Langsung ke konten utama

8 Bahaya Asam Sulfat untuk Kesehatan Tubuh

Penggunaan asam sulfat perlu hati-hati karena banyak bahaya asam sulfat untuk kesehatan tubuh yang akan mengganggu. Apa itu asam sulfat? Asam sulfat sendiri merupakan jenis senyawa kimia organic yang mempunyai sifat merusak dan sangat berbahaya apabila bersentuhan langsung dengan tubuh Anda. Jenis asam yang satu ini lebih banyak digunakan dalam dunai industri kimia seperti pengilangan minyak dan bijih mineral.

Asam sulfat bukanlah jenis senyawa yang bisa Anda gunakan dalam banyak hal secara sembarangan. Meskipun asam sulfat bermanfaat dalam industri lingkungan, senyawa ini perlu digunakan dengan hati-hati. Sifatnya yang keras tidak cocok untuk tubuh manusia. Jika Anda menyentuh senyawa ini secara langsung, maka efeknya akan paling banyak menjangkiti kulit Anda. Mulai dari iritasi kulit sampai dengan infeksi pada kulit.

8 Bahaya Asam Sulfat untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya asam sulfat untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kulit terasa perih


Efek pertama yang akan Anda rasakan jika tidak hati-hati dalam menggunakan asam sulfat yaitu kulit terasa perih. Asam sulfat mengandung zat yang cukup keras untuk membuat lapisan kulit Anda menjadi mengelupas.

2. Kulit terasa terbakar


Selain perih, kulit yang terkena asam sulfat langsung akan terasa terbakar. Kandungan zat keras yang ada dalam asam sulfat memberikan efek seperti api yang panas sehingga kulit Anda akan terkena bara api yang membakar tubuh.

3. Kulit mengelupas


Rasa perih dan terbakar akan memberikan efek lanjutan yaitu mengelupasnya kulit Anda. Kulit manusia bukan terbuat dari bagian tubuh yang dapat menahan zat panas seperti senyawa yang terkandung dalam asam sulfat.

4. Iritasi mata


Selain kulit, asam sulfat juga akan memberikan pengaruh langsung ke bagian mata. Jika Anda tidak berhati-hati, maka kandungan zat dalam asam sulfat yang menempel pada kulit juga akan masuk ke dalam mata.

5. Gangguan pernapasan


Tidak hanya dari sentuhan langsung, senyawa keras yang ada pada asam sulfat juga akan mempengaruhi udara di sekitar Anda. Akibatnya, udara yang Anda hirup akan bercampur dengan asam sulfat yang dapat mengganggu kesehatan pernapasan.

6. Infeksi kulit


Anda juga akan mengalami banyak infeksi kulit akibat bersentuhan dengan asam sulfat. Mulai dari kulit yang merah sampai dengan pengelupasan kulit. Itulah sebabnya Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan zat yang satu ini.

7. Sesak napas


Gejala gangguan kesehatan yang berasal dari asam sulfat berdampak pada rasa sesak pada dada dan kesulitan bernapas. Sesak napas ini jika dibiarkan akan membuat kesehatan paru-paru Anda menurun dalam sistem pernapasan tubuh.

8. Penglihatan kabur


Sifat asam sulfat yang kuat juga akan menyebabkan penglihatan Anda menjadi kabur. Selain gangguan kesehatan organ penglihatan, pandangan Anda juga akan menurun dan tidak dapat melihat dengan jelas.

Baca Juga: 10 Bahaya Perokok Pasif untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya asam sulfat untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.