Langsung ke konten utama

17 Penyebab dan Gejala Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah terjadinya peradangan ataupun pembengkakan apendiks . Nah sedangkan usus buntu itu  sendiri adalah salah stau organ di dalam tubuh manusia yang memiliki bentuk kantong kecil dan juga tipis dengan ukuran sekitar 5 hingga 10 cm yang memiliki jaringan yang terhubung dengan usus besar. Sampai saat ini mengapa manusia memiliki usus buntu masih belum diketahui dengan pasti. Padahal pengangkatan dari usus buntu itu sendiri pun sebenarnya tidak memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan. Akan tetapi, penyakit apendetis atau lebih terkenal dengan sebutan usus buntu ini sangat berpotensi untuk menyebabkan penyakit yang lebih serius. Apenditis atau usus buntu ini berpotensi menyerang siapa saja dan kapan saja. Akan tetapim kalangan dari kaum muda usia 10 hingga 30 tahunan adalah kelompok orang yang sangat rentan terkena penyakit ini. nah sebenarnya apa sih penyebab dari penyakit usus buntu ini? Penyebab umum munculnya penyaki tusus buntu belum diketahui secara pasti. Dnegan demikian, upaya pencegahannya pun juga masih belum bisa diketahui dan masih diupayakan. Walaupun demikian, sebagian besar usus buntu ini diperirakan terjadi karena adanya penyumbatan.

17 Penyebab dan Gejala Usus Buntu

Penyebab Penyakit Usus Buntu


1. Penyumbatan pada tinja
2. Kelenjar getah bening yang membengkak
3. Penyumbatan di bagian organ dalam tubuh manusia
4. Nyeri di perut
5. Mual

Jika penyakit usus buntu ini tidak segera diobati, maka usus buntu akan semakin membengkak dan pada akhirnya bisa pecah atau meledak. Dengan demikian seluruh isinya akan menyebar ke seluruh rongga perut yang berpotensi untu menyebabkan infeksi yang luas hingga mengancam nyawa seseorang. Dengan demikian, sangat penting hukumnya untukk mengetahui ciri atau gejala usus buntu ini guna mendapatakan penanganan awal yang baik. Ketika terjadi radang usus buntu, maka gejala awal yang muncul adalah sudah pasti rasa sakit di bagian organ tubuh manusia. Berikut beberapa gejala usus buntu ...

1. Sakit di bagian perut


Sakit peruta adlaha gejala umum yang terjadi untuk semua jenis penyakit. Terjadinya penyakit apapun, rasa sakit di bagian perut ini lazim terjadi. Misalnya saja terjadi iritasi pada usus, infeksi saluran kanudng kemih, dan penyakit radang pada pinggul. Nah untuk penyakit usus buntu ini sendiri, gejala yang muncul awal-awal juga terjadinya rasa sakit di bagian perut.

2. Rasa mual 


Rasa mual umum terjadi pada mereka yang mengalami sakit usus buntu. Rasa mual ini biasanya mengakibatkan mereka enggan untuk mengonsumsi makanan apapun. Mual yang dirasakan akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

3. Muntah-muntah


Penderita usus buntu akan mengalami muntah-muntah yang tiada henti. Jika sudah demikian, penderita harus diwajibkan untuk melakukan istirahat total selama beberapa hari. Selain itu, segera melakukan pemeriksaan ke doter juga penting untuk dilakukan.

4. Badan meriang dan sakit


Penderita usus buntu akan merasakan meriang dan sakit yang sangat di tubuh mereka. Meriang yang dirasakan ini umumnya tidak hanya terjadi di waktu malam saja. Akan tetapi di waktu siang dan sore juga akan merasakan meriang.

5. Kehilangan selera makan


Seseorang penderita usus buntu akan merasakan mual dan ingin muntah. Hal yang demikian ini akan mempengaruhi nafsu makan mereka. Dengan demikian terkadang dalam sehari mereka akan sulit memasukkan makanan ke mulut mereka.

6. Diare


Kurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh membuat penderita usus buntu akan mengalmi diare. Tentu saja kebutuhan makanan untuk tubuh berkurang membuat pencernaan menjadi terganggu. Hasilnya penderita akan mudah mengalami diare.

7. Sembelit


Sembeli yang terjadi pada penderita ini tak lain adalah kurangnya asupan makanan yang masuk ke tubuh.

8. Demam dan suhu tubuh meningkat


Demam yang tinggi akan dialami oleh penderita usus buntu. Dalam jangka waktu yang cukup lama demam ini tak juga mereda. Bahkan bisa berlangsung cukup parah dan ditandai dengan adanya suhu tubuh yang meningkat.

9. Wajah memerah


Penderita usus buntu akan mengalami kemerahan pada wajah. Gejala ini dikarenakan kurangnya kebutuhan nutrisi yang ada di  dalam tubuh sehingga di beberapa bagian tubuh akan mengalami gangguan.

10. Perut kembung


Penderita usus buntu sering mengalami kembung di perut. Nah kondisi ini membuat mereka menjadi tidak nyaman.

Baca juga: 17 Penyebab Dan Gejala Bisul pada Tubuh

2 Gejala Usus Buntu lainnya :


11. Peningkatan jumlah sel darah putih
12. Nyeri lepas dan sakit perut mulai sekitar pusar dan menyebar ke seluruh bagian

Itulah sedikit informasi mengenai penyakit usus buntu. Nah kondisi yang demikian ini patut untuk diwaspadai. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika gejala tersebut tak kunjung reda dalma jangka waktu yang lama. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....