Langsung ke konten utama

20 Penyabab dan Gejala Kista Ganglion


Kista ganglion merupakan sebuah benjolan atau tumor pada bagian atas persendian atau tendon atau bisa dikenal dengan jaringan penghubung otot dan tulang. Benjolan ganglion kista ini terlihat seperti kantung yang berisi cairan berwarna bening dengan tekstur kental dan lengket seperti jeli, yang disebut juga dengan cairan sinovial.

20 Penyabab dan Gejala Kista Ganglion

Penyebab kista ganglion :


1. Patah tulang
2. Radang sendi pergelangan tangan
3. Trauma dan benturan
4. Peradangan pada selubung tendo
5. Keseleo

Untuk ukuran kista ganglion bermacam-macam, dari sekecil kacang polong sampai mencapai sebesar bola golf. Kista ganglion yang kecil biasanya berjumlah lebih dari satu, namun mereka dihubungkan oleh jaringan yang sama di bawah kulit. Nah, berikut ini beberapa gejala kista ganglion...


1. Gejala awal kista ganglion


Sebenarnya kista ganglion ini sama sekali tidak menimbulkan gejala yang membuat penderita kista ganglion merasakan sakit pada persendian akan tetapi, ketika Anda menekan pada benjolannya maka Anda akan merasakan geli karena di dalam benjolan itulah terdapat cairan yang sangat lengket an sedikit berbau.

2. Bentuk dan ukuran


Gejala yang pertama adalah dimana ukuran dan bentuk dari kista hongliong yang tidak begitu besar dan terkadang seseorang tidak meyadari bahwa dirinya mengidap kista ganglion karena memang bentuk dari kista ganglion sendiri yang kecil dan mungkin tidak teraba. Kista hongliong memiliki ukuran atau diameter kurang lebih 2,5 cm.

3. Lokasi kista ganglion


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kista ganglion merupakan kista yang muncul di daerah persendian khususnya didaerah persendian tangan. Akan tetapi, tidak hanya terjadi pada persendian tangan saja, kista ganglion juga dapat terjadi dipergelangan kaki dan dipunggung kaki. Walapun sangat jarang ditemukan kista ganglion tumbuh didaerah lain namun nyatanya kista gangliong juga tetap bisa tumbuh di bagian persendian lain ditubuh.

4. Tidak merasakan nyeri 


Bagi orang yang menderita kista ganglion sering tidak merasa nyeri karena dalam kista ganglion memang tidak menimbulkan rasa nyeri ataupun sakit apapun. Akan tetapi, apabila kista ganglion ini sampai menekan persarafan maka akan timbul rasa nyeri ini juga bisa saja terjadi. Bahkan penekanan saraf ini bisa mengakibatkan kelemahan otot. Akan tetapi, jika Anda merasakan nyeri pada benjolan itu berarti sudah mengenai tendon Anda.

5. Adanya tonjolan dan benjolan 


Dalam gejala kista ganglion biasanya akan muncul dengan adanya tonjolan dan benjolan pada tempat yang terdapat kista ganglion atau biasanya muncul pada daerah sendi khususnya pada tangan atau kaki. Benjolan ini tidak bersifat permanen karena benjolan ini dapat hilang namun kadang akan muncul lagi. Benjolan yang diakibatkan oleh adanya kista ganglion meiliki tekstur yang lunak hampir seperti jelly,benjolan ini memiliki warna yaitu kuning terang.

6. Jari yang lemas

 

Gejala yang selanjutnya adalah jari akan merakan lemas, jari yang lemas ini disebabkan oleh adanya kista ganglion yang tumbuh mengenai bagian tendon. Selain jari yang lemas banyak pula penyebab tangan lemas dan penyebab kaki lemas yang perlu diketahui.

7. Tangan terasa kaku saat digerakkan 


Tangan akan mengalami kekakuan karena terdapat jaringan atau saraf yang rusak pada tangan selain itu tangan yang mengalami kaku ini juga disebabkan oleh adanya benjolan atau tonjolan ini,saat tangan terdapat benjolan tangan akan mengalami kesulitan untuk menggerakkan pergelangan tangan sehingga tangan menjadi tidak leluasa atau memiliki gangguan dalam melakukan gerakan atau aktivitas.

8. Bertekstur lunak


Bagi penderita kista ganglion ini akan timbul benjolan pada persendian. Akan tetapi, benjolan tersebut memiliki terkstur yang lunak dan itu di karenakan di dalam benjolan tersebut terdapat cairan ataupun non kanker dan benjolan jika ditekan dapat bergera degan bebas.

9. Benjolan berwarna kuning terang


Ketikan Anda mengalami kista ganglion maka Anda akan merasakan gejala terdapat benjolan pada persedian seperti persendian di kaki, tangan dan lain sebagainya. Kemudian benjolan ini tidak terasa sakit akan tetapi benjolan ini berwarna kuning terang karena di dalamnya terdapat cairan yang berwarna kuning terang yang sangat lengket.

10. Ganglion keras


Banyak yang mengira bahwa kista ganglion ini hanya memiliki gejala ganglion yang lunak saja padahal kista ganglion juga ada yang bersifat keras. Biasanya kista ganglion keras ini sering muncuk pada persendian pergelangan tangan dan inilah yang mengakibatkan tangan akan susuah untuk digerakan.

Baca juga: 20 Pencegahan dan Pengobatan Demam Dengue

5 Gejala kista ganglion lainnya:


11. Ganglion dapat mengecil dan malah hilang
12. Ukuran ganglion rata-rata antara 1-3 cm
13. Benjolan hilang, suatu saat akan tumbuh lagi
14. Lemas pada jari
15. Kaku pada persendian

Nah, demikianlah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 15 penyebab dan juga gejala dari kista ganglion. Dengan membaca artikel ini semoga akan dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk mengenai penyebab dan juga gejala dari kista ganglion. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....