Langsung ke konten utama

55 Penyebab dan Gejala Sakit Maag

Masyarakat Indonesia hampir semua orang dewasa memiliki penyakit maag atau juga bisa disebut dengan nama gastritis adalah keadaan kesehatan dimana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Penyakit ini biasanya menyerang tiba- tiba dan berlangsung singkat. Banyak orang menganggap penyakit maag sebagai penyakit yang ringan dan tidak perlu dikhawatirkan padahal apabila dibiarkan terus-menerus akan kondisi lambung akan semakin memburuk.

55 Penyebab dan Gejala Sakit Maag

Penyebab Maag:


1. Karena terlambat makan
2. Terjadinya infeksi bakteri pada lambung
3. Karena efek samping obat obatan
4. Terlalu sering mengkonsumsi kafein
5. Karena sering meminum alkohol

Setelah memahami apa saja penyebab maag, sehingga harus Anda hindari. Selanjutnya Anda juga harus mempelajari beberapa gejala maag berikut ini...

1. Air liur lebih banyak di produksi


Apabila Anda mengalami produksi air liur yang berlebih itu di karena kesehatan kurang baik seperti halnya tanda Anda akan terserang penyakit maag ini yang bisa terjadi kondisi serupa dengan yang di atas. apabila terjadinya seperti ini lakukan tindakan yang tepat agar tidak menghasilkan air liur lebih banyak.

2. Sendawa


Untuk gejala penyakit maag berikutnya adalah mengeluarkan sendawa atau berdahak dengan sering. Dan unutk hal ini di alami oleh siapa sajadan tidak hanya orang tua saja yang mengalami namun juga yang muda. Tapi sering kali bersendawa sering di artikan sebagai ciri ciri penyakit masuk angin yang ingin menyerang tubuh padahal sendawa ini juga gejala dari penyakit maag.

3. Merasakan mual


Rasa mual yang di alami pada siapa pun, pasti ada masalah yang menimpa pada tubuh.dan biasanya penyakit ini, jika ingin makan dan minum tidak bisa menerimanya yang nantinya akan di muntahkan kembali. Dan  jika sudah begini tubuh akan lemas karena tidak menerima asupan makanan sama sekali. Masalah seperti ini memang tak obatnya dan lebih baik meminum air putih hangat atau beristirahat dengan cukup. bagi yang memiliki riwayat penyakit maag, otomatis akan mengalami kondisi yang telah di jelaskan di atas.

4. Nyeri perut


Banyak sekali penyakit yang awal mulanya dengan gejala sakit perut seperti halnya sakit maag. Penyakit ini sangat berbahaya dan mengandung resiko yang tinggi, jadi perlu berhati- hati lagi akan hal ini dan jika rasa nyerinya tak kunjung sembuh maka lakukan pengkonsultasian pada dokter terlebih dahulu agar di obati dengan segera.

5. Sakit sampai ke ulu hati


Merasakan sakit pada bagian ulu hati ini dapat terjadi bila Anda mengalami gejala sakit maag. penyakit ini merupakan penyakit yang memiliki resiko tinggi dan harus di obati dengan baik. Jangan pernah Anda membiarkan penyakit ini terlalu lama karena memiliki efek yang cukup buruk bagi kesehatan dan masih banyak gejala yang terjadi pada penderita maag ini.

6. Perut kembung


Perut kembung adalah perut yang didalamnya terdapat angin, dan biasanya akan mengalami dahak atau sendawa dan ini merupakan ciri ciri penyakit maag atau lambung dan perut kembung ini sangatlah berbahaya apabila dibiarkan jadi Anda harus bisa menjaga diri kalian dengan baik dan benat, agar tidak mudah mengalami kejadian seperti ini.

7. Berjalan yang susah untuk dilakukan


Gejala dari sakit maag adalah ketika melakukan jalan itu susah dikarenakan pada bagian perut mengalami gejolak yang ditimbulkan rasa perih dan juga rasa yang nyeri. Jika digunakan untuk berjalan rasa itu pun akan semakin menggebu gebu. Jika sedang mengalami maag, diharapkan untuk tidak berjalan.

8. Nafsu makan berkurang


Jika Anda mengalami nafsu makan berkurang itu adalah salah satu dari gejala penyakit maag yang akan muncul. Selalu menjaga diri terhadap segala apapun bentuk gejala dan penyakit. Apabila tidak ingin terkena penyakit ini bisa dengan menerapkan konsep pola hidup sehat.

9. Perut terasa penuh


Kemudian untuk gejala sakit maag selanjutnya adalah perut penderita akan terasa penuh. Hal ini dikarenakan lambatnya pergerakan lambung dan juga usus yang mengakibatkan makanan terhenti dalam saluran cerna. Dan itulah sebabnya, mengapa orang yang mengalami sakit maag sangat di anjurkan makan sedikit namun sering.

10. Feses yang berwarna hitam


Untuk gejala yang satu ini adalah salah satu gejala yang sangat parah karena ketikan penderita muntah darah maka secara bersamaan juga akan mengeluarkan feses. Kemudian warna dari feses juga berbeda dari oaring yang normal yakni berwarna hitam.

Baca juga: 20 Penyebab dan Gejala Toxoplasma Gondii

45 Gejala Sakit Maag lainnya:


11. Perut sering merasakan panas
12. Leher akan terasa panas
13. Sering mulas
14. Wajah terlihat pucat
15. Badan mengalami kenaikan suhu
16. Sering berkeringat dingin
17. Mudah lapar
18. Mudah kenyang
19. Bagian atas perut sering sakit
20. Berat badan menurun
21. BAB darah
22. Anemia
23. Perut membengkak
24. Muntah
25. Sakit pada bawah tulang dada
26. Sesak napas
27. Perut terasa begah
28. Mudah lelah
29. Sering pusing
30. BAB tak normal
31. Bau mulut
32. Mengalami diare
33. Sakit pada lambung
34. Lambung pendarahan
35. Sakit pada bagian dada
36. Sembelit
37. Tenggorokan kering
38. Mengalami refluks
39. ritasi lambung
40. Cegukan
41. Jantung berdebar
42. Mulut terasa pahit
43. Sulit menelan makanan
44. Laringitis
45. Sakit tenggorokan
46. Sakit ketika BAB
47. Meminum obat dalam jangka panjang
48. Sering haus
49. Sulit tidur
50. Radang lambung

Nah, itulah sekilas informasi mengenai 50 penyebab dan gejala penyakit maag kepada Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....