Langsung ke konten utama

35 Penyebab dan Gejala Flu

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

35 Penyebab dan Gejala Flu

Penyebab Flu :


1. Virus flu menyebar lewat udara
2. Cuaca yang ekstrim
3. Menghirup udara yang terkontaminasi droplet
4. Tubuh kekurangan cairan
5. Sering kurang tidur

Masa inkubasi virus flu termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala hanya dalam waktu satu hingga tigahari setelah pertama kali terinfeksi. Masa di mana flu paling menular adalah di hari ketika gejala mulai muncul hingga tiga atau tujuh hari berikutnya. Berikut ini adalah beberapa gejala flu yang umum terjadi...

1. Kelelahan mendadak atau berlebihan


Apabila seseorang tiba- tiba merasakan tubuh yang mendadak lelah  maka hal ini patut diwaspadai. Walaupun kelelahan juga merupakan gejala dari pilek akan tetapi, lelah akan lebih terasa saat penderita terserang flu. Apabila  kelelahan sudah mengganggu aktivitas sehari- hari, maka tubuh penderita sedang mempersiapkan diri untuk memerangi virus flu.

2. Nyeri di sekujur tubuh dan menggigil


Pada penederita flu pasti akan mengalami gejala nyeri pada sekujur tubuh dan banadanpun ikut menggigl. Ketika apabila nyeri terasa di seluruh badan dan yang utama pada bagian kepala  sampai bagiankaki maka itu jadi adalah tanda awal flu.

3. Batuk membandel


Ketika flu akan datang makan pasti Anda akan merasakan batuk yang membandel alias tenggorokan yang gatal. Penderita juga dapat mengalami batuk berdahak namun, hal ini jarang menjadi tanda awal flu. Jika Anda seorang pengidap asma atau gangguan pernapasan lain, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mencegah kemungkinan komplikasi.

4. Sakit tenggorokan


Beberapa jenis virus flu dapat menyebabkan sakit tenggorokan tanpa diawali batuk. Pada tahap awal flu, tenggorokan akan terasa gatal dan terasa sakit pada saat batuk. Kemudian rasa sakit juga mungkin merasa ada yang janggal saat menelan makanan atau minuman. Sakit tenggorokan sangat mungkin akan bertambah buruk seraya flu bertambah parah.

5. Demam


Demam memang menjadi sakah satu gejala terjadinya suatu penyakit dalam tubuh dan demam yang Anda alami juga gejala dari flu. Walaupun demam meruoakan gejala yang umum terjadi di tahap awal, tapi tidak semua penderita flu mengalami demam. Anda bisa saja merasa menggigil namun tidak sampai demam.

6. Masalah pencernaan


Gejala terserang flu jangkauannya dapat lebih luas dari area perut dan pencernaan. Gejala tersebut lebih umum dialami oleh anak atau remaja daripada orang dewasa. Selain itu, penderita juga akan menderita dehidrasi jika cairan yang terbuang akibat diare dan muntah- muntah tidak segera diganti.

7. Susah untuk bernafas


Pada beberapa kasus ada yang mengalaminya susah untuk bernafas. Dengan adanya  hal inilah  yang membuat dadanya sesak. Jika sampai terjadi hal yang membahayakan, keluarga biasanya tidak mau menunggu lama dan langsung membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

8. Dehidrasi yang berat


Bagi  penderita juga susah untuk di suruh minum, entah air putih atau yang lainnya. Dengan tubuh kekurangan energi dan tenaga untuk melawan virus akan membuat penderita mengalami dehidrasi dan jika mengalami dehidrasi berat. bahkan jika di biarkan berlama lama, keadaannya bisa menjadi fatal. Sudah banyak kasus anak meninggal karena kekurangan cairan. Ini semua adalah terburuk dari dehidrasi.

9. Tubuh terasa dingin sampai menggigil


Bagi penderita yang mulai terinfeksi virus flu tubuh penderita akan merasa terasa sangat dingin bahkan banyak penderita yang samapi merasakan dingin sampai menggigil. Mereka yang sudah mulai terinfeksi virus influenza merasa tubuhnya terasa sangat kedinginan.

10. Batuk berdahak


Batuk berdahak adalah salah satu tanda atau awal dari sebuah penyakit flu. Dan ketika batuk menyerang penderita dapat menjadikan penyebab penderta flu merasakan dada sakit dan sesak. Memang gejala ini menjadi tanda- tanda an gejala awal penderita terserang flu entah itu influenza atau bukan. Kemudian tenggorokan pada penderita akan terasa ada lendirnya. Selain itu, ketika terasa batuk penderita berniat mengeluarkan lendir yang ada di tenggorokannya tadi. Memang sakit, kadang juga jijik. Tapi memang untuk meredakan batuk, paling enak dengan mengeluarkan lendirnya dahulu.

Baca juga: 20 Penyebab dan Gejala Darah Tinggi

Gejala Flu lainnya :


1. Hidung terus-menerus mengeluarkan ingus
2. Sering bersin
3. Sering batuk
4. hidung terasa tersumbat
5. Pernapasan tidak lancar
6. Tidak enak badan
7. Suara serak
8. Sakit kepala
9. Berkurangnya daya penciuman dan pengecapan
10. Nyeri tenggorokan
11. Seperti ada tekanan pada wajah dan telinga
12. Mata berair
13. Nyeri telinga
14. Nyeri otot
15. Badan terasa lelah
16. Muncul bintik-bintik merah
17. Sariawan kecil-kecil
18. Ruam atau lepuhan pada telapak tangan
19. Ingus lebih kental
20. Ingus berwarna hijau

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai penyebab dan gejala dari sakit flu. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....