Langsung ke konten utama

30 Penyebab Dan Gejala Diabetes yang Wajib Diketahui

Sehat itu mahal harganya. Makanya setiap manusia dituntut untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya. Salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh manusia akibat pola atau gaya hidup yang kurang sehat adalah diabetes. Ini adalah salah satu penyakit yang masuk dalam daftar penyakit yang membahayakan jiwa. Tentu saja penyakit yang satu ini tidak asing lagi di telinga kita bukan? Diabetes adalah penyakit yang masuk dalam kategori penyakit jangka panjang dan dianggap sangat kronis. Penyakit ini ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah yang tinggi dan jauh dari angka normal. Gula darah atau glukosa memang penting bagi tubuh dan merupakan sumber energy utama bagi otak atau pun sel lain yang membentuk otot serta jaringan yang ada di dalam tubuh kita. Nah, penyakit diabetes ini sendiri memiliki dua tipe utama yaitu dibates tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penyakit diabetes ini bisa dikatakan sebagai penyakit pembunuh terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri jumlah penderita penyakit ini sangat banyak. Apa sih sebenarnya penyebab dari penyakit diabetes ini. berikut uraiannya untuk Anda.

30 Penyebab Dan Gejala Diabetes yang Wajib Diketahui

Penyebab Penyakit Diabetes


1. Penyakit diabetes muncul karena akdar gula di dalam darah mengalami peningkatan dari batas normal.
2. Penyebab diabetes biasanya dikarenakan fakto rketurunan dari salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakti diabetes.
3. Penyakit dibates bisa disebabkan karena kegemukan atau obesitas
4. Akibat adanya malnutrisi
5. Efek samping dari penggunaan obat-obatan terlarang
6. Mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung kadar gula

Penyakit diabetes ini bisa menyerang siapa saja dan untuk usia berapapun juga. nah untuk itu sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita dengan mengurangi pengonsumsian makanan yang banyak mengadung gula. Sudah siapkah Anda? Berikut akan kami sajikan mengenai beberapa gejala diabetes yang harus diketahui...

1. Selalu merasa lapar


Awal diabetes ini dintandai dengan rasa lapar yang snagat. Bahkan bagi mereka yang memang memiliki jadwal makan yang sudah teratur sekalipun. Kondisi yang demikian ini pada dasarnya disebabkan adnaya tubuh telah mengubah makanan menjadi kadar gula dalam jangka waktu yang begitu cepat. Sementara tubuh tidak memiliki sel atau insulin yang dihasilkan oleh pancreas. Dengan demikian, perut akan merasa lebih cepat lapar.

2. Tubuh Mengalami Kelelahan yang Sangat


Ketika tubuh mendapatkan supply makanan yang banyak, maka seharusnya tubuh juga mendapatkan energy dari makanan yang dikonsumsi tersebut. Akan tetapi gal ini berkebalikan dengan yangs eharusnya terjadi karena tidak ada insulin yang melakukan perubahan. Tubuh tidak memiliki jumlah cadangan insulin yang cukup. Bisa jadi insulin yang ada justru ditolak oleh tubuh. Jika sudah demikian, maka tubuh akan merasakan lelah yang sangat dan Anda merasa sering lapar.

3. Sering Buang Air Kecil


Dalam sehari buang air kecil dikatakan normal jika membuangnya sekitar 5-8 kali saja setiap harinya. Namun untuk penderita diabetes mereka akan buang air kecil dalam jumlah yang lebih dari itu. kondisi yang demikian ini sering membuat penderita merasa frustasi.

4. Sering Merasakan Haus


Selain merasakan ingin buang air kecil dalam intensitas sering, diabetes juga ditandai adanya tubuh yang sering merasakan haus. Kondisi ini memang masih memiliki hubungan karena ketika ada banyak cairan yang keluar dari tubuh, maka tubuh akan membutuhkan cairan yang banyak.

5. Mulut akan Terasa lebih Kering


Pertanda awal dari diabetes baik dibetes 1 atau pun tipe 2, mulut akan terasa cepat kering. Kondisi yang demikian ini sebenarnya dipengaruhi dari keadaan ketika tubuh sering melakukan buang air kecil. Nah sering buang air kecil akan membuat tubuh cepat haus dan bibir akan cepat kering.

6. Kulit akan Merasa Gatal-Gatal


Dalam kondisi tertentu, tubuh yang kekurangan cairan akan membuat kulit menjadi lebih kering. Reaksi yang sering terjadi adalah kulit akan merasakan gatal-gatal, yang selanjutny aakan membuat si penderita menjadi senang menggaruk.

7. Penglihatan Menjadi Kabur


Cairan tubuh ternyata memiliki pengaruh yang besar bagi mata. Kondisi yang demikian ini ternyata memberikan pengaruh yang cukup buruk bagi kesehatan mata. Penglihatan akan menjadi lebih cepat kabur dan sulit menangkap pandangan.

8. Infeksi di jari Tangan dan Kaki


Awal penderita diabetes akan terjadi infeksi di bagian jari tangan dan juga kaki.

9. Infeksi di Bawah Bagian Payudara


Perempuan yang terkena penyakit diabtes ini akan sering merasakan ketidaknyaman di bagian bawah payudara. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal berlebih di bagian lipatan bawah payudara.

10. Infeksi di bagian organ intim


Infeksi yang terjadi di sekitar organ intim ini mirip dengan infeksi yang terjadi di bagian payudara. Kondisi ini disebabkan karena adanya infeksi akibat jamur berkembang.

Baca juga: 17 Penyebab dan Gejala Usus Buntu

14 Gejala Diabetes lainnya :


11. Terjadi nyeri sendi
12. Mati rasa
13. Berat badan mengalami penurunan drastic
14. Mual
15. Muntah
16. Bau mulut menjadi manis
17. Sakit di bagian perut
18. Nafas menjadi lebih cepat
19. Kurang dalam berkonsentrasi
20. Luka sulit mengalami kesembuhan
21. Terjadi emosi yang tidak stabil
22. Sakit di bagian kepala
23. Denyut jantung menjadi lebih cepat
24. Berkeringat
25. Gusi mengalami bengkok

Itulah 30 informasi seputar penyebab dan gejala penyakit diabetes yangs erring menyerang manusia. Untuk itu, sedari sekarang ayo kita lebih mempedulikan kesehatan tubuh kita dengan melakukan serangkaian gaya hidup yang lebih sehat dan bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....