Langsung ke konten utama

20 Penyebab dan Gejala Darah Tinggi

Darah tinggi atau biasa disebut juga dengan hipertensi adalah kondisi medis dengan tekanan darah yang meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah normal pada manusia saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100- 140 mmHg dan diastolik  60- 90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

20 Penyebab dan Gejala Darah Tinggi

Penyebab Darah Tinggi :


1. Gaya hidup yang tidak sehat
2. Suka minum mimunan alkohol
3. Kurangnya beraktivitas
4. Terlalu stress
5. Sering merokok

Darah tinggi ini adalah penyebab utama untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri, penyakit arteri perifer, dan penyebab penyakit ginjal kronik. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi risiko terkait komplikasi kesehatan.
Ada beberapa gejala darah tinggi atau hipertensi yang harus Anda ketahui...

1. Sakit kepala


Bagi Anda yang sering merasakan sakit kepala maka Anda perlu berhati- hati. Sakit kepala merupakan salah satu tanda yang paling jelas terlihat jika tekanan darah seseorang sangat tinggi dan apabila tekanan darah mencapai 180/110mmHg yang kerap disebut sebagai hipertensi maligna atau akselerasi. Kondisi ini termasuk dalam krisis hipertensi dan perlu perawatan medis secara cepat.

2. Mimisan


Karena tekanan darah yang cukup kuat dapat menimbulkan mimisan karena pada area hidung, karena hidung ini memiliki pembuluh darah yang sangat halus. Akan tetapi, mimisan biasanya hanya terjadi pada penderita tahap awal. Jika penderita memiliki tekanan darah tinggi dan tiba- tiba mengalami mimisan berat yang sulit dihentikan akan lebih baik jika penderita tersebut berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya lebih lanjut.

3. Bercak darah pada mata


Bercak darah pada mata atau dalam dunia menis disebut dengan subconjunctival hemorrhage dapat menjadi menjadi gejala darah tinggi atau diabetes. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada urat mata. Jika penyebabnya tidak berhubungan dengan mata, kemungkinan Anda menderita darah tinggi dapat dikesampingkan.

4. Kesemutan di kaki dan tangan


Darah tinggi yang tidak segera diatasi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada otot. Akibatnya, muncul rasa kesemutan atau baal di area tangan atau kaki yang dapat menjadi gejala awal stroke.

5. Mual dan muntah


Kemudian ada gejala lainnya yang sering muncul pada penderita tekanan darah tinggi adalah mual dan muntah. Karena gejala ini juga dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain dan akan lebih baik perhatikan apakah ada tanda lain yang menyertai seperti pandangan mata yang kabur atau sesak nafas.

6. Pusing


Jika Anda mengalami lightheadedness yaitu kepala terasa ringan dan seperti mau pingsan, serta vertigo yang mana Anda merasa pada sekelliling Anda seperti berputar. Keduanya sama- sama tidak boleh diabaikan. Apalagi jika kondisi tersebut terjadi secara mendadak. Rasa ingin pingsan, kehilangan keseimbangan, dan sulit berjalan bisa menjadi tanda-tanda stroke.

7. Hidung berdarah


Pendarahan di bagian hidung atau sebut saja dengan mimisan merupakan salah satu genjala dari penyakit darah tinggi dan menjadi  salah satunya gejala yang akibatkan oleh kecapean karena kebanyakan kegiatan atau aktivitas yang di jalani. Dan gejala hipertensi pada wanita adalah mengalami hidung berdarah. Kita tidak boleh membiarkan, bila hal ini terjadi karena akan membuat kita banyak kehilangan darah.

8. Pandangan buram


Penderian darah tinggi akan mengalami buram saat melihat seperti saat meilihat benda atau apa saja yang di lihat tidak jelas atau kabur, berarti mata Anda mengalami masalah dan harus segera di tindak lanjuti dan jangan di biarkan begitu saja yang akan membuat penyakit ini semakin memburuk keadaannya. Gejala hipertensi pada wanita pun juga akan terjadi kondisi dimana penglihatan menjadi tidak jelas. Inilah yang akan di alami oleh penderita hipertensi.

9. Sesak nafas


Penderita darah tinggi akan merasakn sesak nafas dan sakit pada dada dan ini dikarenakan ada masalah pada bronchitis dan merupakan gejala bahwa kalian mengalami bermasalah di anggota tubuh. karena beberapa penyakit mengatakan, ada penyakit yang awalnya ditandai oleh hal seperti ini gejala hipertensi pada wanita adalah sesak nafas. Gejala ini termasuk tanda atau ciri yang cukup serius yang wajib diobati dengan cepat, karena jika tidak akan memicu terjadinya penyakit lainnya.

10. Kesemutan


Bagi mereka yang memiliki darah tinggi ataupun hipertensi maka pasti penderita akan mengalami kesemutan pada bagian kaki dan juga tangannya. Dan jika gejala ini muncul akan membuat penderitanya susah untuk bergerak dan sangat sulit untuk menggenggam sesuatu.

Baca juga: 20 Penyebab dan Gejala Ambeien

5 Gejala Darah Tinggi lainnya :

1. Tekanan jantung berubah
2. Pegal pada area leher
3. Tubuh menjadi lemah
4. Faktor makanan tak sehat
5. Selalu mengkonsumsi rokok

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai penyebab dan gejala darah tinggi. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....