Langsung ke konten utama

15 Bahaya Memasang Kawat Gigi untuk Rahang Bawah Saja

Tidak semua orang memiliki gigi yang rapi dan proporsional. Maka dari itu dokter gigi membuat alat untuk merapikan susunan gigi kita. Beberapa tahun ini ada banyak orang yang berlomba-lomba memakai kawat gigi atau behel. Mereka memakai kawat gigi karena alasan untuk kesehatan gigi mereka atau bisa juga karena untuk kecantikan gigi mereka. Sehingga dokter gigi beberapa tahun ini banyak yang menangani pemasangan kawat gigi. Harga kawat gigi sekitar 4-5 juta per set.

Sebelum behel dipasang kita wajib berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi yang akan memasangkan behel. Kita harus tahu apakah gigi kita jika di pakaikan kawat gigi tidak akan terjadi masalah. Maka dari itu kita tidak boleh sembarangan dalam memasang kawat gigi karena bisa berbahaya.  Memasang kawat gigi tidak bisa dilakukan hanya di rahang bawah saja,  ini akan berbahaya untuk kita.  Berikut ini adalah bahaya memasang kawat gigi untuk rahang bawah saja:



1. Mengalami Maloklusi


Maloklusi adalah suatu gangguan kontak antar gigi di mana gigi tidak dapat mengatup dengan baik. Bisa saja rahang atas lebih maju dari rahang bawah yang terlampau parah (tonggos). Atau bisa pula rahang bawah yang lebih maju daripada rahang atas (nyakil). Maloklusi bisa terjadi karena faktor genetik sejak lahir. Namun bisa pula karena kecelakaan atau kesalahan perawatan gigi. Memasang kawat gigi untuk rahang bawah saja juga berpotensi menyebabkan maloklusi ini.

2. Rentan Mengalami Open Bite


Open Bite adalah gigitan terbuka. Masih jadi bagian dari maloklusi juga. Di mana antara gigi di rahang atas tidak dapat bertemu (kontak) dengan gigi pada rahang bawah. Ini tentu saja merupakan gangguan menggigit yang sangat parah dan menyebabkan seseorang jadi susah mengunyah makanan. Open Bite biasanya terjadi secara alami pada diri seseorang. Namun ternyata memasang kawati gigi untuk rahang bawah saja juga dapat menyebabkan kita kena open bite.

3. Gigi Tidak Simetris dengan Rahang Atas


Gigi yang tidak simetris kerap dialami orang. Terutama untuk deretan gigi seri bagian atas. Tandanya, saat tersenyum maka gigi serinya tidak pas dengan garis hidung dan bibir. Ini ternyata dapat pula disebabkan karena memasang kawat gigi untuk rahang bawah saja. Gigi yang tidak simetris akan membuat kita kurang percaya diri dan kerap jadi bahan olok-olokkan orang. Bahkan aktor sekelas Tom Cruise saja kerap dijadikan olok-olok dalam bentuk Meme karena memiliki gigi seri yang tidak simetris.

4. Gangguan Rahang


Gangguan pada rahang gigi dapat terjadi sebagai akibat dari memasang kawat gigi untuk rahang bawah saja. Seharusnya, jika kita memasang kawat gigi maka kita perlu memasang untuk kedua belah rahang. Tidak boleh hanya salah satu saja. Karena sesungguhnya antara rahang atas dan rahang bawah itu sangat berhubungan. Kalau salah satu dirawat ortodontik, maka semua rahang wajib dirawat.

5. Gangguan Gusi


Gangguan gusi juga akan terjadi bilamana kita hanya memasang kawat gigi untuk rahang bawah saja. Misalnya gusi jadi membengkak terkena infeksi seperti abses. Gusi juga bisa turun dan membuat gigi terlepas dari soketnya. Bila gusi sudah infeksi, maka perawatannya akan lebih lama dan mahal lagi.

6. Gigi Rentan Patah


Ternyata memasang kawat gigi untuk rahang bawah saja bisa menyebabkan gigi jadi rentan patah. Ini karena tulang alveolar bisa patah dan goyang. Sehingga gigi mudah keropos karena tidak mendapatkan nutrisi dan jaringan penyangga gigi dengan baik.

7. Susunan Gigi Bisa Berantakan Lagi


Memang biasanya seseorang hanya mengalami berantakan hanya pada rahang bawahnya saja. Ini membuat dia berpikir bahwa memasang kawat gigi cukuplah untuk rahang bawah. Toh gigi yang berantakan hanya rahang bawah. Tapi sayangnya, ternyata yang begini sangat salah langkah. Sebab, memasang kawat gigi hanya pada rahang bagian bawah justru berpotensi membuat gigi berantakan terus, lagi dan lagi.

8. Tidak Memberikan Manfaat Ortodontik Sama Sekali


Memasang kawat gigi hanya untuk rahang bawah tidak akan memberikan manfaat ortodontik sama sekali. Ini disebabkan karena rahang tidak bekerja dengan baik dalam perbaikannya.

9. Tidak Memenuhi Kaidah Perawatan Ortodontik


Kaidah perawatan ortodontik harusnya dipasang untuk kedua belah rahang gigi. Bila hanya salah satunya maka ini menyalahi prosedur aman ortodontik.

10. Kerusakan Gigi dan Jaringan Tulang Penyangga Gigi


Kerusakan gigi dan jaringan tulang alveolar alias penyangga gigi dapat terjadi sebagai akibat dari memasang kawat gigi untuk rahang bawah saja.

Baca Juga: 15 Bahaya Memasang Kawat Gigi untuk Rahang Atas Saja

5 Bahaya Memasang Kawat Gigi untuk Rahang Bawah Saja:


11. Kesulitan Mengunyah
12. Gangguan Bicara
13. Gigi Jadi Berjejal
14. Patah Tulang Rahang
15. Gusi Turun

Itu dia bahaya memasang kawat gigi untuk rahang bawah saja.  Sekarang kita jadi tahu kalau kita harus benar-benar hati-hati dalam memasang behel.  Salah sedikit saja efeknya luar biasa.  Jangan sampai kita sudah mengeluarkan uang banyak tapi malah hasilnya tidak memuaskan. Pastikan memasang kawat gigi di dokter gigi.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …