Langsung ke konten utama

17 Penyebab Dan Gejala Bisul pada Tubuh


Bisul adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan di bagian kulit kita. Benjolan tersebut berwarna merah dan menyimpan rasa sakit. Nah, benjolan tersebut tidak hanya benjolan biasa. akan tetapi benjolan tersebut di dalamnya berisi nanah. Penyakit ini ditimbulkan karena adanya infeksi pada kulit. Biasanya rasa sakit yang ditimbulkan adanya benjolan ini adalah nyeri. Bisul biasanya terjadi di bagian lipatan pada tubuh seperti di ketiak atau pun pangkal paha. Akan tetapi, bisul ini juga bisa terjadi di bagian permukaan kkulit lain seperti muka, leher, pantat, atau pun bagian tubuh lainnya. biasanya penyakit bisul ini muncul karena fakto rmakanan atau minuman yang tidak bersih karena mengandung bakteri yang bisa menyebabkan bisul.  Apa sih penyebab munculnya bisul?

17 Penyebab Dan Gejala Bisul pada Tubuh

Penyebab Bisul :


1. Kurangnya menjaga kebersihan tubuh
2. Terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri
3. Pola makan yang kurangs ehat
4. Sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat
5. Lemahnya kekebalan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit

Bisul ini memang penyakit biasa. akan tetapi penyakit ini bisa membahayakan dan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman jika tidak diatasi dengan segera. Bagi Anda yang mengalami penyakit bisul, maka segera lakukan pengobatan ke dokter supaya bisul yang ada di bagian tubuh bisa segera dilakukan pengobatan. Bisul berbeda dengan jerawat. Nah tanda atau gejala bisul harus diketahui sejak dini supaya bisa cepat memberikan penanganan yang tepat. Berikut beberapa gejala bisul yang penting untuk diketahui...

1. Terjadinya benjolan merah di permukaan kulit


Gejala yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Benjolan merah ini adalah tanda utama seseorang dikatakan menderita penyakit bisul. Terkadang sebagian orang kerap menyalahartikan benjolan merah ini dan menganggapnya sebagai jerawat. Padahal keduanya berbeda.

2. Benjolan bengkak


Pembeda jerawat dengan bisul adalah bisul ditandai dengan benjolan merah yang ukurannya cukup besar dan menjadi bengkak. Anda sendiri pun sudah pasti akan tahu jika sebesar-besarnya jerawat yang muncul ukurannya pasti akan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bisul. Bisul tampaknya lebih besar jika dibandingkan jerawat dan juga muncul akibat infeksi bakteri.

3. Benjolan akan terasa hangat


Selain bengkak dan juga merah, benjolan yang terjadi akibat bisul yang memebdakannya dnegan jerawat adalah benjolan bisul ini akan terasa hangat jika disentuh. Jika Anda merabanya, rasakan dari sensasi tersebut. Jika memang ada sensasi tersendiri, maka Anda perlu mewaspadai jika benjolan tersebut adalah bisul.

4. Benjolan yang bisa membesar


Di beberapa kasus, bisul bisa menjadi benjolan yang terus membesar. Tentu saja ini berbeda dengan jerawat yang sedari awal memang memiliki ukuran yang lebih kecil. Ketika menyadari adanya benjolan, maka cobnalah perhatikan apakah ada perkembangan ukuran pada benjolan tersebut. Anda bisa berkaca setiap waktu untuk memastikan bahwa tanda bisul ataukah bukan.

5. Terasa panas dan gatal


Benjolan besar yang ada di bagian tubuh manusia akan menimbulkan rasa panas di area benjolan tersebut. Selain adanya sensasi akibat panas, ada juga rasa gatal yang menyeratai dan juga biasanya dialami di sekitar kulit di mana benjolan tersebut tumbuh. Selama terjadi benjolan ini, diharapkan untuk terus menjaga kebersihan kulit dengan baik.

6. Adanya titik putih di puncak benjolan


Sebetulanya pada jerawat pun kita juga kerap menjumpai bintik putih yang nantinya jika dipencet isi putih tersbeut akan keluar. Setelah itu, jerawat akan mengempus. Nah kondisi demikian ini juga terjadi pada benjolan berupa bisul. Jika muncul benjolan maka dibutuhkan penanganan cepat dari dokter.

7. Terjadi demam pada si penderita


Pada kondisi tingkat lanjut, bisul bisa ditandai dengan adanya demam. Nah jika sudah muncul tanda yang demikian ini, maka dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi bagi si penderita. Segera lakukan pemeriksaan ke doter guna mendapatkan penanganan yang baik dan penyembuhannya.

8. Adanya benjolan lebih dari satu


Ketiaka ada benjolan yang muncul lebih dari satu di lokasi yang sama, maka patut diwaspadai jika itu adalah bisul. Tanda yang demikian ini adalah gejala yang serius dan membutuhkan penanganan cepat dari dokter.

9. Benjolan dengan diameter 5 cm


Benjolan awal yang bengkak adalah tanda awal bisul. Namun Anda mesti memperhatikan apakah benjolan tersebut bertambah besar ataukah tidak. Anda perlu melakukan pengukuran supaya bisa melakukan tindakan lebih lanjut. Selalu lebih waspadalah jika benjolan yang muncul memiliki ukuran lebih dari 5 cm.

10. Benjolan tak kunjung sembuh dalam jangka waktu >14 hari


Jangan lupa untuk melihat perkembangan benjolan yang ada di tubuh. Anda perlu menghitung perkembangan benjolan tersebut semenjak munculnya benjolan hingga saat ini. jika benjolan tak juga mengempis, maka Anda harus mencurigai jika hal tersebut sudah terjadi infeksi yang cukup memburuk.

Baca juga: 18 Penyebab dan Gejala Tifus yang Wajib Diketahui

2 Gejala Bisul Lainnya: 


11. Rasa nyeri
12. Ada nanah

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sajikan mengenai 15 penyebab dan tanda munculnya penyakit bisu. Semoga kita semua terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk itu selalu waspada dan menjaga kebersihan di sekitar adalah hal yang penting untuk dilakukan. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....