Langsung ke konten utama

12 Penyebab dan Gejala Ispa

Infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan akut biasanya terjadi pada tenggorokan, sinus, saluran udara, ataupun paru- paru. Infeksi ini biasa terjadi karena akibat virus dan walupun bakteri juga bisa menjadi penyebab ispa. Apabila penyakit ini tidak segera ditangani maka maka ispa bisa menyebar ke seluruh sistem pernafasan. Dan ini akan mengakibatkan tubuh penderita menjadi tidak mendapatkan cukup oksigen lantaran infeksi dan kondisi ini dapat berakibat fatal seperti mematikan.

12 Penyebab dan Gejala Ispa

Penyebab Ispa


1. Gangguan pernapasan seperti pilek
2.  Gangguan pada bronkitis
3. Pneumonia yang bermasalah
4. Sistem kekebalan yang lemah
5.  Disebabkan penyakit meningitis

Di bawah ini ada beberapa gejala ispa yang harus diwaspadai. Jika gejala ini terjadi di dekat Anda, segera periksakan ke dokter.

1. Hidung tersumbat dan berair


Bagi Anda yang selalu sering mengalami hidung tersumbat dan juga berair maka hal ini perlu Anda wasapadai karena bisa jadi itu adalah salah satu dari gejala ispa. Gejala ispa yang satu ini hampir memiliki kemiripan pilek karena flu akan tetapi, pada gejala ispa ini hidung tersumbat dengan cairan seperti air yang encer.    


2. Batuk- batuk


Batuk memang identik dengan penyakit dan sebagai gejala dari penyakit yang akan datang. Batuk sebenarnya adalah respon dari otak yang memerintahkan oto-otot untuk mengeluarkan benda-benda asing yang masuk pada reseptor rangsangan batuk antara lain di hidung, saluran pernapasan, dan telinga. Akan tetapi, jika seseorang mengalami batuk secara tiba- tiba maka dapat dipastika bahwa itu adalah gejala dari penyakit ispa.


3. Tenggorokan terasa sakit


Sakit tenggorokan umumnya terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Penyakit ini umumnya lebih banyak menyerang anak kecil dan remaja. Rasa yang cukup menyakitkan ini dapat muncul dari mulai bagian atas leher atau tenggorokan hingga bagian bawah di belakang tulang dada. Kondisi sakit tenggorokan ini juga menjadi salah satu gejala awal saat penderita akan sakit ispa.


4. Paru- paru terasa terhambat


Penderita ispa pasti akan mengalami paru- paru sakit saat akan menghirup oksigen. Dalam kasus gejala ispa yang satu ini di sebabkan karena penderita menghirup asap ataupu kabut yang cukup tebal sehingga oksigen terhambat akan masuk kedalam paru- paru.


5. Sering kelelahan


Penderita ispa juga akan seirng merasa kelelahan karena seperti yang di katakana di atas karena paru- paru yang terhambat membuat penderita harus ekstra dalam menghirup oksigen yang membuat tenaga dan juga energy terkuras.


6. Tubuh terasa sakit


Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita ispa akan mengalami tubuh yang merasakn sakit semua. Itu semua di karekan oksigen yang masuk tubuh terhambat dan membuat aliran darah juga terganggu dank arena oksigen yang menyebar pada tubuh hanya sedikit.


7. Menggigil dan demam tinggi


Sebenarnya penyakit ispa ini hampi sama gejala yang di tunjukkan seperti gejala jika akan menggalmi flu. Seperti halnya tubuh penderita akan merasakan menggigil dan demam yang cukup tinggi. Penderita ini akan merasakan menggigil walaupun udara di sekitar sangat panas.


8. Rendahnya tingkat oksigen dalam darah


Penderita penyakit ispa akan mengalami oksigen yang rendah di dalam darah dan ini disebabkan oleh karena paru- paru tidak menerima oksigen yang cukup untuk dialirkan pada seluruh tubuh. Hipoksemia terjadi ketika tingkat oksigen dalam darah di bawah 90 %. Ketika ini terjadi, orang mengalami sesak napas segera, karena tubuh mencoba untuk meningkatkan tingkat oksigen dalam tubuh.


9. Nyeri pada dada


Untuk gejala yang selanjutnya adalah nyeri pada bagian dada dan ini dikarenakan otot dan jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dari darah yang cukup dan membuat jantung tersebut menjadi nyeri. Biasanya disertai dengan rasa seperti jantung diremas- remas dan rasa sakit. Gejala ini umumnya terkait dengan masalah jantung, tetapi mungkin juga suatu gejala penyakit lain seperti ispa.


10. Hilang kesadaran


Kemudian untuk selanjutnya adalah hilang kesadaran. Hilang kesadaran adalah salah satu gejala yang timbu saat penderita akan mengalami sakit ispa. Karena seperti yang di katakana diatas bahwa penderita akan sering merasakn kelelahan dan juga kadar oksigen ditubuh berkurang akan dapat membuat penderitanya mengalami hilang kesadaran. Dan jika penderita mengalami gejala ini akan lebih baik jika segera di larikan ke rumah sakit.

Baca juga: 35 Penyebab dan Gejala Flu

2 Gejala Ispa lainnya :


1. Sering bersin
2. Kesulitan bernapas

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 15 peneybab dan juga gejala dari sakit ispa. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui penyebab dan gejala ispa. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnnya...