3. Resiko glioma


Apa itu glioma? Glioma merupakan salah satu nama yang digunakan untuk menyebut jenis tumor yang ada pada bagian sum-sum tulang belakang dan juga otak. Tumor ini biasanya akan muncul pertama kali pada bagian syaraf dan membuat fungsi otak penderita menurun. Jika penyakit ini
dibiarkan, maka bahaya yang paling parah yaitu dapat menyebabkan kematian.

Penyakit glioma sudah diteliti oleh beberapa ahli kesehatan. Hasilnya, penyakit ini bisa menyerang tubuh Anda jika Anda banyak mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan pengawet yang tinggi seperti nitrosamine. Gejala penyakit ini pertama kali ditandai dengan rasa sakit kepala dan juga pusing tanpa penyebab yang pasti.

4. Muncul kanker usus


Bagian pencernaan adalah salah satu bagian tubuh yang akan terkena dampak langsung dari jenis makanan tidak sehat yang Anda konsumsi. Tidak hanya lambung yang akan terserang banyak penyakit, namun juga usus Anda. Konsumsi makanan dengan kandungan nitrosamine yang cukup banyak bisa memicu penyakit kanker usus.

Usus merupakan organ tubuh yang bekerja untuk menyerap semua nutrisi makanan yang Anda konsumsi. Nah, jika makanan yang Anda konsumsi banyak mengandung senyawa kimia, maka usus Anda akan menyerap kandungan berbahaya secara langsung. Hal ini akan membuat resiko kanker usus jauh lebih besar dari kanker lainnya di dalam tubuh.

5. Keracunan


Makanan dengan kandungan nitrosamine yang masuk ke dalam tubuh Anda juga akan menimbulkan efek keracunan. Tidak hanya zat ini saja, namun juga zat lainnya yang ditambahkan ke dalam makanan. Gejala keracunan yang akan muncul di tubuh Anda mulai dari pusing, mual, rasa ingin muntah, dan juga kejang-kejang.

Gejala keracunan muncul karena adanya reaksi tubuh Anda yang menolak zat asing masuk ke dalam tubuh. Itulah mengapa banyak gejala keracunan yang dimual dengan mual dan muntah karena tubuh ingin mengeluarkan zat asing dalam makanan yang Anda konsumsi. Mulailah untuk mengonsumsi makanan organik dan menghindari konsumsi makanan kemasan untuk mencegah gejala keracunan.

Baca Juga: 5 Bahaya Konsumsi Sakarin untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi nitrosamine untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.