Langsung ke konten utama

50 Bahaya Konsumsi Aspartam untuk Kesehatan Tubuh

Anda perlu waspada dengan adanya bahaya konsumsi aspartam untuk kesehatan tubuh karena dampaknya sangat membahayakan. Apa itu aspartam? Aspartam merupakan salah satu jenis pemanis buatan pada makanan yang paling sering digunakan. Sudah banyak produk makanan dan minuman kemasan yang menggunakan jenis zat aditif yang satu ini. Hal ini karena aspartam mempunyai banyak kelebihan dari zat pemanis lainnya.

Kelebihan pemanis aspartam yaitu kandungan energinya cukup rendah, rasanya mirip dengan gula tanpa rasa pahit yang sangat terasa, gigi tidak mengalami banyak kerusakan, dan sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Walaupun banyak kelebihan, namun konsumsi zat pemanis ini dalam waktu yang lama akan memberikan banyak efek samping. Mulai dari munculnya penyakit sampai dengan banyaknya gangguan kesehatan pada organ tubuh lainnya.

50 Bahaya Konsumsi Aspartam untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi aspartam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kebutaan


Efek pertama dari konsumsi aspartam terlalu banyak yaitu Anda dapat mengalami kebutaan. Senyawa yang terdapat dalam zat pemanis ini akan membuat kesehatan mata Anda menjadi menurun.

2. Penglihatan kabur


Kebutaan merupakan efek terparah untuk mata. Anda mungkin bisa mengalami penglihatan kabur saja ketika terlalu banyak mengonsumsi aspartam. Anda tidak akan melihat dengan jelas ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

3. Nyeri pada mata


Selain itu, mata Anda juga akan terasa sakit dan nyeri. Hal ini dapat memicu gejala penyakit lainnya seperti rasa perih dan rasa seperti dipukul di bagian mata. Anda juga tidak akan bisa melihat dengan lebih jelas.

4. Air mata keluar terus


Efek dari konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan aspartam yang tinggi dapat membuat air mata Anda keluar terus menerus. Ini merupakan reaksi mata dari adanya kandungan zat yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh.

5. Telinga berdenging


Tidak hanya mata, organ pendengaran Anda juga akan mengalami banyak gangguan kesehatan. Salah satunya yaitu denging pada telinga. Telinga yang berdenging jelas akan membuat pendengaran Anda menurun.

6. Gangguan pendengaran


Pendengaran yang menurun membuat Anda tidak bisa mendegar apapun dengan jelas. Sama seperti mata yang terganggu, telinga yang terganggu fungsinya akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari dalam bekerja.

7. Epilepsi


Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung aspartam dalam jangka panjang bisa membuat Anda terjangkit penyakit epilepsi. Penyakit ini membuat penderitanya sering mengalami kejang-kejang yang tiba-tiba.

8. Sakit kepala


Efek dari aspartam pada bagian kepala akan membuat kepala Anda terasa sangat sakit. Sakit kepala ini juga disertai dengan efek lainnya seperti pusing dan juga hilangnya keseimbangan tubuh ketika Anda berdiri.

9. Migrain


Anda juga bisa terkena penyakit sakit kepala sebelah atau sering disebut dengan migraine. Penyakit ini hanya akan menyerang satu bagian di kepala Anda saja. Hal ini bisa muncul karena konsumsi makanan yang mengandung aspartam.

10. Pusing


Pusing merupakan jenis gejala yang akan Anda alami ketika mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman manis dengan kandungan aspartam yang tidak sedikit. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang lebih alami seperti makanan organic.

Baca Juga: 11 Efek Buruk Radiasi Nuklir untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi aspartam untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 40 bahaya lainnya:

40 Bahaya Konsumsi Aspartam untuk Kesehatan Tubuh Lainnya


11. Bingung
12. Mengantuk
13. Tungkai mati rasa
14. Gangguan berbicara
15. Tremor
16. Depresi
17. Mudah emosi
18. Agresif
19. Sering gelisah
20. Susah tidur (insomnia)
21. Fobia
22. Perubahan kepribadian
23. Sesak nafas
24. Tekanan darah tinggi
25. Takikardia
26. Mual
27. Diare
28. Sakit perut
29. Sakit saat menelan
30. Gatal-gatal
31. Gangguan kesehatan mulut dan bibir
32. Alergi
33. Perubahan siklus menstruasi
34. Rambut rontok
35. Penurunan berat badan
36. Kadar gula dalam darah rendah
37. Gangguan kemih
38. Haus yang berlebihan
39. Retensi cairan dalam tubuh
40. Kaki bengkak
41. Mudah mengalami infeksi
42. Kerusakan pada otak
43. Cacat lahir
44. Timbulnya tukak lambung
45. Hiperaktif
46. Ingin bunuh diri
47. Sindrome kelelahan kronis
48. Infeksi saluran kemih
49. Buang air kecil sakit
50. Kematian

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi aspartam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.